Comscore Tracker

Bertahan Hidup Sendirian, Ini 7 Film Survival Bikin Jantung Naik Turun

Film yang menguatkan tentang arti hidup!

Film genre petualangan memang menjadi salah satu film yang menarik untuk ditonton. Apalagi di dalamnya menyajikan adegan-adegan menegangkan dari para pemainnya. Gak jarang, para pemain pun harus ‘dipaksa’ survival untuk bertahan hidup.

Tapi nih, bagaimana kalau hanya satu pemain saja yang dipaksa untuk bertahan hidup? Bertahan hidup sendiri, ini 7 film survival yang bikin jantung kamu naik turun!

1. Cast Away

https://www.youtube.com/embed/PJvosb4UCLs

Film ini menceritakan tentang seorang karyawan yang FedEx yang bernama Chuck Noland (Tom Hanks). Chuck Noland terdampar di sebuah pulau yang tak berpenghuni, setelah pesawatnya mengalami kecelakaan di Lautan Pasifik.

Dengan memanfaatkan paket-paket kiriman yang tersisa, selama empat tahun! Selama itu, dia juga sudah mulai terbiasa dan beradaptasi. Hingga sebuah kapal kargo yang melintas menyelamatkannya, ketika dia terombang-ambing dengan rakit buatannya untuk berlayar.

Namun ketika Chuck kembali, keluarganya telah menganggapnya meninggal, bahkan telah mengadakan pemakaman. Dan Kelly, yang saat itu menjadi tunangannya pun telah menikah dan memiliki seorang putri.

2. 127 Hours

https://www.youtube.com/embed/OlhLOWTnVoQ

Adalah film yang diadaptasi dari kisah nyata dari Aron Ralston yang diperankan oleh James Franco. Aron adalah seorang remaja yang hobi mendaki.

Ketika itu, Aron pergi sendirian ke Blue John Canyon,di Utah, Amerika Serikat. Segala persiapan pun sudah dilakukan oleh Aron. Namun, Aron pergi tanpa mengabarkan siapapun.

Layaknya pendaki yang sudah berpengalaman, Aron berhasil menyebrangi tebing-tebing yang curam.

Namun, nasib berkata lain. Aron terperosok ke dalam tebing, dan pergelangan tangan kanannya terjepit batu besar! Di sinilah Aron memulai bertahan hidup selama 127 jam. Bekal makanan dan minuman, mulai dia jadwalkan, dan Aron pun harus melakukan dengan satu tangan. Aron juga menggunakan berbagai perlatan untuk melepaskan tangan kanan dari jeratan batu.

Sempat frustasi dan mengalami delusi dan halusinasi, Aron berhasil lepas dari batu. Dengan cara memotong pergelangan tangannya!

Aron segera keluar dan mencari pertolongan. Beberapa saat, Aron pun akhirnya tertolong ketika ada satu keluarga yang lewat. 

3. Life of Pi

https://www.youtube.com/embed/j9Hjrs6WQ8M

Pi, sebagai anak pemiliki kebun binatang, harus terombang-ambing di lautan ketika kapal yang ditumpanginya terkena badai. Kapal itu membawa beberapa binatang, yang bermaksud menuju Kanada.

Pi tidak sendiri, ada Orang Utan, Zebra, Hyena, dan seekor Harimau bernama Richard Parker, berhasil selamat. Namun, rantai makanan di sekoci itu pun mulai. Orang Utan, dan Zebra tewas di tangan Hyena. Sementara, Hyena tewas di tangan Richard Parker. Richard Parker juga bermaksud membunuh Pi, namun Pi kemudian membuat rakit pelampung untuk pembatas.

Dengan perbekalan seadanya dari Sekoci, Pi dan Richard Parker yang terlihat kurus, pada akhirnya sedikit memahami satu sama lain.

Akhirnya, Pi dan Richard Parker sampai di Pantai Meksiko. Namun, Richard Parker langsung pergi begitu saja masuk ke dalam hutan dan seolah tak mengenal Pi lagi.

Baca Juga: 10 Pemeran Tokoh Indonesia di Film Biopik, Siapa yang Paling Mirip?

4. Jungle

https://www.youtube.com/embed/oJYJmYQ0AGw

Film yang menceritakan tentang petualangan empat wisatawan, yang bertemu di Bolivia. Kemudian pergi bersama menjelajah hutan Amazon. Perdebatan, pertentangan antar karakter pun menambah bumbu dalam film. Hingga kecelakaan rakit saat menelusuri sungai membuatnya jadi petaka!

Yossi Ghinsberg (Daniel Radcliffe), pun terpisah. Yang membuatnya menegangkan, Yossi yang tanpa memiliki peralatan, peta, dan juga minim pengalaman, harus bertahan hidup sendirian di hutan liar Amazon!

Di keadaan seperti itu, Yossi hanya bisa berteriak-teriak dan menngharapkan pertolongan datang. Ketakutan, bahkan menjadi seperti orang gila di tengah hutan pun dialami Yossi. Dalam keadaan tersebut, Yossi pun dipaksa menunggu sebelum pada akhirnya para penyelamat tiba dan menemukannya.

5. Into The Wild

https://www.youtube.com/embed/g7ArZ7VD-QQ

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Christopher “Chris” McCandless (Emile Hirsch). Chris lahir dari keluarga yang kaya. Ketika di hari kelulusannya, Ayah Chris ingin membeli mobil untuknya. Namun Chris menolak, alasannya karena mobil yang lama masih bisa dipakai.

Chris juga memulai petualangan untuk pergi ke daerah terpencil di Alaska. Membuang semua kekayaan , tabungan, kartu kredit, bahkan identitasnya. Chris memulai perjalanan dengan menggunakan mobil lamannya. Namun, mobilnya terendam banjir dan penuh lumpur di suatu daerah. 

Chris pun meninggalkan mobilnya. Kemudian, Chris sampai di daerah Arizona. Di Arizona, Chris mulai mengganti namanya dengan Alexander Supertramp.

Perjalanan Alex pun berlanjut. Mulai dari menumpang mobil, bahkan sempat mengembalikan hubungan pasangan yang sempat renggang. Setelahnya, Alex melanjutkan perjalanan panjangnya ke Alaska. Alex berharap, kesunyian di Alaska dapat menyatukannya dengan alam, serta flora dan fauna yang ada.

Dan pada akhirnya, Alex di temukan tewas di dalam bus yang disebut Magic Bus. Di sampingnya, terdapat kamera yang di dalamnya terdapat foto Alex yang memperlihatkan dirinya tersenyum puas.

6. Gravity

https://www.youtube.com/embed/OiTiKOy59o4

Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock), adalah seorang insinyur rekayasa biomedis, menjalankan misi antariksa pertamanya, yang dipimpin oleh astronot veteran, Matt Kowalski (George Clooney). Ryan dan Matt, beserta para kru, berada di pesawat ulang-alik NASA Explorer, bertujuan untuk memperbaiki teleskop luar angkasa, Hubble.

Seorang pengendali misi di bumi, memperingatkan akan serangan rudal milik Rusia untuk satelit yang tak berfungsi. Dan dampaknya, membentuk puing-puing di antariksa.Puing-puing itu menyebabkan pesawat mengalami kerusakan parah, dan membuat anggota kru tewas. Beruntung Ryan berhasil diselamatkan oleh Matt.

Namun, Matt tewas, dalam perjalanan ke ISS (International Space Station), akibat kehabisan udara. Dan satu-satunya yang tersisa adalah Ryan!

Sempat putus asa, dan bahkan mencoba bunuh diri dengan mematikan suplai oksigen. Matt muncul dalam halusinasi Ryan, dan memarahinya. Berkat dorongan itu, Ryan berjuang seorang diri untuk kembali ke Bumi, menggunakan kapsul.

7. All Is Lost

https://www.youtube.com/embed/no1rl9Gvx-s

Menceritakan seorang kakek tua (old man), yang diperankan oleh Robert Redford, berjuang seorang diri di tengah ganasnya laut! Selama delapan hari, dia terombang-ambing dan dipaksa berjuang di tengah luasnya Samudera Hindia.

Perahu boatnya bertabrakan dengan jalur kapal kontainer. Kemudian dia turun ke bawah, dan mendapati air masuk dalam perahunya. Dengan cara sederhana, dia menambal perahu dan mulai membuang air di kabin, dan membuat dia kelelahan.

Namun, ternyata ada hal lain lagi yang mengejtukan. Dia mendapati sistem navigasi dan komunikasi rusak parah! Ketika dia mencoba memperbaiki saluran Radio, badai tropis datang. Dia sudah bersiap untuk itu, dan seketika perahu terbalik dan menyebabkan semua peralatan hancur.

Tapi, dia tak berhenti begitu saja. Dia tetap berjuang dan tetap memperbaiki perahu dengan sisa-sisa peralatan. Persediaan makanan yang mulai menipis, badai, memperbaiki perahu, hingga pada hari kedelapan, dia mencoba menulis surat, kemudian memasukan ke botol dan melemperkannya ke air.

Malam harinya, dia melihat cahaya dari jauh. Kemudian, dia juga mulai membuat sinyal api. Namun, karena kehilangan keseimbangan, dia jatuh. Sempat berusaha untuk berenang, namun dia terhenti dan membiarkan dirinya tenggelam. 

Dan di saat tenggelam itulah dia menyadari baawa semakin dekat dengan cahaya itu. Dengan sekuat tenaga dia berenang, dan menjangkau uluran tangan dari perahu penyelamat.

Well, apakah kamu sudah pernah nonton semua film di atas?

Baca Juga: 10 Film Tentang Ayah yang Sukses Menguras Air Mata, Haru!

Arif Rahmanto Photo Verified Writer Arif Rahmanto

pecinta kopi panas dan es teh manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya