Comscore Tracker

5 Penjahat Anime Ini Berlatar Belakang Tragis, Tapi Tetap Bikin Benci

Karena keterlaluan, latar belakang mereka jagak bikin empati

Dalam dunia anime, tidak semua karakter antagonis selalu dibenci oleh penggemar. Pasalnya, ada beberapa karakter penjahat dalam anime yang hanya menjadi korban latar belakang. Karakter-karakter seperti ini biasanya lebih mendapatkan simpatidan empati dari penggemar, alih-alih dibenci.

Karena kejahatannya yang sudah keterlaluan, kelima karakter penjahat di bawah ini tetap dibenci oleh penggemar. Meskipun, mereka sebenarnya memiliki latar belakang yang cukup tragis.

Penasaran siapa saja karakternya? Simak ulasan berikut.

1. Danzo Shimura (Naruto)

5 Penjahat Anime Ini Berlatar Belakang Tragis, Tapi Tetap Bikin Benciilustrasi karakter Danzo Shimura (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Tak diragukan lagi bahwa Danzo adalah penjahat yang paling dibenci dalam seri Naruto. Danzo bertanggung jawab atas banyak peristiwa tragis yang terjadi di Konoha, salah satunya adalah pembantaian klan Uchiha. Danzo mulai menjadi jahat karena dirinya tidak dapat mengatasi rasa takutnya.

Ketika Tobirama dan pasukannya terkepung pada Perang Shinobi Pertama, Danzo ingin mengajukan dirinya sebagai umpan agar timnya dapat melarikan diri. Namun, Danzo ketakutan sehingga dirinya tidak dapat berkata apa-apa. Hingga akhirnya Hiruzen mengajukan diri dan hal tersebut membuatnya dipilih untuk menjadi Hokage selanjutnya.

Hal tersebut akhirnya membuat kebencian Danzo terhadap Hiruzen memuncak, sehingga dirinya melakukan apa saja untuk merebut posisi Hiruzen sebagai Hokage.

2. Doflamingo Donquixote (One Piece)

5 Penjahat Anime Ini Berlatar Belakang Tragis, Tapi Tetap Bikin Benciilustrasi karakterDoflamingo Donquixote (dok. Crunchyroll/One Piece)

Doflamingo Donquixote adalah antagonis utama pada arc Dressrosa sekaligus salah satu penjahat paling kejam dalam seri One Piece. Terlepas dari kejahatannya, Doflamingo sebenarnya dilahirkan sebagai seorang bangsawan.

Namun, suatu hari, ayahnya memutuskan untuk melepaskan gelar kebangsawanannya dan hidup sebagai orang biasa. Hal ini akhirnya membuat Doflamingo mengalami penderitaan yang seharusnya tidak ia alami. Doflamingo yang saat itu masih kecil melihat keluarganya diburu dan rumahnya dibakar hanya karena keluarganya adalah mantan bangsawan.

Pengalaman traumatis tersebut akhirnya membuat Doflamingo membenci manusia, sehingga membentuknya menjadi penjahat yang mengerikan.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Menjadi Penjahat Karena Cinta

3. Envy (Fullmetal Alchemist)

5 Penjahat Anime Ini Berlatar Belakang Tragis, Tapi Tetap Bikin Benciilustrasi karakterEnvy (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Envy adalah salah satu Homunculus paling kejam yang diciptakan oleh Father. Envy bertanggung jawab atas kematian Maes Hughes dan terus menyombongkan pembunuhan tersebut kepada siapa saja yang mengenal Hughes. Memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia, Envy selalu menganggap bahwa Homunculus jauh lebih baik dari manusia.

Meskipun begitu, Envy sebenarnya hanya iri kepada manusia karena dirinya diciptakan sebagai Homunculus. Envy tidak bisa merasakan bagaimana rasanya hidup seperti manusia. Envy juga selalu mengatakan bahwa kasih sayang adalah sumber kelemahan manusia. Namun, Envy sebenarnya hanya iri karena dirinya tidak dapat merasakan hangatnya kasih sayang layaknya manusia pada umumnya.

4. Theo Magath (Attack on Titan)

5 Penjahat Anime Ini Berlatar Belakang Tragis, Tapi Tetap Bikin BenciCuplikan saat karakter Magath memanggil pasukannya. (dok. Netflix/Attack on Titan)

Theo Magath dikenal karena sikap diskriminatifnya terhadap orang-orang Eldia di Marley. Magath juga merupakan seorang yang rasis, dimana dirinya selalu memandang rendah orang-orang Eldia. Namun, hal tersebut disebabkan karena ketakutannya terhadap ancaman Eldian.

Eldian memiliki darah yang dapat mengubah diri mereka menjadi Titan. Hal ini membuatnya ketakutan bahwa kekuatan ini akan menghancurkan dunia. Ketakutannya akhirnya terjadi ketika Eren memulai Rumbling dan menghancurkan Marley hingga tidak ada yang tersisa.

5. Kaisar Makoto (Akame ga Kill!)

5 Penjahat Anime Ini Berlatar Belakang Tragis, Tapi Tetap Bikin Benciilustrasi karakter Kaisar Makoto (dok. Crunchyroll/Akame ga Kill!)

Meskipun Kaisar adalah orang yang bertanggung jawab atas kekaisaran yang ia pimpin, Kaisar tidak dapat sepenuhnya disalahkan atas apa yang terjadi di kekaisarannya. Di usianya yang masih sangat muda, Kaisar sudah harus memimpin sebuah negara, setelah kedua orang tuanya meninggal secara mendadak.

Karena tidak tahu harus berbuat apa, Kaisar hanya mengikuti apa yang dikatakan oleh Perdana Menteri Honest. Alih-alih memajukan negaranya, Kaisar malah membuat negaranya semakin bobrok. Meskipun dirinya dibenci karena apa yang sudah ia lakukan terhadap negaranya, Kaisar tidaklah lebih dari seorang anak polos yang dimanfaatkan oleh seseorang yang busuk.

Itulah lima penjahat anime dengan latar belakang yang tragis, tapi tetap dibenci oleh penggemar. Bagaimana pendapatmu tentang kelima karakter anime di atas? Menurutmu, apakah kelima karakter di atas juga termasuk korban latar belakang?

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Bisa Mencuri dan Meniru Kemampuan Orang Lain

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya