Comscore Tracker

Naruto: 5 Alasan Mengapa Zetsu Adalah Penjahat Terburuk

Zetsu bertanggung jawab atas kematian banyak orang!

Zetsu adalah salah satu antagonis terbesar yang pernah muncul dalam seri ini. Zetsu pertama kali diperkenalkan sebagai salah satu anggota Akatsuki. Menjelang akhir seri, terungkap bahwa Zetsu memiliki peran yang jauh lebih besar ketimbang sekadar bawahan Pain.

Zetsu sendiri diciptakan oleh Kaguya Otsutsuki dengan tujuan untuk menghidupkannya kembali, setelah Kaguya disegel oleh kedua putranya, yaitu Hagoromo dan Hamura. Kali ini, penulis sudah merangkum lima alasan mengapa Zetsu adalah penjahat terburuk yang pernah ada dalam anime ini. Simak ulasan berikut.

1. Memanipulasi Indra Otsutsuki

Naruto: 5 Alasan Mengapa Zetsu Adalah Penjahat TerburukIndra Otsutsuki (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Zetsu bertanggung jawab atas persaingan abadi antara Indra dan Asura. Indra dan Asura sendiri adalah anak dari sang Dewa Shinobi, Hagoromo Otsutsuki. Indra dikatakan lebih berbakat dari Asura sehingga banyak orang yang percaya bahwa Hagoromo akan mewariskan posisinya kepada Indra.

Namun, Hagoromo ternyata memiliki keputusan lain. Sebaliknya, Hagoromo justru menyerahkan takhtanya kepada Asura. Di sana, Zetsu Hitam kemudian muncul dan mengompori persaingan antara Indra dan Asura. Termakan oleh ucapan Zetsu, Indra kemudian memutuskan untuk berperang dengan Asura, tetapi dirinya kalah.

Hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi masa depan dunia shinobi karena Indra dan Asura terus melanjutkan persaingan mereka bahkan setelah mereka mati dan dilahirkan kembali. Persaingan ini terus berlangsung bahkan setelah mereka dilahirkan kembali sebagai Hashirama dan Madara hingga Naruto dan Sasuke.

2. Memanfaatkan Madara

Naruto: 5 Alasan Mengapa Zetsu Adalah Penjahat Terburukbatu tablet Uchiha (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Seperti yang kita ketahui, Madara Uchiha adalah penjahat terbesar yang pernah ada dalam seri ini. Namun, siapa sangka bahwa Madara sendiri juga hanya dimanfaatkan oleh Zetsu. Semuanya dimulai ketika Madara dan Hashirama berdamai untuk mendirikan Konohagakure.

Meskipun kedua klan sudah sepakat untuk melakukan gencatan senjata, klan Senju, terutama Tobirama, masih belum dapat mengendalikan kebencian mereka terhadap Uchiha. Di titik terendahnya, Madara membaca Tablet Batu Uchiha yang ditinggalkan oleh Hagoromo.

Sayangnya, tulisan di batu tersebut sudah diubah oleh Zetsu. Di sana, tertulis bahwa satu-satunya untuk menyelamatkan klan Uchiha hanyalah dengan Tsukuyomi Tak Terbatas. Hal ini yang akhirnya membawa Madara untuk melakukan Rencana Mata Bulan yang kemudian berujung pada Perang Shinobi Keempat.

Baca Juga: Naruto: 5 Klan Terkuat yang Tidak Berasal dari Konoha

3. Mengkhianati Madara

Naruto: 5 Alasan Mengapa Zetsu Adalah Penjahat TerburukZetsu menusuk Madara dari belakang. (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Kejahatan Zetsu terhadap Madara tidak hanya memanfaatkannya saja. Namun, pada akhirnya, Zetsu juga mengkhianati Madara.

Setelah Madara berhasil menembakkan Tsukuyomi Tak Terbatas ke Bulan, Zetsu mengkhianati Madara dengan menusuknya dari belakang. Hal ini akhirnya mengungkapkan bahwa Madara dan semua orang yang terlibat dalam rencananya hanyalah alat untuk membangkitkan kembali sang pencipta Zetsu, yaitu Kaguya Otsutsuki.

4. Bertanggung jawab atas kematian Rin

Naruto: 5 Alasan Mengapa Zetsu Adalah Penjahat TerburukKakashi membunuh Rin (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Meskipun kematian Rin adalah skenario Madara, Zetsu juga terlibat dalam kejahatan tersebut. Untuk membuat Obito berada di pihak mereka, Madara dan Zetsu merencanakan kematian Rin di hadapan Obito.

Setelah mengetahui bahwa Rin sedang dalam bahaya, Obito bergegas mencari Rin. Namun, karena dirinya masih tidak berdaya, Zetsu Putih akhirnya meminjamkan kekuatannya kepada Obito. Namun, hasil dari semua itu adalah kematian Rin di hadapan Obito.

5. Bertanggung jawab atas kematian banyak orang

Naruto: 5 Alasan Mengapa Zetsu Adalah Penjahat TerburukZetsu (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Dimulai dari kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh Akatsuki hingga Perang Shinobi Keempat, semuanya mengarah pada rencana Zetsu untuk membangkitkan kembali Kaguya. Hal ini berarti bahwa Zetsu bertanggung jawab atas kematian banyak orang pada setiap peristiwa besar di Naruto.

Pada dasarnya, Zetsu hanyalah boneka Kaguya yang tidak memiliki emosi. Dirinya lebih kejam dari penjahat lain karena Zetsu tidak pernah ragu untuk membunuh orang yang tidak bersalah demi menjalankan rencananya. Bahkan, setelah semua kejahatan yang ia lakukan, Zetsu tidak pernah merasa bersalah.

Tidak diragukan lagi bahwa Zetsu adalah salah satu penjahat paling kejam dalam Naruto. Pasalnya, dirinya adalah dalang dari sebagian besar kejahatan yang dilakukan oleh penjahat-penjahat besar dalam seri ini. Bagaimana pendapatmu tentang antagonis yang satu ini?

Baca Juga: Naruto: 6 Ninja Konoha yang Berada di Atas Level Hokage

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya