Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Film Biografi yang Sarat Wawasan Baru! 

Sudah nonton belum nih?

Salah satu kegiatan yang paling meyenangkan adalah menonton film. Saat ini terdapat berbagai macam genre film, salah satunya film biografi. Tak hanya menampilkan keseruan dengan jalan cerita yang dimiliki, film biografi juga kaya akan wawasan dan pengetahuan baru dari orang-orang terkenal.

Dalam film biografi, kalian dapat mengeksplorasi lebih jauh mengenai tokoh-tokoh penting di berbagai belahan dunia dalam mengatasi kesulitan serta proses yang dihadapi untuk meraih kesuksesan, dan juga sekaligus membuka wawasan baru dalam melihat latar belakang budaya dan sejarah dunia. Berikut adalah rekomendasi 5 film biografi yang serat akan wawasan baru! 

1. Lincoln

https://www.youtube.com/embed/KJVuqYkI2jQ

Film yang disutradai oleh Steven Spielberg bercerita mengenai seorang tokoh besar Amerika Serikat, yang perjuangannya tidak hanya untuk masyarakat Amerika Serikat saja. Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke-16 yang lahir pada tahun 1809 ini sangat memperjuangkan sebuah gagasan mengenai penghapusan sistem perbudakan di seluruh negara bagian AS.

Pada saat itu menghapus sistem perbudakan dinilai sangat merugikan para tuan tanah yang memiliki ribuan budak. Akhirnya, terdapat aliansi yang menolak penghapusan ini yang melakukan pemberontakan kepada negara. Penasaran tentang bagaimana cara Lincoln mengatasinya? Yuk, segera tonton!  

2. Gandhi

https://www.youtube.com/embed/B7I6D3mSYTE

Nama Mahatma Gandhi mungkin sudah tak asing di telinga kalian. Film yang disutradai oleh Richard Attenborough bercerita mengenai Mahatma Gandhi, sosok Bapak India yang merintis gerakan anti-imprealisme dan anti-kolonialisme di Afrika Selatan dan di India. Mahatma Gandhi juga merupakan seorang ikon gerakan perdamaian pada abad 20 yang menginspirasi negara-negara terjajah untuk memperjuangkan kemerdekaannya.  

Secara keseluruhan, film ini menceritakan perjuangan hidup Gandhi dalam melawan penjajahan, hingga berhasil membawa India menjadi negara yang merdeka. Dalam film ini, tokoh Gandhi diperankan oleh Sir Ben Kingsley. Film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton! 

3. Einstein & Eddington

https://www.youtube.com/embed/xR-iC7Ut7eg

Film Einstein dan Eddington ini berkisah tentang persahabatan keduanya, dua ilmuan besar yang sedang dilanda konflik. Einsten yang berasal dari Jerman, sedang Eddington yang berasal dari Inggris. Secara keseluruhan film ini menceritakan tentang bagaimana perjalanan antara Einstein dan Eddington dalam merumuskan teori fisika baru, yaitu teori realivitas.

Banyak banget wawasan yang kalian dapatkan setelah menonton film ini. Dalam film ini juga akan dibawai untuk memaknai bahwa ilmu pengetahuan adalah sebuah kebenaran. 

Baca Juga: 5 Film Biografi Tahun 2018 yang Menarik dan Penuh Makna

4. Mandela: A Long Walk to Freedom

https://www.youtube.com/embed/GAglZjX3HOk

Film biografi ini bercerita tentang sosok Nelson Mandela, legenda pejuang hak asasi manusia, revolusioner anti-apartheid, penyamaan ras dan sekaligus presiden Afrika Selatan. Film ini menceritakan bagaimana Nelson Mandela melawan penindasan apherteid. Apherteind sendiri adalah segregasi ras dan diskriminasi terhadap manusia berdasarkan kulit berwarna. Dimana, warga kulit hitam mendapatkan hak dan perlakuan hukum yang berbeda dengan warga kulit putih. 

Film yang diperankan oleh Idris Elba ini sangat wajib kalian tonton. Banyak wawasan baru tentang bagaimana perjuangan Mandela hingga Ia dinobatkan menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan setelah diasingkan dan dipenjarakan selama 27 tahun. 

5. A Beautiful Mind

https://www.youtube.com/embed/9wZM7CQY130

A Beautiful Mind merupakan film biografi yang diangkat dari kisah hidup John Nash. John Nash adalah ahli matematika genius sekaligus peraih penghargaan Nobel dalam bidang ekonomi yang memiliki gangguan psikologis Skizofrenia. Gangguan ini membuatnya sering berhalusinasi dan menciptakan tiga tokoh yang ternyata hanya khayalannya saja.

Tentunya, keadaan ini membuatnya seringkali dibayangi ketakutan dan kesulitan berpikir secara rasional. Hingga akhirnya membuat Nash harus dirawat di rumah sakit hingga lebih dari 9 tahun. Penasaran dengan kisah Nash hingga bisa mendapatkan Nobel? Yuk, tonton! 

Nah itulah rekomendasi 5 film biografi yang serat akan wawasan baru yang wajib kalian tonton. Dari kelima film di atas, judul film mana nih yang sudah kamu tonton berkali-kali?

Baca Juga: Tayang Desember, Ini 5 Fakta Film Biografi 'Mary, Queen of Scots'

Armita Dewi Cahyanti Photo Community Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You