Comscore Tracker

5 Anime Drama yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Your Name

Dijamin nggak bakalan nyesel!

Juga dikenal dengan judul Kimi no Na wa, Your Name adalah film anime drama populer karya Makoto Shinkai. Meskipun anime ini pertama kali dirilis pada 2016, namun Your Name masih menjadi anime yang sangat disukai oleh penggemar anime, terutama oleh penggemar anime drama.

Jika kamu menyukai film karya Makoto Shinkai yang satu ini, maka di bawah ini adalah deretan anime drama yang wajib kamu tonton. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Weathering With You

https://www.youtube.com/embed/Q6iK6DjV_iE

Sempat menjadi anime terpopuler di 2019, anime yang juga dikenal dengan judul Tenki no Ko ini juga merupakan salah satu anime terbaik karya Makoto Shinkai. Dengan diproduksi oleh studio yang sama dan disutradarai oleh sutradara yang sama, tak mengherankan jika Weathering With You memiliki banyak kesamaan dengan Your Name.

Anime ini berfokus pada Hodaka Morishima, seorang siswa SMA yang mencoba mengadu nasib di kota besar Tokyo. Hodaka kemudian bekerja di sebuah perusahaan penerbit kecil-kecilan milik Keisuke Suga. Di sanalah Hodaka akhirnya bertemu dengan Hina Amano, gadis yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca.

2. A Silent Voice

https://www.youtube.com/embed/nfK6UgLra7g

Shouko Nishimiya adalah seorang gadis tuli yang baru saja pindah ke sekolah yang sama dengan Shouya Ishida. Memiliki keterbatasan fisik membuat Shouya senang untuk mengganggu Shouko. Ketika ibu Shouko mengetahui bahwa anaknya di-bully di sekolahnya, ibu Shouko memutuskan untuk memindahkan anaknya ke sekolah lain.

Karena hal tersebut, Shouya disalahkan atas semua hal yang terjadi pada Shouko. Karenanya, Shouya akhirnya diasingkan oleh teman-temannya hingga dirinya remaja. Kini, satu-satunya hal yang ingin ia lakukan hanyalah meminta maaf kepada Shouko dan berteman baik dengan Shouko.

Meskipun tidak memiliki unsur supernatural seperti Your Name, namun A Silent Voice dapat memberikan dampak emosi yang sama. Kedua anime ini juga diperankan oleh karakter remaja yang akan segera menginjak usia dewasa. Hanya saja, A Silent Voice mengangkat tema yang lebih gelap dari Your Name, seperti bullying dan semacamnya.

Baca Juga: Your Name hingga Erased, 7 Anime Supernatural Terbaik di Era 2010-an

3. 5 Centimeters Per Second

https://www.youtube.com/embed/wdM7athAem0

5 Centimeters Per Second membuktikan bahwa jika sepasang orang memang tidak ditakdirkan untuk bersama, maka mereka akan terus terpisah tak peduli seberapa keras usaha yang mereka lakukan.

Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah sepasang teman masa kecil, yang mulai menyukai satu sama lain setelah mereka remaja. Meskipun keduanya mengetahui bahwa mereka saling mencintai satu sama lain, namun cinta mereka selalu terhalang oleh jarak.

Sama seperti Your Name, 5 Centimeters Per Second juga diproduksi oleh CoMix Wave Films dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Kedua anime ini juga mengangkat tema patah hati yang serupa. Selain itu, adegan di kereta pada anime 5 Centimeters Per Second akan mengingatkan kamu pada adegan saat Taki bertemu dengan Mitsuha di stasiun kereta dalam anime Your Name.

4. The Girl Who Leapt Through Time

https://www.youtube.com/embed/eWnTeKEsDlU

Makoto Konno adalah seorang gadis yang sudah memasuki tahun terakhir di sekolahnya. Namun, Makoto masih bingung dengan apa yang harus ia lakukan di masa depan. Hingga suatu hari, kehidupan Makoto seketika berubah setelah dirinya mendapatkan kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu.

Sama seperti Your NameThe Girl Who Leapt Through Time juga sangat kental dengan tema supernatural dan time traveling. Selain itu, kedua anime ini juga berfokus pada remaja dengan latar permasalahan yang sering dihadapi oleh para remaja.

5. The Garden of Words

https://www.youtube.com/embed/xnLaOqqtCKs

Satu lagi anime epik karya Makoto Shinkai, The Garden of Words menceritakan tentang Takao Akizuki yang selalu bolos sekolah untuk membuat desain sepatu di taman. Di sana, Takao kemudian bertemu dengan wanita dewasa bernama Yukari Yukino.

Keduanya selalu bertemu di musim hujan dan saling mengungkapkan keresahan yang mereka alami. Hingga suatu hari, hubungan mereka mulai diuji menjelang akhir musim hujan.

Sama seperti Your Name, The Garden of Words juga memiliki dampak emosi yang sama. Kedua anime ini sama-sama akan menguras air mata siapa saja yang menonton anime ini. Hanya saja, The Garden Words tidak memiliki unsur supernatural yang kuat seperti Your Name.

 

Selain kelima anime di atas, masih ada beberapa anime drama yang tak kalah seru dengan Your Name, seperti Anohana: The Flower We Saw That Day, Your Lie in April, hingga Kokoro Connect. Bagaimana pendapatmu? Anime yang mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya