Comscore Tracker

7 Solois KPop yang Punya Kesan Tangguh, Cocok Dijuluki Ssenunni 

Kalau mereka semua kolaborasi, terbayang gak sih pecahnya? 

KPopers, apa kalian pernah mendengar istilah ssenunni (ssen eonni) sebelumnya? Di Korea Selatan, perempuan yang tampil dengan kesan tangguh, fearless, serta pantas menjadi seorang panutan bagi perempuan lain, kerap mendapat julukan sebagai ssenunni.

Tidak terkecuali dengan dunia KPop, penyanyi yang sering kali dijuluki dengan ssenunni cukup banyak, khususnya para solois. Nah di bawah ini, terdapat beberapa solois KPop dengan kesan tangguh yang cocok dijuluki ssenunni.

1. Uhm Jung Hwa 

https://www.youtube.com/embed/vfSbfm5g40Q

Merupakan salah satu solois perempuan legendaris di dunia musik KPop, Uhm Jung Hwa telah banyak merilis lagu populer, misalnya saja yang berjudul Poison dan Invitation. Meskipun usianya telah 50 tahun lebih, Uhm Jung Hwa masih tampak energik saat tampil di atas panggung.

Selain sebagai penyanyi solo, Uhm Jung Hwa pun dikenal sebagai seorang aktris yang telah banyak membintangi film dan drama.

2. Lee Hyo Ri 

https://www.youtube.com/embed/_64gu8qqeiM

Sebelum menjadi solois papan atas yang dikenal punya kesan tangguh, Lee Hyo Ri pernah tergabung dalam girl group bernama Fin.K.L yang begitu populer pada masanya. Memakai nama Linda G, belum lama ini Lee Hyo Ri kembali debut lewat grup bernama SSAK3 bersama dengan Rain dan Yoo Jae Seok.

Tidak sampai di situ, sebagai Linda G, Lee Hyo Ri pun sempat berkolaborasi dengan Yoon Mi Rae dalam lagu yang berjudul Linda.

Baca Juga: Bertabur Solois dan Duo, 10 Lagu KPop Terbaru yang Rilis Juli 2020

3. Yoon Mi Rae 

https://www.youtube.com/embed/gZ8fT8SwLJM

Selain seorang rapper, Yoon Mi Rae juga dikenal sebagai seorang penyanyi bersuara merdu yang kerap membawakan soundtrack KDrama. Punya gaya yang swag abis, Yoon Mi Rae telah merilis banyak lagu yang tentunya enak untuk didengarkan, seperti Day by Day, Black Happiness, dan Flower.

Pada tahun 2007 silam, Yoon Mi Rae menikah dengan Tiger JK, yakni seorang rapper sekaligus produser yang terkenal berkat grup hip hop bernama Drunken Tiger.

4. Jessi 

https://www.youtube.com/embed/QdZ3AzhY5Fo

Dikenal sebagai pribadi yang ceplas-ceplos dan tangguh, Jessi pernah merilis lagu berjudul Ssenunni yang begitu sesuai dengan dirinya. Selain lagu tersebut, Jessi baru-baru ini juga mengeluarkan lagu baru yang berjudul Nunu Nana.

Serupa dengan Ssenunni, lagu comeback-nya tersebut mengedepankan gambaran perempuan yang tangguh. Enggak hanya tampil dalam berbagai acara televisi, Jessi juga tampak mengajak rekan-rekan artis untuk melakukan Nunu Nana dance challenge demi mempromosikan lagu barunya itu.

5. CL 

https://www.youtube.com/embed/Mr29X77OA5g

Sesuai dengan salah satu lagu solonya, CL kerap kali disebut sebagai The Baddest Female oleh penggemarnya. Pernah tergabung dalam girl group bernama 2NE1 yang begitu fenomenal, CL saat ini tengah meniti karier di kancah internasional.

Punya suara yang khas, CL tidak hanya dapat menyanyi dan menari dengan sangat baik, tetapi juga selalu sukses menghidupkan suasana di atas panggung saat tampil secara live. Pasca hengkang dari YG Entertainment yang membesarkan namanya, CL sempat merilis beberapa lagu, salah satunya bertajuk +DONE161201+.

6. HyunA 

https://www.youtube.com/embed/8xqSz6_RJeU

Bersama dengan Crush, Dawn, dan Jessi, HyunA sekarang ini tergabung dalam agensi bernama P Nation yang dibentuk oleh Psy. Direncanakan comeback dalam waktu dekat, baik HyunA sendiri, Psy, maupun Dawn yang merupakan kekasihnya, telah memberikan banyak bocoran terkait hal tersebut.

Pernah menjadi bagian dari dua girl group populer, yakni Wonder Girls dan 4Minute, sebagai seorang solois HyunA pun telah banyak merilis lagu hit, misalnya saja Bubble Pop, Lip & Hip, dan Flower Shower.

7. Hwasa 

https://www.youtube.com/embed/tDukIfFzX18

Baca Juga: Semakin Sukses, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Solois Sunmi 

Enggak cuma kegiatannya bersama dengan girl group Mamamoo, Hwasa pun telah sukses bersolo karier. Beberapa lagu yang Hwasa rilis sebagai seorang solois, di antaranya berjudul Twit dan Maria.

Diketahui sebagai artis perempuan yang tak jaim, Hwasa kerap kali memberikan kesan tangguh saat tampil bernyanyi di atas panggung. Berbeda dengan kebanyakan idol KPop perempuan yang lain, Hwasa begitu percaya diri dengan tubuhnya yang curvy dan kulitnya yang agak kecokelatan.

KPopers, demikian 7 daftar solois KPop yang cocok disebut ssenunni. Berbeda dengan kebanyakan artis KPop perempuan yang biasa tampil imut, list di atas malah terkesan tangguh, dan tentunya pantas jadi idola.

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya