Comscore Tracker

Ini 5 Aturan Tamu Undangan di Pernikahan Kaesang-Erina, Harus Ditaati!

Sudah diwanti-wanti nih!

Minggu ini menjadi minggu spesial bagi seorang Kaesang Pangarep. Pasalnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Widodo itu akan resmi mempersunting sang kekasih hati, Erina Gudono. Akad nikah akan digelar Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Sabtu (10/12/2022) mendatang. Sedangkan resepsi digelar di Puro Mangkunegaran, Solo, pada keesokan harinya, Minggu (11/12/2022).

Berbeda dengan akad nikah yang tamu undangannya hanya dibatasi 150 orang, acara resepsi yang berkonsep Ngunduh Mantu tersebut akan mengundang sekiranya 6000 tamu undangan. Nah, karena banyaknya yang hadir, pihak penyelenggara pun membuat beberapa aturan. Lalu, seperti aturan yang berlaku? Yuk, disimak ulasannya!

1. Harus bawa undangan

Ini 5 Aturan Tamu Undangan di Pernikahan Kaesang-Erina, Harus Ditaati!undangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (instagram.com/hotmanparisofficial)

Saat menghadiri acara kondangan, hal utama yang harus diperhatikan yakni membawa undangan yang menyertakan nama tamu undangan. Hal ini pun berlaku untuk di pernikahan Kaesang-Erina.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu beredar undangan Kaesang-Erina dalam bentuk digital. Hal itu ternyata hoaks karena undangan hanya berupa undangan fisik yang terdapat barcode-nya. Jadi, bagi yang mendapat undangan, jangan lupa bawa ya!

2. Dilarang membawa kendaraan pribadi

Ini 5 Aturan Tamu Undangan di Pernikahan Kaesang-Erina, Harus Ditaati!potret Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (instagram.com/kaesangp)

Pernikahan Kaesang-Erina akan menjadi salah satu pernikahan mewah di penghujung akhir tahun ini. Bagaimana tidak, pernikahan anak orang nomor satu di Indonesia tersebut pastinya akan dihadiri para tamu undangan dari berbagai penjuru daerah.

Nah, untuk itu, pihak panitia penyelenggara pun membuat aturan para tamu dilarang membawa kendaraan pribadi. Sebagai gantinya, akan disediakan kendaraan berupa bus yang jumlahnya mencapai ratusan untuk membawa para tamu ke lokasi pernikahan.

3. Dilarang memberi sumbangan

Ini 5 Aturan Tamu Undangan di Pernikahan Kaesang-Erina, Harus Ditaati!potret Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)

Sama seperti pernikahan anak-anak Presiden Jokowi sebelumnya, di pernikahan Kaesang-Erina pun para tamu dilarang untuk memberikan sumbangan dalam bentuk apa pun, baik itu uang maupun barang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Selain itu, pernikahan ini pun konsepnya seperti pesta rakyat.

Nah, dengan adanya aturan tersebut, maka kotak sumbangan pun dipastikan tidak ada di tempat acara. Jadi, nanti para tamu hanya mengucapkan selamat dan menikmati semua sajian yang dihidangkan.

Baca Juga: Batal Naik Andong, Tamu Pernikahan Kaesang - Erina Diantar Pakai Bus

4. Dilarang mengenakan batik motif parang lereng

Ini 5 Aturan Tamu Undangan di Pernikahan Kaesang-Erina, Harus Ditaati!contoh motif batik parang lereng (batikfractal.com)

Seperti yang dijelaskan di atas, resepsi atau Ngunduh Mantu akan digelar di Puro Mangkunegaran, yang memang memiliki kesakralan sendiri. Maka tak heran, kalau banyak aturan yang wajib ditaati para tamu undangan. Bahkan nih, aturan itu berdasarkan ketentuan dari Kanjeng Gusti Mangkunegara X.

Salah satu yang wajib ditaati yakni dilarang mengenakan batik motif parang lereng. Berdasarkan aturan budaya yang berlaku, motif tersebut hanya boleh dikenakan oleh seseorang yang memiliki kasta tinggi di kerajaan. Jadi, untuk untuk rakyat biasa tidak diperbolehkan.

5. Dilarang berebut makanan

Ini 5 Aturan Tamu Undangan di Pernikahan Kaesang-Erina, Harus Ditaati!potret Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (instagram.com/erinagudono)

Bukan pernikahan anak presiden kalau tidak melibatkan masyarakat umum. Hal ini berlaku di pernikahan Kaesang-Erina. Pasalnya, pihak penyelenggara akan menyediakan makanan secara gratis bagi siapa pun yang dialokasikan di Jalan Slamet Riyadi.

Hal tersebut pastinya akan membuat masyarakat antusias. Maka tak heran, dari awal sudah diwanti-wanti agar tidak berebut makanan yang nantinya akan menimbulkan masalah seperti berdesak-desakan. Bahkan, sudah dipastikan nih, semua yang datang akan tetap kebagian.

Seperti diketahui, Kaesang-Erina sudah mempersiapkan pernikahannya jauh-jauh hari. Dibantu oleh beberapa pihak, acara itu diprediksi akan berlangsung meriah dan megah. Wah, sudah tak sabar ya!

Baca Juga: 16 Konsep Prewedding Kaesang-Erina, dari Adat Papua hingga Gorontalo!

Ardi Dian Photo Verified Writer Ardi Dian

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya