Comscore Tracker

5 Leader Idol Group KPop yang Sukses Solo Karier, Auranya Memukau! 

Selalu karismatik di atas panggung #WaktunyaKorea #HypeIDN

Biasanya dalam sebuah grup musik KPop, terdapat satu orang anggota yang ditunjuk sebagai leader atau pemimpin. Dari sekian banyak leader grup KPop, terdapat beberapa yang sukses membangun kariernya sebagai penyanyi solo. Menjadi pemimpin yang disegani oleh anggota grupnya, mereka pun tampil sangat berkarisma di atas panggung sebagai seorang solois.

Beberapa nama di bawah ini merupakan leader idol group KPop yang sukses terjun sebagai penyanyi solo. Berjiwa seorang pemimpin, nama-nama di bawah ini selalu tampil badass nan memukau saat di atas panggung.

1. Lee Hyo Ri (Fin K.L) 

5 Leader Idol Group KPop yang Sukses Solo Karier, Auranya Memukau! instagram.com/hangout_with_yoo

Sebelum berkarier sebagai penyanyi solo, Lee Hyo Ri tergabung dalam girl group Fin.K.L yang begitu top pada masanya. Beberapa lagu yang pernah Lee Hyo Ri rilis bersama dengan Fin.K.L, yakni "Eternal Love" dan "To My Boyfriend". Sedangkan sebagai solois, beberapa lagu yang pernah Lee Hyo Ri rilis adalah "Bad Girls" dan "Black".

Berposisi sebagai pemimpin dalam grup tersebut, Lee Hyo Ri pun lagi-lagi terpilih menjadi leader dalam girl group barunya yang bernama Refund Sisters. Baru saja debut dengan lagu "Don't Touch Me", selain Lee Hyo Ri, Refund Sisters pun beranggotakan penyanyi wanita dengan kesan tangguh yang semuanya telah berkarier sebagai solois, yaitu Hwasa, Jessi, dan Uhm Jung Hwa.

2. Taeyeon (SNSD) 

5 Leader Idol Group KPop yang Sukses Solo Karier, Auranya Memukau! instagram.com/taeyeon_ss

Berposisi sebagai pemimpin grup, Taeyeon memulai karier bersama SNSD pada tahun 2007 silam dengan lagu "Into the New World". Memulai solo kariernya pada 7 Oktober 2015 lalu, Taeyeon telah banyak merilis lagu yang mendapatkan respon positif dari publik, seperti "I", "Statlight", dan "Happy".

Selain lagu yang dirilis bersama SNSD dan lagu solonya, Taeyeon pun sering kali menyanyikan soundtrack dari KDrama. Salah satu soundtrack KDrama yang dinyanyikan Taeyeon, yaitu berjudul "And One" dari KDrama populer The Winter, The Wind Blows.

Baca Juga: Selain Jadi Leader, 8 Idol KPop Ini Menulis Banyak Lagu Bagi Grupnya

3. CL (2NE1) 

5 Leader Idol Group KPop yang Sukses Solo Karier, Auranya Memukau! instagram.com/chaelincl

Sebelum 2NE1 resmi bubar pada tahun 2016 lalu, CL yang merupakan leader dari girl group tersebut, telah memulai solo kariernya pada tahun 2013 lewat lagu "The Baddest Female". Memulai karier solo internasionalnya dengan lagu berjudul Lifted, CL pun pernah berkolaborasi dengan Black Eyed Peas dalam lagu "Dopeness".

Dikabarkan akan segera comeback dengan lagu "Post Up", CL telah merilis beberapa lagu sebelumnya pasca hengkang dari YG Entertainment, yakni di antaranya berjudul "+DONE161201+" dan "+I QUIT180327+".

4. G-Dragon (BIGBANG) 

5 Leader Idol Group KPop yang Sukses Solo Karier, Auranya Memukau! instagram.com/xxxibgdrgn

Salah satu sosok di balik suksesnya lagu-lagu BIGBANG, G-Dragon yang sekaligus menjadi leader dari boy group tersebut, mulai bersolo karier pada tahun 2009 dengan album bertajuk Heartbreaker. Gayanya nyentrik namun fashionable, beberapa lagu solo G-Dragon yang menyita perhatian publik, yaitu ada "Crooked", "That XX", dan "Untitled, 2014".

Sempat mengisi bagian rap dalam lagu IU yang berjudul "Palette", G-Dragon menjadi salah satu musisi muda pria paling berbakat Korea Selatan. Telah bebas wajib militer pada Oktober 2019 lalu, comeback G-Dragon di dunia musik, baik sebagai personel BIGBANG ataupun solois, menjadi sangat ditunggu-tunggu.

5. Zico (Block B) 

5 Leader Idol Group KPop yang Sukses Solo Karier, Auranya Memukau! instagram.com/woozico0914

Merupakan leader dari grup Block B yang membesarkan namanya, Zico saat ini tengah menjalankan wajib militer sedari akhir Juli 2020 lalu. Memulai karier bersama Block B pada tahun 2011, Zico pun melakukan solo debut-nya pada tahun 2014 lewat lagu "Tough Cookie".

Merupakan lagu pertama yang raih predikat Perfect All Kill di tahun 2020, lagu solo Zico yang berjudul "Any Song" sukses, bahkan dance challenge dari lagu tersebut pun sempat viral. Sebelum berangkat wajib militer, Zico sempat comeback dengan merilis lagu "Cartoon" juga "Summer Hate" yang ia nyanyikan bersama dengan Rain.

Demikian lima daftarnya. Meski saat ini ada beberapa yang tak lagi tergabung dalam idol group, namun mereka semua telah sukses dengan karier solonya sedari masih menjadi anggota idol group. Dari semua daftarnya, siapa nih leader idol group sekaligus solois yang memotivasi kalian?

Baca Juga: Berbakat, 5 Solois Jebolan K-pop Star yang Bernaung di Antenna Music

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya