Comscore Tracker

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia 

Cuma penggemar KDrama sejati yang tahu 

Banyak faktor yang membuat seseorang tertarik untuk menonton suatu KDrama tertentu, misalnya saja seberapa populer drama tersebut. Biasanya, kepopuleran tersebut diketahui dari seberapa sering drama tersebut dibicarakan, perolehan ratingnya, dan juga menyajikan cerita yang unik.

Bagi sebagian besar pencinta KDrama di Indonesia, kepopuleran suatu drama di negara asalnya, yaitu Korea Selatan, dapat menjadi alasan kuat untuk turut menyaksikannya.

Akan tetapi, terdapat pula beberapa KDrama yang biasa saja di Indonesia, meskipun begitu hit di Korea. Meskipun laris manis di Korea, karena punya rating tinggi dan plot cerita yang bagus, namun beberapa KDrama di bawah ini biasa saja di Indonesia atau bisa dibilang underrated. Apa saja sih dramanya? Ini dia 7 list-nya!

1. Misaeng 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia kdramalove.com

Mengangkat kisah tentang karyawan di suatu perusahaan besar, KDrama ini tayang pada tahun 2014 sebanyak 20 episode. Menghadirkan masalah dan adegan yang sesuai dengan kehidupan nyata, drama ini begitu digemari oleh banyak penonton Korea Selatan.

Berbeda dengan kebanyakan KDrama yang dibumbui oleh kisah romansa, Misaeng lebih berfokus kepada bagaimana seseorang beradaptasi di lingkungan pekerjaannya. Bahkan saking populernya drama ini, tokoh-tokoh ataupun judul dramanya seringkali disebut dalam acara lain, seperti variety show atau KDrama lain. Drama ini dibintangi oleh Im Si Wan, Kang So Ra, Kang Ha Neul, dan Byun Yo Han.

2. Reply 1994 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia asianwiki.com

Drama yang banyak menampilkan aksen daerah Masan ini, menampilkan cerita tentang persahabat di rumah kos dan juga bangku kuliah. Berbeda dengan dua seri lainnya, yakni Reply 1997 dan Reply 1988, Reply 1994 kurang digemari oleh penikmat KDrama Indonesia. Padahal, drama inilah yang turut membesarkan nama beberapa pemain di dalamnya, seperti Yoo Yeon Seok, Go A Ra, dan Baro.

Sebelum Reply 1988 yang berhasil menciptakan second lead syndrome bagi sebagian besar penonton, yakni melalui tokoh Kim Jung Hwan, Reply 1994 telah lebih dahulu menghadirkan tokoh Chilbong sebagai second lead yang memesona. Bahkan berkat tokoh Chilbong inilah, Yoo Yeon Sook menjadi salah satu aktor yang pada akhirnya kerap jadi pemeran utama.

Baca Juga: Selain Cinta, 5 KDrama Ini Juga Menceritakan Bromance yang Mengharukan

3. Signal 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia forums.soompi.com

KDrama yang tayang tahun 2016 di kanal tvN ini, banyak menghadirkan kasus kejahatan yang didasarkan pada kisah nyata, misalnya saja kasus pembunuhan berantai Hwaseong. Dibalut dengan unsur fantasi tentang lintas waktu, drama yang satu ini dibintangi oleh Kim Hye Soo, Lee Je Hoon, dan Choi Jin Woong.

Selain punya rating yang tinggi, drama ini berhasil mendapatkan sejumlah penghargaan, misalnya aktris terbaik bagi Kim Hye Soo dan penulis skenario terbaik bagi Kim Eun Hee. Cocok buat kalian yang tidak suka KDrama romantis yang terkesan lebay, KDrama ini menghadirkan analisa keren dari seorang profiler kriminal.

4. Mr. Sunshine 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia asianwiki.com

Sebelum KDrama The King : Eternal Monarch, Kim Eun Sook sebelumnya telah mengerjakan KDrama populer berjudul Mr. Sunshine. Dibandingkan drama Kim Eun Sook yang lain, seperti Goblin dan Descendants of the Sun, Mr. Sunshine kurang mendapat antusiasme dari pencinta KDrama Indonesia.

Meskipun sempat menuai kontroversi karena dianggap tak sesuai sejarah, Mr. Sunshine menjadi salah satu drama tvN dengan rating paling tinggi. Dibintangi oleh Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, dan Yoo Yeon Seok, drama yang terdiri dari 24 episode ini, mengangkat tentang kisah perjuangan Korea di masa penjajahan Jepang.

5. Prison Playbook 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia hellokpop.com

Dibintangi oleh Park Hae Soo, Jung Kyung Ho, dan Lee Kyu Hyung, drama yang satu ini tayang pada tahun 2017 sebanyak 16 episode. Sesuai dengan judulnya, KDrama ini mengambil penjara sebagai latar tempat utamanya.

Selain punya plot cerita yang cukup unik, KDrama ini juga menghadirkan unsur dark komedi, kisah romantis, dan banyak pelajaran berharga yang tentunya enggak akan membuat kalian bosan. Dikenal juga dengan judul Wise Prison Life, drama ini turut pula dibintangi oleh Krystal dan Jung Hae In.

6. The Lady in Dignity 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia theseoulinme.com

Berhasil mempertemukan Kim Sun Ah dan Kim Hee Sun yang merupakan dua aktris kawakan Korea Selatan, The Lady of Dignity tayang di kanal JTBC sebanyak 20 episode. Digarap oleh sutradara Kim Yun Cheol yang telah bekerjasama dengan Kim Sun Ah dalam My Lovely Sam Soon, KDrama ini juga dikenal dengan judul Woman of Dignity.

Mengantarkan Kim Yun Cheol sebagai sutradara terbaik dalam ajang Baeksang Arts Award, drama ini memadukan genre drama dan misteri, serta menjadi salah satu KDrama yang dianggap legendaris oleh netizen Korea.

7. Dear My Friends 

Laris Manis di Korea, 7 KDrama Ini Cukup Underrated di Indonesia asianwiki.com

Berbeda dengan drama Korea lain yang diperankan oleh aktor-aktris muda berbakat, Dear My Friends justru menampilkan banyak aktor veteran sebagai tokoh utama. Ditulis oleh No Hee Kyung dan disutradarai oleh Hong Jong Chan, drama ini tayang pada tahun 2016 dengan sejumlah 16 episode. Selain di Korea Selatan, drama ini juga sempat melakukan pengambilan adegan di Slovenia dan Kroasia.

Meskipun berpusat pada cerita para orang tua, drama ini enggak ada salahnya ditonton bagi kalian yang masih muda, karena menghibur dan banyak pesan moralnya. Bahkan, KDrama ini berhasil meraih gelar drama terbaik di ajang Baeksang Arts Awards tahun 2017 mengalahkan KDrama Goblin.

Guys, itu dia 7 KDrama yang meskipun laris manis di Korea, namun kurang diapresiasi atau bisa disebut underrated di Indonesia. Kalau kalian tahu dan pernah nonton semua list drama di atas, fix banget kalian adalah pencinta KDrama sejati.

Baca Juga: 5 KDrama Terbaik tvN untuk Meramaikan Idulfitrimu tanpa Kumpul-kumpul

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya