Comscore Tracker

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidup

Mana yang menurutmu paling menarik? #WaktunyaKorea

Film Korea Selatan selalu mengusung berbagai macam genre yang tentunya enggak membosankan dan membuat sebuah film terkesan hidup. Salah satu genre yang paling menarik dan banyak diminati oleh penonton adalah genre survival. Entah itu bertahan hidup dari bencana, wabah, atau pun pembunuh yang mengancam nyawa sang pemeran utama.

Di bawah ini, ada sepuluh film Korea Selatan yang menceritakan perjuangan untuk bertahan hidup dalam situasi yang enggak menyenangkan. Yuk, simak, guys!

1. The Call (2020)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupheavenofhorror.com

Seo Yeon (Park Shin Hye) merupakan seorang wanita yang hidup di masa sekarang. Enggak sengaja, Seo Yeon menemukan sebuah telepon tua di rumah masa kecilnya. Dengan menggunakan telepon tua tersebut, Seo Yeon berhubungan dengan seorang wanita yang hidup di masa lalu, yaitu Young Sook (Jun Jong Seo). Seo Yeon dan Young Sook pun menjalin hubungan sebagai teman yang baik. Seo Yeon meminta Young Sook untuk menyelamatkan ayahnya di masa lalu.

Sebagai imbalan, Young Sook meminta Seo Yeon untuk mencari keadaan Young Sook di masa sekarang. Akibatnya, Young Sook mengetahui fakta bahwa di masa sekarang dirinya enggak hidup dengan baik. Oleh karena itu, Young Sook pun berniat membalas dendam dan hidup Seo Yeon serta keluarganya pun terancam. Seo Yeon pun berusaha untuk bertahan hidup serta menyelamatkan keluarganya.

2. #Alive (2020)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Dibintangi oleh Yoo Ah In dan Park Shin Hye, #Alive menceritakan tentang mewabahnya sebuah virus dan mengubah manusia menjadi seperti zombie. Oh Joon Woo (Yoo Ah In) merupakan seorang gamer yang tinggal di rumah sendirian karena ayah dan ibunya sedang bekerja, sementara adiknya sedang bersekolah. Saat itulah kerusuhan terjadi akibat wabah tersebut. Semua internet dimatikan sehingga Joon Woo kesulitan menghubungi orang tuanya.

Saat Joon Woo mendapat telepon dari ibunya, Joon Woo malah mendengar semua keluarganya digigit oleh para zombie. Oleh karena itu, Joon Woo memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Namun, saat sedang mencoba gantung diri, Joon Woo melihat cahaya yang diarahkan oleh Kim Yoo Bin (Park Shin Hye) yang membuat Joon Woo memiliki keinginan untuk tetap bertahan hidup.

Kim Yoo Bin merupakan orang yang juga selamat yang tinggal di seberang apartemen Joon Woo. Akhirnya, Joon Woo dan Yoo Bin memutuskan untuk berjuang bersama agar tetap bertahan hidup.

3. Time to Hunt (2020)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Time to Hunt mengambil latar waktu di masa depan, ketika krisis sudah terjadi di mana-mana. Di tengah krisis yang terjadi, Joon Seok (Lee Je Hoon) berencana untuk pergi meninggalkan kota tersebut. Joon Seok bersama teman-temannya, yaitu Ki Hoon (Choi Woo Shik), Jang Ho (Ahn Jae Hong), dan Sang Soo (Park Jung Min) merencanakan pencurian besar-besaran di sebuah tempat judi ilegal terbesar di Korea Selatan.

Namun, rencana mereka enggak berjalan dengan lancar, mereka enggak sengaja mencuri sesuatu yang sangat penting untuk tempat perjudian tersebut. Oleh karena itu, mereka pun dikejar oleh seorang pembunuh bayaran bernama Han (Park Hae Soo). Mereka terpaksa harus bersembunyi dan kabur untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: Sadis, Ini 5 Film Kriminal Korea Berdasarkan Kisah Nyata yang Terjadi

4. Peninsula (2020)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Meskipun memiliki alur dan cerita yang berbeda, Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train to Busan. Warga Korea Selatan yang selamat dari wabah zombie diungsikan ke berbagai negara tetangga. Jung Suk (Kang Dong Won) dan keluarga kakaknya ikut mengungsi ke Hong Kong.

Namun, saat berada di kapal, kakak dan keponakannya malah terinfeksi dan berubah menjadi zombie. Setelah empat tahun tinggal di Hong Kong bersama kakak iparnya sebagai pengungsi, Jung Suk dan kakak iparnya kembali ke Korea Selatan untuk menyelesaikan sebuah misi, yaitu mengambil truk yang berisi uang.

Di sana, mereka malah diserang zombie dan Jung Suk diselamatkan oleh Joon Yi (Lee Re) dan Yoo Jin (Lee Ye Won), sedangkan kakak iparnya diam di dalam truk dan malah tertangkap oleh komplotan Kapten Hwang (Kim Min Jae). Jung Suk pun bertemu dengan Min Jung (Lee Jung Hyun) dan menceritakan semua yang terjadi. Akhirnya, mereka berusaha untuk menemukan truk itu lagi agar bisa mengungsi dan menyelamatkan diri.

5. Exit (2019)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Yong Nam (Jo Jung Suk) memiliki hobi panjat tebing dan semasa kuliahnya adalah anggota dari klub panjat tebing. Ibu Yong Nam merayakan ulang tahunnya yang ke-70 tahun di sebuah gedung. Di sana, Yong Nam bertemu dengan Eui Joo (Yoona), gadis yang Yong Nam sukai dan juga merupakan anggota klub panjat tebing.

Di sisi lain, seorang pria misterius membocorkan sebuah tangki truk yang berisi gas beracun sehingga gas tersebut mulai menyebar ke seluruh penjuru kota. Yong Nam pun berusaha menyelamatkan keluarganya dari gas beracun tersebut. Semua orang yang ada di gedung tersebut berusaha untuk naik ke atap gedung agar mendapat bantuan helikopter. Sayangnya, pintu atap gedung malah terkunci dan kuncinya tertinggal di lantai bawah yang sudah terkontaminasi gas beracun.

Dengan menggunakan kemampuan panjat tebingnya, Yong Nam pun berusaha membuka pintu tersebut. Namun, bantuan itu enggak muat untuk semua orang yang ada di gedung. Akhirnya, Yong Nam dan Eui Joo pun mengalah untuk menunggu bantuan lainnya datang.

Gas beracun semakin menyebar sehingga Yong Nam dan Eui Joo harus pergi ke tempat yang lebih tinggi lagi. Yong Nam dan Eui Joo pun memanfaatkan kemampuan panjat tebing mereka untuk pergi ke tempat yang lebih tinggi dan mendapatkan bantuan.

6. Ashfall (2019)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Erupsi Gunung Baekdu mengancam kehancuran kawasan semenanjung Korea. Seorang pejabat pemerintah, Jeon Yoo Kyung (Jeon Hye Jin) meminta Kang Bong Rae (Ma Dong Seok) yang merupakan seorang peneliti Gunung Baekdu untuk mencari solusi agar kerusakan yang ditimbulkan dapat diperkecil.

Untuk melakukan rencana sesuai teori Kang Bong Rae, dibentuk sebuah pasukan khusus yang akan pergi ke Korea Utara untuk menyelesaikan sebuah misi. Pasukan tersebut dipimpin oleh Jo In Chang (Ha Jung Woo) yang merupakan seorang pakar ledakan. Jo In Chang terpaksa harus meninggalkan istrinya, Choi Ji Young (Bae Suzy), yang sedang hamil.

Karena kecelakaan, hanya pasukan Jo In Chang saja yang mampu sampai ke Korea Utara. Di sana, ia menemukan Lee Joon Pyeong (Lee Byung Hun) yang dulunya merupakan anggota Kementerian Angkatan Bersenjata Korea Utara dan merupakan kunci penting untuk menyelesaikan misi tadi. Setelah beberapa perseteruan, akhirnya mereka pun bekerja sama untuk menyelesaikan misi dan menemukan solusi dari erupsi Gunung Baekdu.

7. Rampant (2018)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Lee Chung (Hyun Bin) adalah seorang Pangeran Joseon yang berada di Dinasti Qing. Lee Chung merupakan seorang pendekar pedang yang handal. Kakaknya, Lee Young, akan segera naik takhta. Namun, penasihat kerajaan Kim Ja Joon (Jang Dong Gun) malah menuduh Lee Young melakukan pemberontakan dan akhirnya Lee Young pun bunuh diri. Setelah itu, pasukan Kim Ja Joon menyerang kapal orang Eropa dan malah diserang oleh sekumpulan zombie.

Di sisi lain, Lee Chung kembali ke Joseon atas permintaan Kakaknya. Baru saja sampai di Joseon bersama pengawalnya, Lee Chung malah diserang oleh anak buah Ja Joon. Pertempuran tersebut mengundang para zombie dan Lee Chung beserta pengawalnya berhasil diselamatkan oleh warga. Seorang prajurit meminta Lee Chung untuk segera naik takhta sebelum Ja Joon membawa kehancuran bagi Dinasti Joseon.

8. Train to Busan (2016)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Seok Woo (Gong Yoo) merupakan seorang ayah yang tinggal besama anaknya, Soo An (Kim Soo Ahn). Satu hari sebelum berulang tahun, Soo An ingin bertemu dengan ibunya yang ada di Busan dan Seok Woo pun menuruti keinginan anaknya. Pagi harinya, Seok Woo dan anaknya pun pergi ke Busan dengan menaiki kereta dari stasiun Seoul. Di samping itu, terjadi kerusuhan yang diakibatkan oleh menyebarnya virus yang membuat orang terinfeksi berperilaku seperti zombie.

Lalu, ada satu orang terinfeksi yang lompat ke dalam kereta menuju Busan dan ia pun menginfeksi penumpang kereta tersebut. Banyak orang terinfeksi di dalam kereta dan menyebabkan kerusuhan. Seok Woo dan penumpang lainnya pun berusaha untuk menyelamatkan diri dan tetap bertahan hidup.

9. Tunnel (2016)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupsoompi.com

Lee Jung Soo (Ha Jung Woo) memiliki seorang istri bernama Se Hyun (Bae Doo Na) dan seorang anak perempuan. Jung Soo berencana pulang ke rumahnya untuk merayakan ulang tahun anaknya. Namun, saat melewati sebuah terowongan, terjadi kecelakaan. Terowongan yang dilewati Jung Soo ambruk dan menimpa semua yang ada di bawahnya.

Saat Jung Soo sadar, ia terjebak di dalam mobil yang ada di bawah reruntuhan terowongan. Jung Soo pun segera menelpon untuk meminta pertolongan. Di dalam mobilnya, Jung Soo hanya memiliki kue ulang tahun anaknya, dua botol air, dan handphone-nya. Dibantu oleh Dae Kyung (Oh Dal Su) yang merupakan kepala tim penyelamat, Jung Soo pun berusaha bertahan hidup dan keluar dari terowongan tersebut.

10. Pandora (2016)

Ini 10 Film Korea yang Menceritakan Perjuangan untuk Bertahan Hidupasianwiki.com

Jae Hyeok (Kim Nam Gil) dan teman-temannya bekerja di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir yang ada di dekat desanya. Jae Hyeok berkencan dengan Yeon Joo (Kim Joo Hyun) dan tinggal bersama ibu (Kim Young Ae), kakak ipar (Moon Jeong Hee), dan keponakannya (Bae Gang Yoo). Kondisi PLTN tersebut belum stabil, tetapi pemerintah malah memaksakan untuk menjalankan PLTN tersebut. Pyung Sub (Jung Jin Young) yang juga merupakan pekerja di PLTN tersebut melaporkan kondisi yang sebenarnya kepada Presiden.

Namun, pemerintah pun malah enggak peduli dan menganggap remeh dengan apa yang terjadi di PLTN. Gempa bumi terjadi, menyebabkan pendingin di PLTN tersebut bocor sehingga terjadi ledakan yang memakan banyak korban jiwa. Oleh karena itu, radiasi dari PLTN tersebut menyebar dan membuat warga panik serta terjadi kerusuhan. Untuk mencegah bencana nuklir lainnya, Jae Hyeok dan rekan kerja lainnya kembali ke PLTN tersebut dan berusaha menangani kebocoran.

Nah, itulah sepuluh film Korea Selatan yang menceritakan perjuangan bertahan hidup. Mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: Seru Banget, 9 Film Korea Ini Pernah Dipromosikan di Running Man

Arli Siti Nurlaila Photo Writer Arli Siti Nurlaila

Menulis untuk mengembangkan diri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya