Comscore Tracker

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral 

Terakhir, diadakan pelebon Raja Pemecutan X pada tahun 1986

Momen pelebon atau ngaben Ida Cokorda Pemecutan XI yang dilaksanakan pada Jumat (21/1/2022) menarik ribuah warga yang tumpah ruah ke area dari Puri Pemecutan, Denpasar hingga ke Setra (kuburan) Badung.

Hal ini karena momen ini adalah momen langka di mana pelebon raja terakhir dilakukan saat Ida Cokorda Pemecutan X lebar atau meninggal pada tahun 1986. Pelebon Raja Pemecutan XI menggunakan bade tumpang solas, lembu putih, dan diiringi oleh ogoh-ogoh yang berbentuk tokoh Cupak.

1. Pelebon Ida Cokorta Pemecutan XI disebut juga dengan nama 'Pratiwa Nyawa Ngasti Wedana' 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Lembu putih pada prosesi pelebon Ida Tjokorda Pemecutan XI. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

2. Ogoh-ogoh Cupak diarak dari Puri Pemecutan menuju Setra Badung mengiringi jenazah Raja Pemecutan XI 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Ogoh-ogoh Cupak. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

3. Hal unik, seorang kakek menari di depan ogoh-ogoh Cupak 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Seseorang menari di depan ogoh-ogoh Cupak. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

4. Semangatnya anak-anak Sanggar Lila Tri Datu Denpasar bermain bleganjur mengiringi ogoh-ogoh Cupak 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Sanggar Lila Tri Datu. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

5. Sesepuh PPS Kertha Wisesa yang berumur 65 tahun memainkan senjata nunchaku sebagai penghormatan untuk mendiang Ida Cokorda Pemecutan XI 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Baca Juga: 5 Fakta Pelebon Raja Puri Pemecutan XI Denpasar, Gunakan Bade 2 Ton 

6. Di perempatan Puri Pemecutan, bade tumpang solas seberat 2 ton berputar sebanyak tiga kali 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Prosesi pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

7. Tari sakral Baris Ketekok Jago menari di depan jenazah Ida Cokorda Pemecutan, sebagai simbol mengawal dan menghantarkan Sang Atma kembali kepada Sang Pencipta 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Tari Baris Ketekok Jago. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

8. Tari Baris Ketekok Jago juga mengawal jenazah dari Puri Pemecutan hingga Setra Badung. Hal ini berfungsi memberikan perlindungan arwah Beliau dari gangguan energi negatif 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Tari Baris Ketekok Jago. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

9.Prosesi jenazah atau layon turun dari bade tumpang solas 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Prosesi layon turun dari bade tumpang solas. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

10. Prosesi pembakaran dilakukan sekitar pukul 14.00 Wita, memerlukan waktu kurang lebih dua jam 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Prosesi pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

11. Daya tarik pelebon Raja Pemecutan, selain menarik perhatian ribuan masyarakat juga menarik para konten kreator untuk mengabadikan momen langka ini 

10 Potret Pelebon Raja Pemecutan XI, Ada Pementasan Tari Sakral Berebut menangkap gambar. (dok. pribadi/Ari Budiadnyana)

Pelebon atau ngaben dalam Lontar Yama Purwana Tattwa dapat diartikan sebagai penyempurnaan jiwa, mengembalikan unsur-unsur yang membentuk tubuh manusia ke asalnya. Lontar Tattwa ini juga mengingatkan masyarakat, agar dalam melaksanakan upacara ngaben disesuaikan dengan kemampuan keluarga dan dilaksanakan dengan hati yang tulus ikhlas.

Baca Juga: Ribuan Warga Iringi Pelebon Raja Puri Pemecutan Denpasar XI 

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya