Comscore Tracker

5 Anime dengan Ending Paling Menggantung yang Pernah Ada

Endingnya bikin geregetan! #IDNTimesHype

Untuk membuat sebuah anime dapat diingat terus oleh penonton, sang kreator harus memberikan ending yang baik dan berkesan. Dengan begitu, anime tersebut akan terus tinggal di hati para penggemar, bahkan setelah animenya lama berakhir.

Nah, kelima anime di bawah ini juga mungkin akan tetap diingat oleh para penontonnya. Namun, bukan karena memberikan ending yang bagus, melainkan karena ending yang sangat menggantung. Saking menggantungnya, kamu mungkin akan terus berpikir tentang apa yang terjadi selanjutnya. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Deadman Wonderland

5 Anime dengan Ending Paling Menggantung yang Pernah AdaGanta dan Shiro (dok. Manglobe/Deadman Wonderland)

Deadman Wonderland adalah contoh anime yang bagus, namun dirusak oleh ending yang buruk. Mengangkat tema survival, anime ini menceritakan Ganta yang dipenjara di Deadman Wonderland setelah dituduh melakukan pembantaian terhadap teman satu kelasnya. Di sana, Ganta harus bermain permainan battle royale untuk dapat bertahan hidup.

Dibungkus dalam 12 episode, anime ini tidak mengadaptasi keseluruhan isi manganya. Anime ini bahkan tidak mengadaptasi setengah dari keseluruhan cerita manga. Terlalu banyak materi penting yang dilewatkan, tidak ada perkembangan karakter, dan anime berakhir dengan ending yang sangat menggantung dan dipaksakan.

2. Claymore

5 Anime dengan Ending Paling Menggantung yang Pernah AdaClare (dok. Claymore/MADHOUSE)

Ketika studio anime kehabisan materi manga, studio biasanya akan mengisi anime dengan filler sambil menunggu materi manganya terkumpul atau memberikan jeda yang nantinya akan dilanjutkan pada musim kedua. Untuk kasus Claymore, MADHOUSE memutuskan untuk memberhentikan animenya, namun tidak pernah dilanjutkan kembali.

Anime ini menceritakan Clare yang merupakan seorang Claymore (manusia setengah Yoma) yang bertualang dari kota ke kota untuk membasmi Yoma jahat. Sayangnya, karena kehabisan materi manga, anime berakhir di tengah-tengah cerita sehingga masih banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Baca Juga: 5 Anime yang Punya Ending Kontroversial, Bikin Penggemar Frustasi

3. Btooom!

5 Anime dengan Ending Paling Menggantung yang Pernah AdaHimiko (dok. MADHOUSE/Btooom!)

Btooom! adalah salah satu anime yang berakhir sebelum manganya usai. Alhasil, anime memiliki ending yang sangat menggantung dan meninggalkan banyak pertanyaan. Anime ini sendiri menceritakan Ryota Sakamoto yang merupakan pemain top di game survival Btooom!. Suatu hari, Ryota menemukan bahwa dirinya telah menjadi peserta dari permainan Btooom! di dunia nyata. 

Sementara manganya telah berakhir, anime hanya memiliki 12 episode dan tidak mengadaptasi keseluruhan cerita manga. Dengan anime yang rampung pada 12 episode, para peserta permainan masih terjebak di pulau tersebut dan tidak diketahui bagaimana nasib mereka selanjutnya. Penggemar sudah mengharapkan musim kedua, namun itu masih belum terwujud bahkan setelah satu dekade berlalu.

4. No Game No Life

5 Anime dengan Ending Paling Menggantung yang Pernah AdaSora dan Shiro (dok. MADHOUSE/No Game No Life)

No Game No Life sebenarnya adalah salah satu anime isekai yang sangat potensial. Anime ini menceritakan Sora dan Shiro yang diundang ke Disboard, dunia tempat segala sesuatunya diatur oleh permainan. Meskipun memiliki banyak penggemar, anime ini memiliki ending yang sangat menggantung.

Anime ini memiliki 12 episode dan seri berakhir dengan Sora dan Shiro yang berhasil menguasai Federasi Timur. Namun, seri sebenarnya belum berakhir karena Sora dan Shiro bertujuan untuk menguasai seluruh Disboard. Penggemar mengharapkan musim kedua, namun tidak ada kabar tentang penggarapan musim kedua hingga saat ini.

5. Your Name

5 Anime dengan Ending Paling Menggantung yang Pernah AdaTaki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu (dok. CoMix Wave Films/Your Name)

Your Name adalah anime paling terkenal karya Makoto Shinkai. Dirilis pada 2016, Your Name menceritakan Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu yang secara misterius tubuhnya tertukar. Karena fenomena tersebut, Taki dan Mitsuha mencoba untuk mencari satu sama lain untuk mengungkap misteri tersebut.

Your Name adalah anime yang brilian, memiliki cerita yang unik dan menarik, serta didukung dengan animasi yang memanjakan mata. Sayangnya, meskipun berhasil membuat penontonya betah untuk menonton, anime ini berakhir dengan ending yang sangat tanggung.

Setelah Taki dan Mitsuha akhrinya berhasil mengetahui alasan mereka bertukar tubuh, keduanya mulai kehilangan ingatan tentang satu sama lain. Ketika keduanya mulai menjalani kehidupannya masing-masing dengan normal, Taki dan Mitsuha secara tidak sengaja bertemu kembali, namun anime berakhir ketika keduanya mencoba untuk saling mengingat satu sama lain.

 

Ketika menonton suatu anime, kamu mungkin selalu memiliki pertanyaan yang kamu harapkan akan dijawab pada akhir seri. Sayangnya, kamu tidak akan mendapatkan jawaban yang kamu harapkan ketika menonton kelima anime di atas. Ending kelima anime di atas sangat menggantung dan akan membuat kamu dihantui oleh rasa penasaran.

Baca Juga: 5 Anime Bertema Psikologi, Belajar Psikologi dari Anime!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya