Comscore Tracker

5 Fakta Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Itachi Uchiha di Naruto

Apakah betul kekuatan Itachi setara dengan Jiraiya?

Itachi Uchiha selalu menjadi karakter yang misterius dalam seri Naruto. Pada awalnya, Itachi sangat dibenci karena dirinya diperkenalkan sebagai penjahat yang sudah membantai klannya sendiri. Namun, Itachi mulai mendapatkan simpati dari banyak penggemar setelah rahasianya terbongkar saat kematiannya.

Meskipun rahasia tentang pembantaian klan Uchiha sudah lama terungkap, ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang Itachi. Nah, berikut ini adalah lima fakta yang mungkin tidak kamu ketahui tentang Itachi Uchiha.

Penasaran apa saja faktanya? Simak ulasan berikut, ya!

1. Itachi memiliki rival di masa kecil

5 Fakta Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Itachi Uchiha di Narutoilustrasi karakter Itachi Uchiha dan Tenma Izumo (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Sama seperti adiknya, Sasuke Uchiha, Itachi juga memiliki rival saat dirinya masih Genin. Rival Itachi adalah rekan satu timnya, yaitu Tenma Izumo. Hubungan Itachi dan Tenma dimulai ketika Tenma merundung Itachi karena dirinya percaya bahwa klan Uchiha bertanggung jawab atas serangan Kyubi di Konoha.

Setelah Itachi dan Tenma menjadi Genin, keduanya disatukan dalam Tim 2 yang dipimpin oleh Yuki Minazuki. Di sanalah mereka memulai persaingannya. Sayangnya, dalam misi pengawalan Daimyo dari Tanah Api, Tenma dibunuh oleh Obito Uchiha yang saat itu masih dikenal sebagai Tobi. Kematian Tenma akhirnya menjadi pemicu bagi Itachi untuk mengaktifkan Sharingan untuk pertama kalinya.

2. Itachi secara diam-diam menyukai seorang gadis

5 Fakta Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Itachi Uchiha di Narutoilustrasi karakter Itachi Uchiha dan Izumi Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Mengingat Itachi adalah sosok yang serius dan dingin, beberapa penggemar mungkin beranggapan bahwa Itachi tidak begitu tertarik dengan wanita. Meskipun begitu, Itachi sebenarnya memiliki gadis yang sangat ia cintai, yaitu Izumi Uchiha.

Sejarah Izumi memiliki dua versi yang berbeda dalam versi manga dan animenya. Dalam manga, Izumi mulai menyukai Itachi karena Itachi adalah anak yang sangat populer di Akademi Ninja. Hingga pada pembantaian klan Uchiha, Izumi menjadi orang pertama yang dibunuh oleh Itachi. Sebelum membunuhnya, Itachi menggunakan Tsukuyomi untuk memberikan ilusi kepada Izumi. Dalam ilusi tersebut, Izumi menjalani kehidupan yang bahagia bersama Itachi, dimana mereka menikah, memiliki anak, dan menua bersama.

Sementara itu, Izumi sudah mengenal Itachi sejak mereka kecil dalam versi animenya. Itachi juga merupakan orang yang membantu Izumi ketika Kurama mengamuk di desa. Pada pembantaian klan Uchiha, Itachi meminta bantuan kepada Tobi untuk membunuh Izumi.

Baca Juga: Itachi Uchiha vs. Jiraiya, Siapa yang Lebih Kuat?

3. Itachi dapat mengeluarkan jurus dengan satu tangan

5 Fakta Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Itachi Uchiha di Narutoilustrasi karakter Itachi Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Sebagai salah satu ninja terkuat di Konoha, Itachi adalah salah satu dari sedikit ninja yang dapat mengeluarkan jurus hanya dengan satu tangan. Meskipun terdengar sederhana, kemampuan ini adalah kemampuan yang sangat berguna dan tidak semua ninja bisa melakukannya.

Dengan kemampuan ini, Itachi dapat menggunakan dua jurus sekaligus sehingga menciptakan kombo yang sangat berbahaya. Selain itu, Itachi juga dapat mengeluarkan jurus sambil memegang senjata.

4. Kekuatan Itachi setara dengan Jiraiya

5 Fakta Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Itachi Uchiha di Narutoilustrasi karakter Jiraiya (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Itachi dan Jiraiya adalah dua ninja terkuat yang berasal dari Konoha. Jika keduanya bertarung, pertarungan tersebut mungkin akan berakhir dengan hasil seri. Pasalnya, menurut Naruto: The Official Character Data Book, Itachi dan Jiraiya memiliki skor yang sama dalam penggunaan ninjutsu, genjutsu, dan taijutsu. Hal ini dapat diartikan bahwa Itachi dan Jiraiya memiliki kekuatan yang setara.

Itachi memang pernah bertarung melawan Jiraiya ketika dirinya dan Kisame mencoba untuk menculik Naruto. Namun, Itachi memutuskan untuk melarikan diri pada saat itu. Hal tersebut cukup masuk akal karena Itachi mungkin mengetahui bahwa Jiraiya sama kuatnya dengan dirinya.

5. Masa kecil Itachi

5 Fakta Mungkin Tidak Kamu Ketahui tentang Itachi Uchiha di Narutoilustrasi karakter Itachi Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Para penggemar mungkin memang sudah mengetahui motivasi Itachi melakukan pembantaian klan Uchiha. Selain untuk melindungi desa dan adiknya, Itachi juga sebenarnya dimotivasi oleh rasa traumanya terhadap peperangan. Hal tersebut diungkapkan pada novel spin-off Naruto yang berjudul Itachi's Story: Daylight.

Saat dirinya masih berusia 4 tahun, Itachi pernah terjebak di medan peperangan. Setelah melihat salah satu prajurit musuh yang terluka, Itachi mencoba membantu prajurit tersebut dengan memberinya air. Namun, Itachi harus membunuh prajurit tersebut sebagai gantinya.

Ayah Itachi, Fugaku Uchiha, menganggap hal tersebut diperlukan untuk melatih mentalnya sebagai seorang ninja. Namun, pada faktanya, hal tersebut malah membuat Itachi merasa trauma. Itachi bahkan sempat memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Namun, dirinya berubah pikiran setelah mengetahui bahwa ia akan memiliki seorang adik.

Karakter Itachi Uchiha memang selalu diselimuti oleh aura misterius. Maka dari itu, penggemar sering melewatkan detail kecil pada karakter yang satu ini. Jadi, bagaimana pendapatmu tentang kakak dari Sasuke Uchiha ini?

Baca Juga: 5 Karakter yang Cocok Menjadi Partner Uchiha Itachi

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya