Comscore Tracker

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000

Anime yang membawa seribu harapan baru

Selama menjalani dua dekade sejak tahun 2000 pastinya kalian selalu ditemani dengan berbagai tayangan favorit dari tahun ke tahun. Nah, 20 tahun silam, tepatnya pada tahun 2000, masihkah kalian ingat betapa semarak perayaan menyambut tahun baru pada saat itu. Tidak heran, karena tahun 2000 adalah tahun yang fantastis, tahun yang menjadi pertanda awal dari milenium ketiga.

Banyak kenangan manis yang tercipta di tahun 2000, salah satu yang berkesan tentunya serial anime yang tayang pada saat itu. Untuk menyegarkan memori kalian akan betapa indahnya tahun tersebut, berikut ini kami sajikan 7 serial anime yang dirilis pada tahun 2000. Selamat membaca.

1. Love Hina

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000honeysanime.com

Salah satu judul anime yang dirilis pada tahun 2000 dan pasti sangat kalian kenal adalah Love Hina. Love Hina merupakan pelopornya anime komedi romantis modern, menceritakan kisah cinta seorang pelajar bernama Keitaro Urashima yang gagal dalam ujian masuk Universitas Tokyo dan harus mendapati dirinya tinggal di sebuah penginapan satu atap bersama banyak gadis. Dalam perjalanan cintanya, Keitaro mengalami banyak momen lucu, sedih, mengharukan serta membingungkan.

Namun, tanpa disadari Keitaro harus dihadapkan pada dua pilihan sulit, yaitu menepati janji yg pernah dia buat atau memilih untuk menemukan cinta yang baru. Hubungan emosional antar karakter dalam Love Hina dibangun dengan sangat apik dan rapi, membuat kita semakin terbawa ke dalam cerita yang penuh drama. Selain itu, anime ini dikemas dalam tampilan visual yang sangat menarik. Ini yang membuat Love Hina sangat berbeda jika dibandingkan dengan anime romantis klasik lainnya.

2. Gensomaden Saiyuki

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000aminoapps.com

Tahun 2000 adalah pertama kalinya kalian bisa menikmati kisah perjalanan Kera Sakti mencari Kitab Suci dalam sebuah format anime. Ya, kalian bisa menontonnya dalam serial Gensomaden Saiyuki. Tetapi, jangan harap kalian akan menemukan kelompok biksu pengembara ini dalam wujud siluman kera, babi, atau lainnya.

Justru para siluman di Gensomaden Saiyuki hadir dalam wujud ikemen (cowok ganteng) dan bishojo (cewek cantik). Selain itu, biksu Sanzo ditampilkan sebagai perokok berat yang juga memiliki keahlian bertarung menghadapi siluman, benar-benar berbeda dari cerita Kera Sakti yang selama ini pernah kita dengar. Nyatanya, hal-hal nyeleneh itu malah membuat Gensomaden Saiyuki semakin populer dan dikenal luas oleh kalangan pemerhati anime.

3. Sakura Taisen

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000alchetron.com

Sakura Taisen yang dirilis pada musim semi tahun 2000 merupakan gebrakan terbaru di anime bergenre mecha, karena dianggap sukses memadukan unsur budaya tradisional Jepang dengan teknologi perang yang modern. Selain itu, Sakura Taisen juga menghadirkan gadis-gadis cantik Hanagumi sebagai pilot yang mengendalikan Koubu.

Dari segi konsep, tentunya menjadikan anime ini sangat fresh jika dibandingkan dengan serial anime bergenre mecha lainnya seperti Mobile Suit Gundam ataupun Macross. Seringkali, saat kita menonton serial Gundam, latar belakang tempat yang diambil adalah futuristik, lalu medan pertempuran selalu terjadi di luar angkasa. Sedangkan dalam Sakura Taisen, mengambil latar belakang tempat di Tokyo era Taisho dan medan pertempuran seringkali terjadi di perkotaan.

Baca Juga: 5 Anime Bertema Youkai Paling Seru dan Kocak yang Wajib Ditonton!

4. Inuyasha

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000sites.psu.edu

Siapa yang gak kenal sama Inuyasha? Anime ini bisa dibilang cukup legendaris di Indonesia, hampir semua lagu soundtracknya meninggalkan kesan yang mendalam dan masih bisa terus kita dengar bahkan sampai hari ini. Inuyasha juga disebut-sebut sebagai dedengkotnya anime bertema isekai mengacu pada apa yang dialami Kagome saat jatuh ke sumur kuno di dalam kuil milik keluarganya.

Di saat rilisnya Inuyasha, yaitu musim gugur tahun 2000, nggak ada yang menyangka kalo isekai bakalan menjadi sebuah tren 20 tahun yang akan datang. Inuyasha menceritakan petualangan Kagome dkk dalam mencari pecahan Shikon no Tama di era Sengoku Jepang. Namun, misi mereka tidaklah mudah, karena siluman jahat senantiasa datang untuk merepotkan mereka. Terlebih lagi dengan kedatangan Naraku yang menyimpan dendam pribadi terhadap Inuyasha dan Kagome yang notabene adalah reinkarnasi dari seorang pendeta bernama Kikyo.

5. Hajime no Ippo

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000thejapans.org

Hajime no Ippo adalah anime tentang olahraga tinju yang menitikberatkan pada unsur drama dan komedi di dalam ceritanya. Dirilis pada bulan Oktober tahun 2000, Hajime no Ippo mengkisahkan seorang murid sekolah SMP bernama Ippo Makunochi yang sering dijahili oleh berandalan namun tak bisa melawan. Suatu hari, Ippo ditolong oleh seorang petinju profesional bernama Mamoru Takamura.

Dia berhasil membuat para berandalan yang mengganggu Ippo kabur terbirit-birit oleh kegesitannya. Peristiwa itu membuat Ippo kagum pada Takamura dan berharap bisa menjadi seorang petinju seperti dirinya. Maka dimulailah latihan keras Ippo, menempa diri dan mengasah mentalnya untuk meniti karir menjadi seorang petinju profesional.

6. Gakkou no Kaidan

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000jurnalotaku.com

Gakkou no Kaidan atau saat tayang di Indonesia lebih dikenal dengan Ghost at School adalah anime bertema misteri yang menceritakan kisah kakak-beradik bernama Satsuki dan Keichiro yang pulang ke kampung halaman sepeninggal kematian ibunya. Sesampainya di sana, mereka mendengar kabar kalau SD yang akan mereka masuki bangunannya sangat tua dan juga berhantu. Awalnya mereka menganggap kabar itu sebagai suatu hal yang konyol, namun pada akhirnya mereka percaya bahwa hantu di sekolahnya itu nyata dan menakutkan.

Dirilis pada Oktober tahun 2000, Gakkou no Kaidan dianggap sukses mengangkat cerita-cerita horor sekolah yang biasa kita dengar sehingga tidak jarang membuat bulu kuduk kita berdiri sendiri ketika menontonnya. Jujur, ketika kalian masih duduk di bangku SD, kalian juga pasti sering mendengar desas-desus tentang adanya hantu di sekolah khan. Itu sebabnya anime ini sangat relate dengan kehidupan kita.

7. Gear Fighter Dendoh

Penanda Awal Milenium, 7 Serial Anime Ini Dirilis Tahun 2000alchetron.com

Saat mendengar nama Gear Fighter Dendoh, pasti yang muncul dalam pikiran kalian adalah anime Crush Gear Turbo Fighter yang sempat populer di televisi swasta kita. Well, nggak salah sih, habisnya kedua anime ini punya tampilan visual yang cenderung mirip, karena sama-sama berada di bawah produksi studio anime Sunrise.

Bedanya, Gear Fighter Dendoh tidak menyuguhkan pertarungan antar mainan seperti yang kita temui di serial Crush Gear Turbo, melainkan pertarungan antara robot pelindung bernama Dendoh dengan kerajaan alien Galfa yang ingin menguasai bumi. Pilot Dendoh adalah dua anak SD bernama Kusanagi Hokuto dan Izumo Ginga. Agar Dendoh dapat bertarung menggunakan kekuatan penuh, kedua pilotnya harus memiliki ikatan persahabatan yang kuat. Mampukah Kusanagi dan Izumo melakukannya, sedangkan mereka berdua mempunyai sifat yang sangat bertolak belakang?

Itulah 7 serial anime yang dirilis pada tahun 2000 sebagai penanda awal milenium guys. Semua anime di atas akan merayakan hari jadinya yang ke-20 di tahun 2020 ini. Kalo ada dari kalian yang belum pernah menonton salah satu judul anime tersebut, sempatkanlah untuk menontonnya di tahun ini. Lumayan lho untuk menambah referensi kalian.

Baca Juga: 5 Karakter Terkonyol dalam Anime Naruto, Kocak Bikin Ngakak

Ardyansah Azis Photo Writer Ardyansah Azis

Compulsive, Neurotic, Anti-Social, Manic-Depressive, Paranoid, But Basically Happy.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya