Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter “Our Planet”

One planet, our planet

Our Planet adalah serial dokumenter yang terdiri dari 8 episode. Serial yang dinarasikan oleh penyiar kondang asal Inggris, Sir David Attenborough, ini dibuat untuk menyebarkan awareness terhadap binatang-binatang yang terancam punah. Selain itu, serial ini juga dibuat untuk menyebarkan awareness terhadap lingkungan sekitar tempat para satwa liar tersebut tinggal.

 

Serial “Our Planet” ini wajib banget untuk ditonton, berikut alasan-alasannya

1. Syuting di banyak negara

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter  “Our Planet”https://twitter.com/ourplanet

Dalam pengerjaannya, serial ini dibuat di 50 negara, lho. Contohnya, perekaman macan tutul Arab di Oman, kawanan paus orca dengan penguin di Antartika dan burung Rangkong yang saling adu di langit India. Waktu yang dibutuhkan pun tidak sebentar, butuh 4 tahun untuk menggarap serial ini.

2. Pesan yang dibawa serial ini

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter  “Our Planet”twitter.com/ourplanet

“Our Planet” bukan hanya sebuah serial dokumenter. Alih-alih hanya menampilkan kehidupan menarik berbagai macam satwa, serial ini dengan gamblang menyampaikan pesan penting untuk melindungi alam. Seperti kata Sir David Attenborough di bagian awal serial, “Dalam 50 tahun terakhir, populasi kehidupan alam liar rata-rata berkurang sebanyak 60%. Untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia, stabilitas alam tidak dapat diremehkan lagi.”

3. Teknologi canggih yang digunakan dalam proses penggarapannya

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter  “Our Planet”twitter.com/ourplanet

Sophie Darlington, salah satu camera operator serial ini mengatakan bahwa dengan teknologi yang digunakan sekarang, mereka dapat mengambil gambar dari tempat-tempat yang belum pernah direkam sebelumnya. Para camera operator harus memutar otak untuk merekam beberapa shoot yang susah direkam. Sebagai contoh, mereka rela terjun ke dalam lautan yang gelap untuk merekam kawanan ikan hiu yang sedang berburu di malam hari, atau menggunakan kamera drone untuk merekam paus biru di teluk California. “Dari perekaman yang kurang cahaya hingga dapat merekam dari jarak jauh sehingga tidak mengganggu, penonton dapat merasakan seolah-olah berada disana. Hal ini memberikan penonton perspektif yang berbeda, yang tidak dapat diberikan sebelumnya” Ujar Darlington.

Baca Juga: Gak Cuma Sexy Killers, 11 Film Dokumenter Watchdoc Ini Juga Keren 

4. Behind-the-scene yang tidak boleh dilewatkan

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter  “Our Planet”twitter.com/ourrplanet

Behind-the-scene “Our Planet” juga tidak kalah menarik, selain karena pengambilan gambar yang dilakukan dengan kamera 4K, “Our Planet” menayangkan bagaimana perjuangan para crew dalam pengambilan gambar. Salah satu contohnya adalah dalam perekaman harimau Siberia, para crew yang berjumlah total 600 orang menghabiskan 2 kali musim dingin saling bertukar shift tiap 6 hari dalam kamuflase untuk mendapatkan gambarnya. Selain itu terdapat juga footage hutan yang mulai pulih di area sekitar Pripyat di Ukraina Utara, daerah yang terdampak insiden nuklir Chernobyl. Kini daerah tersebut penuh dengan satwa liar, termasuk didalamnya populasi serigala terbesar di Eropa Timur.

5. “Our Planet” mengajak kita menjelajah ke banyak tempat

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Nonton Serial Dokumenter  “Our Planet”dailymotion.com

Dari hutan hujan yang lebat, Antartika yang sangat dingin, hingga padang pasir yang sangat terik, “Our Planet” ingin menunjukkan bahwa  semuanya  saling berhubungan. Bila suatu lingkungan terancam, maka hal ini akan berpengaruh pada yang lain. Salah satu contohnya adalah bagaimana perilaku kita dapat  memberi dampak pada batu-batu karang yang berada jauh di lautan. Hal ini disampaikan oleh Produser Eksekutif acara ini, Scholey, yang berkata bahwa “Apa yang kita lakukan sekarang ini bersifat global dan sekarang adalah saat yang penting dimana umat manusia harus bersatu dan berpegangan tangan untuk menyelesaikan masalah ini.”

Serial dokumenter ini diproduseri oleh Alastair Fothergill, yang sebelumnya juga telah membuat beberapa serial serupa, salah satunya adalah "Planet Earth" yang ditayangkan di BBC. “Our Planet” tayang perdana di Netflix pada tanggal 5 April 2019.

Baca Juga: Penuh Makna, Ini 5 Pelajaran Hidup dari Dokumenter Netflix Marie Kondo

Aphrodita Photo Writer Aphrodita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya