Comscore Tracker

5 Anime Terbaik yang Berlatarkan di Tokyo

Suasananya jadi ingin pindah ke Jepang!

Tokyo adalah ibu kota Jepang. Bisa dibilang, Tokyo adalah kota impian. Baik orang yang menyukai budaya Jepang maupun bukan, banyak yang ingin pergi ke Tokyo hanya untuk sekedar berlibur atau menetap di sana.

Mengingat anime juga merupakan bagian dari budaya Jepang, sering kali anime mengangkat latar di ibu kota mereka, Tokyo. Kali ini, penulis sudah merangkum lima anime terbaik yang berlatarkan di Tokyo. Penasaran apa saja animenya? Simak ulasan berikut.

1. Your Name

https://www.youtube.com/embed/xU47nhruN-Q

Merupakan salah satu karya terbaik Makoto Shinkai, Your Name menceritakan tentang seorang gadis desa, Mitsuha Miyamizu, yang bertukar tubuh dengan remaja sibuk yang  tinggal di Tokyo, Taki Tachibana. Keduanya mencari satu sama lain untuk memecahkan misteri dari fenomena aneh tersebut.

Jika kamu sudah menonton anime ini, kamu pastinya masih ingat dengan adegan di mana Mitsuha dan Taki akhirnya bertemu kembali di suatu tangga. Nah, tangga tersebut sebenarnya ada di dunia nyata, lho! Tangga ini dapat ditemukan jika kamu pergi ke Yotsuya, Tokyo.

2. Steins;Gate

https://www.youtube.com/embed/uMYhjVwp0Fk

Steins;Gate menceritakan tentang Rintaro Okabe yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menciptakan barang-barang tidak berguna bersama Mayuri Shiina dan Itaru Hashida. Hingga suatu hari, semuanya berubah menjadi tidak terkendali ketika Rintaro dan kedua temannya secara tidak sengaja menciptakan alat yang dapat mengirim pesan ke masa lalu.

Anime yang satu ini berlatarkan di surga para otaku, yaitu Akibahara. Anime ini menampilkan banyak tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh otaku, seperti toko manga dan anime, pusat permainan, dan maid cafe. Bahkan, tempat di mana Rintaro menghadiri seminar pada episode pertama berlatarkan di salah satu tempat paling ramai di Akibahara, yaitu Radio Kaikan.

3. One Punch Man

https://www.youtube.com/embed/Poo5lqoWSGw

Penggemar anime pastinya tidak asing lagi dengan pahlawan botak yang satu ini. One Punch Man menceritakan tentang Saitama yang menjadi pahlawan karena hobi. Namun, karena dirinya memiliki kekuatan yang terlalu kuat, Saitama mulai merasa bahwa profesinya semakin membosankan.

One Punch Man benar-benar menggambarkan kehidupan sehari-hari di Jepang, terutama di Tokyo. Bagi kamu yang belum tahu, apartemen tempat Saitama tinggal juga diadaptasi dari apartemen yang terletak di Setagaya, Tokyo. Tak hanya itu saja, bahkan nama sang protagonis utama seri ini juga diadaptasi dari kota sungguhan di Jepang, yaitu Saitama.

Baca Juga: 9 Fakta Makoto Shinkai, Sutradara di Balik Anime-Anime Terkenal

4. Tokyo Ghoul

https://www.youtube.com/embed/vGuQeQsoRgU

Kamu mungkin tidak mau pindah ke Tokyo versi anime Tokyo Ghoul. Pasalnya, dalam anime ini, diceritakan bahwa Tokyo diteror oleh makhluk pemakan manusia yang dikenal dengan Ghoul. Anime ini berfokus pada seorang remaja bernama Ken Kaneki, yang diserang oleh Ghoul dan diubah menjadi manusia setengah Ghoul.

Dari judulnya saja, sudah jelas bahwa anime ini berlatarkan di Tokyo. Banyak tempat-tempat di Tokyo Ghoul yang terinspirasi dari tempat-tempat di dunia nyata. Contohnya adalah Universitas Kamii yang terinspirasi dari Universitas Rikkyo yang terletak di Ikebukuro. Selain itu, kafe ikonik Anteiku juga terinspirasi dari kafe yang terletak di Nishi Ikebukuro.

5. Tokyo Revengers

https://www.youtube.com/embed/RnghCw_LbdA

Di poin kelima ada salah satu anime populer akhir-akhir ini, yaitu Tokyo Revengers. Anime ini mengangkat tema yang tidak jauh berbeda dengan Steins;Gate, yaitu perjalanan waktu. Tokyo Revengers sendiri menceritakan tentang Takemichi Hanagaki yang kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan mantan pacar dan teman-temannya dari pembunuhan.

Jika kamu penasaran dengan kehidupan di Tokyo, maka anime ini direkomendasikan untuk kamu. Pasalnya, anime ini akan mengajak kamu untuk berkeliling di sekitar Tokyo. Selain menampilkan kehidupan sehari-hari masyarakat Tokyo, anime ini juga akan membawa kamu ke tempat-tempat terkenal di Tokyo, seperti Shibuya Crossing dan Taman Yamashita.

Anime tidak selalu berlatarkan di dunia fantasi. Terkadang, anime juga mengambil latar di tempat yang ada di dunia nyata. Jadi, dari kelima anime di atas, anime mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Selalu Optimis, Patut Ditiru!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya