Comscore Tracker

9 Anime Historis Terbaik yang Pernah Ada, Sudah Nonton?

Nonton anime sekaligus memahami sejarah

Anime tidak selalu berlatarkan di dunia fantasi, bajak laut, atau ninja saja. Ada banyak anime historis yang mengambil latar zaman dahulu, seperti pada Perang Dunia I, era feodal Jepang, bahkan hingga zaman viking.

Kali ini penulis sudah merangkum sembilan anime historis terbaik yang pernah ada. Anime-anime ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sangat menyukai hal-hal berbau sejarah, atau kamu yang pecinta anime yang berlatarkan di masa lalu. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Black Butler

https://www.youtube.com/embed/S8j5iEklHyI

Berlatarkan di era Victoria Inggris, seri ini berfokus pada tuan muda Ciel Phantomhive yang secara terus-menerus mendapatkan peristiwa yang malang. Dirinya ditemani oleh pelayan yang memiliki kekuatan di luar nalar yang dikenal dengan Sebastian Michaelis.

Meskipun Sebastian tampaknya adalah pelayan yang setia, namun ternyata Ciel memiliki masa lalu yang kelam bersama Sebastian. Di masa lalu, Ciel menjual jiwanya kepada iblis, Sebastian, sebagai imbalan untuk balas dendam terhadap orang yang telah menyiksanya.

Namun, seiring berjalannya waktu, Ciel dan Sebastian sudah menjalin ikatan yang tidak akan terpisahkan oleh apa pun.

2. Baccano!

https://www.youtube.com/embed/MtuNdtfMlJ0

Pada awal tahun 1930-an di Chicago, kereta lintas benua, Flying Pussyfoot, memulai perjalan legendarisnya yang akan berpetualang ke seluruh penjuru dunia. Pada saat yang sama di New York, seorang ilmuwan, Szilard, dan ajudannya, Ennis, sedang mencari botol eliksir yang hilang. Sementara itu, di sisi lain, perang antar mafia juga terus memanas.

Dirilis pada Juli 2007, Baccano! menceritakan tentang serangkaian peristiwa yang pada awalnya terlihat tidak berkaitan, namun ternyata serangkaian peristiwa tersebut sangat berkaitan satu sama lain dan memiliki hubungan dengan alkimia dan keabadian.

3. Kingdom

https://www.youtube.com/embed/eRsUX5ac56g

Berlatarkan pada periode perang Tiongkok, Kingdom berfokus pada Piao, seorang budak yang memiliki sahabat sesama budak bernama Li Xin. Suatu hari, Piao harus terpisah dengan sahabatnya, karena dirinya direkrut untuk bekerja di istana kerajaan.

Setelah kudeta terjadi, Piao harus kembali ke Xin, dengan misi yang akhirnya membawanya ke pertemuannya dengan Raja Tiongkok, Ying Zheng, yang ternyata sangat mirip dengan Piao. Kini, Piao pun harus menemukan jalannya untuk mengukir namanya di buku sejarah Tiongkok sebagai sebagai seorang Jenderal Agung.

4. Samurai Champloo

https://www.youtube.com/embed/MV9sMJau674

Berlatarkan di era feodal Jepang, Samurai Champloo menggabungkan nuansa samurai yang historis dengan musik hip-hop yang modern. Anime ini berfokus pada dua samurai, Jin dan Mugen, dan seorang mantan pelayan di kedai teh, Fuu Kasumi.

Setelah Jin dan Mugen terancam akan dieksekusi karena telah menghancurkan sebuah kedai teh, keduanya akhirnya terpaksa harus menjadi pengawal Fuu dan melakukan petualangan untuk mencari seorang samurai berbau bunga matahari.

5. Rose of Versailles

https://www.youtube.com/embed/eJIeJIqw-J0

Pada 1755, Marie Antoinette lahir di keluarga kerajaan Austria dan dibesarkan dalam kemewahan. Nasib Marie sudah ditentukan bahwa dirinya akan menjadi Ratu Prancis, karena di usia 15 tahun, dirinya akan dinikahkan dengan putra mahkota Prancis.

Sementara itu, di saat yang bersamaan, seorang gadis juga lahir di keluarga Komandan Pengawal Kerajaan. Karena ayahnya tidak memiliki ahli waris, ayah dari anak tersebut pun membesarkan gadis tersebut sebagai laki-laki dan menamainya dengan Oscar.

Setelah keduanya dewasa, Marie dan Oscar pun bertemu, di mana pertemuan antara keduanya akan sangat berpengaruh bagi nasib rakyat Prancis.

Baca Juga: Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik 

6. Hyouge Mono

https://www.youtube.com/embed/qVULv9jIlI4

Berlatarkan pada era Sengoku Jepang, Hyouge Mono adalah salah satu anime historis terbaik yang pernah ada, karena seri ini juga menggunakan bahasa Jepang yang digunakan pada era tersebut. Penggemar anime modern mungkin akan asing dengan bahasa yang digunakan dalam anime ini, karena bahasa yang digunakan Hyouge Mono benar-benar berbeda dengan bahasa Jepang modern.

Hyouge Mono sendiri mengikuti Furuta Sasuke, pengikut dari seorang panglima perang, Oda Nobunaga. Selama Furuta mengikuti Oda, Furuta mendapatkan banyak pelajaran dari sang panglima perang.

7. Vinland Saga

https://www.youtube.com/embed/BRubJuMCUkI

Sementara Hyouge Mono adalah anime yang sangat kental dengan budaya Jepang, maka Vinland Saga adalah anime yang sangat kental dengan budaya Nordik. Mengambil latar pada zaman viking, Vinland Saga berfokus pada seorang pemuda bernama Thorfinn.

Sebagai seorang viking, Thorfinn tumbuh di medan pertempuran. Kini, dirinya pun harus berpetualang untuk menemukan dan membunuh Askeladd, orang yang telah membunuh ayahnya.

8. Le Chevalier D'Eon

https://www.youtube.com/embed/dJcHOxADC3I

Pada abad ke-18 di Paris, sebuah peti mati ditemukan mengambang di Sungai Seine. Rupanya, di dalam peti mati tersebut terdapat mayat seorang wanita bernama Lia de Beaumont, seorang mata-mata Raja Louis XV, sekaligus kakak dari seorang kesatria muda bernama Charles d'Eon.

Setelah banyaknya kasus orang hilang di Paris, Charles percaya bahwa hilangnya orang-orang terkait dengan kasus pembunuhan kakaknya. Untuk mengetahui apa yang terjadi, Charles pun memutuskan untuk bergabung dengan polisi rahasia untuk menyelidiki kasus aneh tersebut.

9. Rurouni Kenshin

https://www.youtube.com/embed/4aVeFBVtpjs

Juga dikenal dengan judul Samurai X, Rurouni Kenshin telah menjadi salah satu anime samurai terbaik yang pernah ada. Berlatarkan pada tahun-tahun terakhir era Bakumatsu, Rurouni Kenshin menceritakan tentang seorang samurai sekaligus pembunuh bayaran bernama Kenshin Himura.

Mengetahui pekerjaannya salah, Kenshin memutuskan untuk berhenti menjadi seorang pembunuh bayaran, dan mencoba untuk menebus dosanya dengan menggunakan kekuatannya hanya untuk melindungi orang-orang lemah. Namun, menjadi orang baik ternyata jauh lebih sulit dari apa yang dibayangkan oleh Kenshin.

 

Itulah sembilan anime historis terbaik yang pernah ada. Jadi, di antara kesembilan anime histroris di atas, yang mana anime favoritmu?

Baca Juga: Selain Rurouni Kenshin, 5 Film Mackenyu Arata yang Sayang Dilewatkan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya