Comscore Tracker

5 Film Karya Alfonso Cuarón yang Sayang untuk Dilewatkan

Salah satu sutradara terbaik saat ini

Sutradara kelahiran Meksiko, Alfonso Cuarón, kembali meraih penghargaan Oscar sebagai Sutradara Terbaik pada Academy Awards ke-91 yang digelar pada 24 Februari lalu. Penghargaan tersebut menjadi yang kedua bagi Cuarón yang lima tahun sebelumnya juga mendapatkan penghargaan serupa untuk film Gravity (2013).

Hal tersebut tidak mengherankan. Sebab film-film hasil karya Cuarón selalu menjadi film-film yang bagus dan mendapat banyak pujian dari berbagai pihak. Seperti halnya lima film berikut, yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan oleh para penggemar film.

1. Y Tu Mamá También (2001)

https://www.youtube.com/embed/UW1LQbtRuAM

Film coming of age ini menceritakan tentang perjalanan liburan dua orang remaja bersama dengan seorang wanita berusia 20 tahunan yang kemudian berakhir dengan sebuah kejutan. Di film ini, adegan seks dan penggunaan obat-obatan diperlihatkan secara jelas, yang sempat memunculkan kontroversi antara Cuarón dengan para penentu rating.

Film ini dianggap sebagai salah satu film terbaik yang dimiliki Meksiko. Alfonso Cuarón bersama dengan saudaranya, Carlos Cuarón, mendapatkan nominasi Naskah Original Terbaik untuk film ini pada Academy Awards ke-74 di tahun 2002.

2. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

https://www.youtube.com/embed/lAxgztbYDbs

Siapa sangka jika salah satu film dari franchise Harry Potter ini disutradarai oleh seorang sutradara Meksiko? Harry Potter and the Prisoners of Azkaban merupakan film ketiga dari hasil adaptasi novel berjudul sama keluaran tahun 1999 karya J.K. Rowling.

Film ini mendapat banyak pujian, baik dari para penggemar film ataupun para kritikus film sebagai film Harry Potter terbaik. Dan pujian tersebut ditujukan terutama kepada arahan sang sutradara, Alfonso Cuarón, yang terbukti berhasil mengadaptasi cerita di novel ke layar perak dengan sangat baik.

Baca Juga: Menarik Disimak, 6 Film Ini Angkat Penulis Sebagai Lakon Utamanya 

3. Children of Men (2006)

https://www.youtube.com/embed/2VT2apoX90o

Film thriller dystopia ini ber-setting di tahun 2027. Menceritakan tentang umat manusia yang telah mengalami ketidaksuburan selama 20 tahun terakhir yang menyebabkan manusia berada di ambang kepunahan. Namun, kabar mengenai hamilnya seorang perempuan memberikan secercah harapan mengenai masa depan umat manusia.

Pada awal perilisannya, film ini tidak terlalu mendapat respons yang positif dari para penggemar film. Dengan anggaran pembuatan sebesar 76 juta USD, film ini hanya mampu meraup untung sebesar 70 juta USD. Namun, segera setelah kejadian Brexit terjadi banyak penggemar film yang mereferensikan kejadian tersebut pada film ini, yang kemudian secara tidak langsung mendongkrak popularitasnya.

Film ini mendapatkan tiga nominasi pada Academy Awards ke-79 di tahun 2007 untuk kategori Sinematografi Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik, serta Penyuntingan Film Terbaik.

3. Gravity (2013)

https://www.youtube.com/embed/OiTiKOy59o4

Bersama dengan 12 Years a Slave (2013), Gravity menjadi dua film paling populer di tahun 2013. Film fiksi ilmiah ini berkisah tentang seorang astronaut NASA, Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) yang terombang-ambing di orbit usai sebuah malapetaka terjadi saat ia memperbaiki Hubble Space Telescope.

Film ini menjadi film karya Cuarón yang paling sukses, baik secara komersial maupun secara resepsional. Dengan modal awal 130 juta USD, Gravity mendapatkan keuntungan lebih dari 700 juta USD. Sementara di ajang Academy Awards ke-86 di tahun 2014, film ini mendapatkan 10 nominasi, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Sinematografi Terbaik. Cuarón meraih Oscar pertamanya untuk Sutradara Terbaik dari film ini.

5. Roma (2018)

https://www.youtube.com/embed/6BS27ngZtxg

Film ini menceritakan masa kecil Cuarón yang tinggal di Mexico City pada tahun 1970-an. Disajikan dalam balutan warna hitam-putih, film ini memberikan kehangatan tersendiri bagi para penontonnya. Cuarón menggarap hampir sebagian besar porsi dari film ini. Selain menjadi sutradara, ia juga menjadi produser, penulis naskah, sinematografer, serta editor.

Dengan 10 nominasi Academy Awards, film ini memegang rekor (bersama dengan film Crouching Tiger, Hidden Dragon) sebagai film berbahasa asing peraih nominasi Oscar terbanyak. Pada Academy Awards ke-91 tahun 2019, film ini meraih tiga penghargaan yang semuanya diberikan kepada Cuarón, yakni untuk kategori Sutradara Terbaik, Sinemografi Terbaik, dan Film Berbahasa Asing Terbaik.

Itulah beberapa film karya sutradara Alfonso Cuarón yang wajib kamu tonton. Mana film favoritmu?

Baca Juga: 6 Film Tom Hanks Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata Lho! 

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya