Comscore Tracker

10 Film Terlaris yang Diadaptasi dari Game, Pendapatannya Tertinggi!

Mana film favorit kamu? 

Gak bisa dipungkiri, sumber inspirasi dalam membuat film salah satunya adalah melalui adaptasi. Mulai dari adaptasi dari novel terlaris, manga dan anime, kisah nyata hingga dari game.

Tentunya, film yang mengadaptasi dari game, akan membuat penasaran para pecinta game. Dan tentu saja para pembuat film berharap bahwa film yang mereka buat akan sukses dan bahkan meraih pundi-pundi dengan pendapatan tertinggi.

Melansir dari The Numbers, berikut seouluh film terlaris yang diadaptasi dari game dengan pendapatan tertinggi.

1. Warcraft 

https://www.youtube.com/embed/2Rxoz13Bthc

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini merupakan film adaptasi dari game dengan judul yang sama. Film ini berkisah tentang peperangan antara manusia dan orc. Berawal dari bangsa orc yang terpaksa pindah ke Alzeroth, karena Draenor, kediaman para Orc diambang kehancuran.

Namun dengan datangnya orc ke Alzeroth itu malah menimbulkan bahaya bagi para penghuni di Alzeroth. Dan bencana semakin dekat, karena portal penghubung Draenor dan Alzaroth semakin terbuka bahkan pemilik kekuatan yang membuka portal itu harus menyerap unsur kehidupan para manusia dan para orc.

Total pendapatan yang berhasil diraih film ini adalah sekitar 439 juta dolar.

2. Pokemon: Detective Pikachu 

https://www.youtube.com/embed/1roy4o4tqQM

Kalau dalam game maupun adaptasi anime, Pikachu tampil menggemaskan dengan mengucapkan kalimat “Pika Pika Pikachu”, lain halnya Pikachu dalam film Pokemon: Detective Pikachu.

Film yang dirilis pata tahun 2019 ini, menampilkan Pikachu yang bisa bicara. Dalam film ini, Pikachu berpetualang bersama dengan seorang pemuda bernama Tim Goodman.Tim dan Pikachu memulai petulangan untuk mencari misteri hilangnya ayah dari Tim.

Film ini berhasil meraih pendapatan sebesar 433 juta dolar.

3. Rampage 

https://www.youtube.com/embed/coOKvrsmQiI

Film yang dirilis pada tahun 2018 ini mengadaptasi dari game populer era 80-an dengan judul yang sama. Menceritakan tentang seorang ahli primatologi bernama David Okoye, yang merawat gorila albino bernama George sedari kecil.

George adalah gorila yang cerdas dan memiliki ikatan batin yang kuat dengan David. Namun, George bersama dengan dua binatang lainnya, Ralph si serigala dan Lizzie si buaya terkena infeksi dari sebuah eksperimen misterius.

Dampak dari infeksi itu, menjadikan ketiga hewan itu ganas dan berukuran raksasa. Tentu saja, David gak tinggal diam untuk mencari cara untuk menghentikan dan mengembalikan ketiga hewan itu, terutama George.

Total pendapatan dari film ini sebesar 428 juta dolar.

4. The Angry Birds Movie 

https://www.youtube.com/embed/QRmKa7vvct4

Siapa yang pernah main Angry Birds? Si burung merah yang pemarah bersama kawan-kawannya, diadaptasi dalam film yang dirilis pada tahun 2016. Dalam film ini menceritakan tentang Red si burung merah, Chuck dan Bomb berusaha menyelamatkan pulau dari para babi.

Para babi itu awalnya disambut oleh para burung, namun kemudian ternyata para babi memiliki maksud tersembunyi, yaitu mencuri telur-telur mereka. Red bersama dengan dua temannya, Chuck dan Bomb mencari cara untuk mengalahkan para babi. Termasuk mengajak Mighty Eagle, satu-satunya burung yang bisa terbang dan merupakan pelindung pulau.

Film ini berhasil meraih pendapatan sekitar 353 juta dolar.

5. Prince of Persia: The Sands of Time

https://www.youtube.com/embed/bZ7Li5w2I-k

Film bergenre fantasi yang dirilis pada tahun 2010, menceritakan Dastan, seorang anak jalanan yang kemudian diangkat sebagai pangeran karena aksi heroiknya. Namun setelah bertahun-tahun, Dastan kabur dari kerajaan, karena dirinya dituduh menyebabkan sang raja meninggal.

Dastan yang kabur bersama Tamina, kemudian berusaha mengungkap pengkhianatan di kerajaan melalui perjalanan waktu kembali ke masa lalu. Dastan juga harus berusaha mengembalikan jam pasir dan mencegah orang-orang berniat jahat untuk menguasai jam pasir.

Karena jam pasir itu menurut legenda memiliki kekuatan untuk mengembalikan waktu. Jika berada di orang yang baik, maka menjadi kemakmuran. Namun jika berada di tangan orang yang jahat, maka keruntuhan dan kehancuran akan terjadi.

Total pendapatan yang berhasil didaptkan dari film Prince of Persia: The Sands of Time sebanyak 336 juta dolar.

Baca Juga: 5 Film Unik yang Mengisahkan Seluk-beluk Pembuatan Film

6. Resident Evil: The Final Chapter

https://www.youtube.com/embed/79Sd4GtOXuI

Film ini dirilis pada tahun 2016 dan diadaptasi berdasarkan franchise game dengan judul yang sama. Seri terakhir dalam Resident Evil ini menceritakan tentang Alice yang kembali ke tempat Umbrella Coorporation di The Hive in Raccon City.

Umbrella Coorporation merupakan biang masalah dari virus zombi. Dalam menghadapi Umbrella Coorporation, Alice sempat kehilangan kekuatannya. Belum lagi dirinya juga menghadapi mutan yang bermunculan. Dalam menghadapinya, Alice dibantu oleh beberapa manusia yang tersisa.

Resident Evil: The Final Chapter berhasil meraih pendapatan sebesar 315 juta dolar.

7. Battleship 

https://www.youtube.com/embed/JpoabtbEJOI

Dirilis pada tahun 2012, Battleship merupakan film yang bergenre fiksi petulangan. Battleship menceritakan tentang alien yang menyerang bumi. Pada awalnya, benda asing mirip kapal alien muncul di berbagai negara.

Kapal-kapal alien yang canggih itu menghancurkan segalanya dan banyak korban berjatuhan. Armada angkatan laut internasional, menjadi satu-satunya pertahanan. Namun hanya menyisakan satu kapal canggih yang kemudian dikemudikan oleh Alex Hooper, berusaha untuk mengusir alien dari Bumi.

Total pendapatan dari film ini sekitar 314 juta dolar.

8. Sonic The Hedgehog

https://www.youtube.com/embed/szby7ZHLnkA

Trailer film ini sempat mendapat reaksi negatif, karena menampilkan karakter Sonic yang gak sesuai dengan ekspetasi penggemar. Akibatnya, film ini tertunda tiga bulan untuk mendesain ulang karakter Sonic. Pada tahun 2020, Sonic The Hedgehog ini dirilis dan tentu karakter Sonic sudah didesain ulang.

Sonic The Hedgehog menceritakan tentang Sonic si landak biru yang memiliki kecepatan supersonik. Sonic berusaha melarikan diri dari suku Echidnas, karena dirinya tahu akan digunakan oleh suku itu untuk memperoleh kekuasaan.

Di bumi, Sonic lagi-lagi membuat masalah karena dirinya gak sengaja mengeluarkan energi yang membuat seluruh kota padam, menyebabkan dirinya kembali menjadi buron. Untuk itu, Sonic meminta bantuan pada seorang Sheriff yang bernama Tom Wacohwski dan istrinya, Maddie yang merupakan dokter hewan.

Total pendapatan dari film Sonic The Hedgehog sebesar 306 juta dolar.

9. Resident Evil: Afterlife 

https://www.youtube.com/embed/SRRN6MvCdeg

Resident Evil: Afterlife merupakan film yang dirilis pada tahun 2010. Dalam seri yang keempat ini, Alice berusaha untuk mencari tempat yang aman dari serangan para zombie. Tempat yang dimaksud adalah Arcadia.

Arcadia ternyata adalah sebuah kapal bunker yang letaknya dapat berpindah-pindah. Dalam perjalanan, Alice juga menyelamatkan manusia yang masih selamat. Bahkan menyelamatkan manusia yang ada di penjara, namun dikelilingi zombi!

Total pendapatan yang diraih film ini sekitar 296 juta dolar.

10. Tomb Raider 

https://www.youtube.com/embed/8ndhidEmUbI

Film yang diadaptasi dari game dengan judul sama, merupakan film daur ulang dari film Lara Croft: Tomb Raider pada tahun 2001. Film yang dirilis pada tahun 2018 ini mengisahkan cerita yang sama, namun menyajikan suasana yang baru.

Menceritakan tentang gadis muda bernama Lara memulai petualangan yang penuh aksi dan menegangkan. Lara berjuang hidup sendiri dalam lingkungan yang kejam. Karena Lara memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dirinya bertemu dengan pejabat penting Croft Holding bernama Ana Miler, yang mempunyai proyek rahasia.

Sejak pertemuan dengan Ana itulah kehidupan Lara berubah. Pertemuan ini malah membuat Lara semakin terseret lebih dalam dan harus memecahkan misteri serta menghadapi bahaya yang gak terduga. Film ini pun berhasil meraih pendapatan sekitar 274 juta dolar.

Itulah sepuluh film terlaris adaptasi dari game dengan pendapatan tertinggi. Dari sepuluh film di atas, mana yang sudah kamu tonton dan paling favorit menurut kamu?

Baca Juga: 8 Refrensi Film yang Pernah Dibintangi Tara Basro, Ada Film Favoritmu?

Arif Rahmanto Photo Verified Writer Arif Rahmanto

pecinta kopi panas dan es teh manis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya