Comscore Tracker

Sering Di-cover, Ini 8 Lagu KPop Legendaris Akhir Abad 20 yang Ikonik

KPopers veteran, tahu lagu-lagunya enggak nih?

Meskipun semakin banyak lagu-lagu KPop baru bermunculan, namun tetap saja lagu lawas legendaris tidak akan pernah dilupakan. Saking terkenalnya, baik aktor-aktris, komedian, bahkan para idol pun berlomba-lomba untuk menampilkan kembali lagu-lagu tersebut dalam berbagai kesempatan.

Ada yang sungguh-sungguh dengan melakukan cover lagu, namun ada juga yang memarodikannya ketika tampil dalam sebuah acara televisi untuk menghibur para penonton.

Apa saja, sih lagu-lagunya? Nah, berikut ini adalah 8 lagu KPop legendaris akhir abad 20 yang ikonik.

1. Wrongful Meeting - Kim Gun Mo (1995)

https://www.youtube.com/embed/EJCTUHV-B1k

Cukup sulit dinyanyikan karena bertempo cepat, lagu ini nampaknya menjadi lagu wajib ketika sedang berkaraoke. Lagu ini pernah dinyanyikan oleh Jo Jung Suk dalam salah satu adegan KDrama berjudul Jealousy Incarnate.

Selain terkenal, lagu ini juga memperoleh beberapa prestasi, yakni salah satunya dinominasikan MTV Asia untuk kategori International Viewer's Choice Award.

After the day i fought with you
I lost touch with you and my friend
And you seemed to avoid me
By that time i felt that everything was wrong
You and my friend were already become couple

2. 3! 4! - Roora (1996)

https://www.youtube.com/embed/qGPV8VHIn7Q

Dinyanyikan oleh grup Roora yang beranggotakan 2 laki-laki dan 2 perempuan, lagu ini pernah dibawakan oleh SNSD pada acara SBS Inkigayo dan variety show Knowing Brother.

Tak hanya menyanyikan kembali lagunya, para artis juga tak ketinggalan untuk menampilkan koreografi dari lagu tersebut, seperti aksi Jo Jung Suk, Shin Min Ah, dan para anggota Running Man.

Meskipun tidak sebaik yang lain, namun aksi dari para anggota Running Man beserta bintang tamu saat menampilkan lagu 3! 4! milik Roora, sukses memecah tawa penonton.

3! 4!
During this time I breath
Where am I being taken?
This place mixed with
Many memories and sighs

Baca Juga: 7 Lagu KPop yang Bisa Mengajarkanmu Lebih Peduli Pada Diri Sendiri 

3. In the Bus - Zaza (1996)

https://www.youtube.com/embed/32EiZRlZ9dY

Dinyanyikan oleh grup musik bernama Zaza, lagu ini sangat pas untuk dinyanyikan ketika sedang pergi karaoke bersama teman-teman.

Tidak hanya di-cover oleh para idol seperti BTOB dan Girl's Day, lagu berirama dance ini, juga pernah dibawakan Son Ye Jin saat tampil dalam variety show Master in the House, serta Song Ji Hyo, Yoo Jae Seok, dan Ji Suk Jin dalam salah satu segmen permainan di Running Man.

Never mind, i'am allright, that's not true
I don't have a boyfriend now anyway
But why don't you say anything
I know you really need me

4. I'm Your Girl - S.E.S (1997)

https://www.youtube.com/embed/_YXje4NfOgM

Dinyanyikan oleh salah satu girl group populer generasi pertama besutan SM Entertainment, lagu berjudul I'm Your Girl milik S.E.S, masih sering dibawakan oleh banyak artis sampai sekarang.

Enggak cuma lagunya yang gampang diingat, namun tarian lagu ini pun sangat ikonik. Tarian dari lagu ini pun pernah di-cover oleh Soo Young SNSD dan Jeon So Min dalam variety show Running Man.

Hoping that you trust me
Together with me
Cause i'm your girl hold me baby
Kept on seeing figures of your resemblance
Stay with me last forever

5. Honey - JYP (1998)

https://www.youtube.com/embed/71ysxeDU-Qc

Berjudul Honey, lagu ini dinyanyikan oleh bos JYP Entertainment, yaitu Park Jin Young lengkap dengan tarian khasnya. Tarian dari lagu ini yang begitu ikonik, pernah di-cover oleh Jung Soo Min, Ryu Hwa Young, dan Min Jin Woong dalam KDrama berjudul My Father is Strange.

Selain itu, lagu ini juga pernah dibawakan oleh Hani EXID saat tampil di acara King of Masked Singer, dan Chae Young Twice saat mengikuti acara Sixteen.

Your sexy eyes, oh, you looked at me with those eyes again
I couldn’t breathe when our eyes met
You are the true honey, that god sent down to earth

6. Wa - Lee Jung Hyun (1999)

https://www.youtube.com/embed/lQxbm8vFl4Y

Dijuluki ratunya techno, Lee Jung Hyun merupakan seorang penyanyi sekaligus aktris yang telah membintangi berbagai judul KMovie. Saat membawakan lagu berjudul Wa ini, Lee Jung Hyun tampil dengan dandanan yang unik, yaitu dengan tatanan rambut ala perempuan Jepang, kipas, dan mikrofon yang ditempatkan di jari kelingkingnya.

Dandanan uniknya tersebut, sering kali menjadi bahan parodi dari beberapa artis, misalnya saja Lee Da Hee dalam variety show Running Man.

I never dreamt that you could leave me
I can't believe you could abandon me
I just can't stop my feelings which I feel so long
It's too late to go back, I belong to you

7. Tears - So Chan Whee (2000)

https://www.youtube.com/embed/3W2EnCe4mCw

Punya tingkat kesulitan yang tinggi, lagu ini sering kali dinyanyikan oleh idol untuk membuktikan kemampuannya dalam bernyanyi. Memiliki rentang nada yang sangat tinggi, bahkan untuk perempuan sekalipun, lagu ini sukses dinyanyikan kembali oleh beberapa idol, seperti Wendy Red Velvet, Chen EXO, Eunkwang BTOB, dan Ailee.

Namun, di antara banyak yang berhasil, terdapat pula idol yang gagal dan malah mengundang gelak tawa saat menyanyikan lagu ini.

Don't condemn me as a merciless woman
I only choose parting for a while for you
Don't forget my love, you are always on my mind
It won't take long until sorrow dissapears forever

8. Coming of Age Ceremony - Park Ji Yoon (2000)

https://www.youtube.com/embed/u24DrvcccdI

Dinyanyikan oleh solois perempuan bernama Park Ji Yoon, lagu ini menjadi salah satu lagu bernuansa seksi paling legendaris di dunia permusikan Korea Selatan. Dibuat oleh Park Jin Young, bos JYP Entertainment, koreografi dari lagu ini sering pula dibawakan kembali oleh banyak idol group.

Sebut saja BTS, Nine Muses, Twice, bahkan sang pencipta dan koreofrafer dari lagu ini, yaitu Park Jin Young pernah melakukan cover dari lagu berjudul Coming of Age Ceremony ini.

I’m not that little girl
you used to know anymore,
I’m a woman now
I’m thankful that you’ve waited for me
Now I’ll become a woman at your kiss

Guys, itu dia 8 lagu KPop legendaris akhir abad 20 yang sering sekali di-cover, baik lagunya maupun tariannya. Dari ke-8 daftarnya, lagu mana nih yang sering sekali kalian dengar dibawakan oleh artis-artis favorit kalian?

Baca Juga: 7 Lagu KPop yang Bisa Mengajarkanmu Lebih Peduli Pada Diri Sendiri 

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya