Comscore Tracker

5 Anime Terbaik Menurut Rating MyAnimeList

Urutan pertama sudah bukan FMAB? #IDNTimesHype

Jepang memiliki banyak budaya yang sangat populer, salah satunya adalah anime. Meskipun sebagian orang awam mungkin menganggap bahwa anime hanyalah kartun biasa, anime dapat dinikmati oleh remaja, bahkan orang dewasa. Bahkan, tidak semua anime dapat diperlihatkan kepada anak-anak.

Karena hal tersebut, anime cukup disukai oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Setiap tahunnya Jepang juga terus melahirkan anime populer baru. Nah, dari sekian banyak anime yang sudah diproduksi, berikut ini adalah lima anime terbaik menurut rating MyAnimeList. Simak ulasan berikut.

1. Kaguya-sama: Love is War - Ultra Romantic

https://www.youtube.com/embed/6DU-wuD_ykI

Kaguya-sama: Love is War - Ultra Romantic adalah musim ketiga dari seri Kaguya-sama: Love is War. Sementara musim pertamanya memiliki rating 8,40, musim ketiga seri ini berhasil mengalahkan rekor Fullmetal Alchemist: Brotherhood sebagai anime dengan rating tertinggi.

Anime ini melanjutkan perang strategi antara Miyuki Shirogane dan Kaguya Shinomiya. Setiap harinya keadaan di Akademi Shuciin terus semakin menegangkan karena persaingan Miyuki dan Kaguya dalam membuat satu sama lain mengakui cintanya semakin ketat.

Rating MyAnimeList: 9,17

2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

https://www.youtube.com/embed/-GoNo0DGroU

Sebelum tergantikan oleh Kaguya-sama: Love is War - Ultra Romantic, Fullmetal Alchemist: Brotherhood menduduki urutan pertama sebagai anime dengan rating tertinggi dalam waktu yang cukup lama. Anime ini sendiri merupakan versi remake dari Fullmetal Alchemist yang dirilis pada 2003.

Anime ini menceritakan tentang Edward dan Alphonse Elric yang kehilangan tubuhnya setelah melakukan ritual terlarang, Transmutasi Manusia. Untuk menemukan cara mengembalikan tubuh mereka, Ed dan Al memutuskan untuk menjadi Alkemis Negara.

Rating MyAnimeList: 9,14

Baca Juga: 7 Alchemist Terbaik dalam Anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood

3. Gintama Season 4

https://www.youtube.com/embed/ckd0kPAr61g

Perlu diakui bahwa Gintama memang merupakan anime komedi terbaik yang pernah ada. Humor yang disajikan dalam anime ini tidak pernah membosankan meskipun seri sudah berjalan selama empat musim. Seperti musim-musim sebelumnya, anime ini masih berfokus pada trio Yorozuya, yaitu Gintoki Sakata, Shinpachi Shimura, dan Kagura.

Gintama Season 4 dimulai dengan Gintoki yang pulang ke rumah dalam keadaan mabuk. Di perjalanan, ada sebuah kapal luar angkasa yang terjatuh di dekatnya dan salah satu kru kapal tersebut memberikan Gintoki sebuah jam. Kru tersebut meminta Gintoki untuk menjaga jam tersebut dengan baik-baik.

Namun, keesokan paginya, Gintoki secara tidak sengaja menghancurkan jam tersebut. Alhasil, waktu di dunia luar tiba-tiba terhenti. Mau tak mau, Yorozuya pun harus mengembalikan dunia ke seperti semula. Namun, seperti biasa, mereka malah memperburuk keadaan dengan kekonyolan mereka.

Rating MyAnimeList: 9,08

4. Steins;Gate

https://www.youtube.com/embed/uMYhjVwp0Fk

Mengangkat tema tentang penjelajah waktu, Steins;Gate adalah anime psychological yang berfokus pada Rintaro Okabe. Mengaku sebagai mad scientist, setiap harinya Rintaro menghabiskan waktu di Future Gadget Lab hanya untuk membuat penemuan-penemuan yang tidak berguna.

Tidak sendiri, Rintaro juga ditemani oleh Mayuri Shina dan Itaru Hashida. Suatu hari, semuanya mulai tidak terkendali ketika Rintaro dan teman-temannya tidak sengaja menemukan alat yang dapat mengirim pesan ke masa lalu. Sementara alat tersebut adalah sebuah kemajuan, Rintaro tidak menyadari bahwa alat tersebut akan membawanya ke masalah yang sangat rumit.

Rating MyAnimeList: 9,08

5. Attack on Titan Season 3 Part 2

https://www.youtube.com/embed/nEzpVFCZ3HE

Bisa dibilang Attack on Titan Season 3 Part 2 adalah puncak dari seri Attack on Titan. Meskipun Rumbling akan menjadi peristiwa terbesar dalam seri ini, apa yang terjadi di musim ketiga bagian kedua ini tidak terlupakan.

Di musim ini diceritakan bahwa Pasukan Pengintai kembali ke Shiganshina. Tujuannya adalah untuk merebut kembali Tembok Maria dan menemukan rahasia yang ada di ruang bawah tanah keluarga Yeager. Namun, setibanya di sana, mereka dihadang oleh musuh yang tidak terduga sehingga banyak nyawa yang menjadi korban dalam pertempuran tersebut.

Rating MyAnimeList: 9,07

 

Kelima anime di atas mungkin layak mendapatkan rating yang baik. Bukan tanpa sebab, kualitas kelima anime di atas juga sepadan dengan rating yang mereka dapatkan. Jadi, dari kelima anime di atas, yang mana anime favoritmu?

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Kenyataan Pahit dalam Menjadi Seorang Titan Shifter

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya