Comscore Tracker

Tower of God: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Seri 13 Bulan

Senjata terkuat dalam seri Tower of God! #IDNTimesHype

Artikel ini berisi spoiler manhwa Tower of God.

Tower of God adalah seri manhwa karya Slave In Utero atau yang lebih dikenal dengan SIU. Seri yang sudah dirilis sejak 2010 ini baru saja mendapatkan adaptasi anime pada April 2020. Dengan seri yang berakhir dengan 13 episode, kini penggemar masih menunggu perilisan musim kedua yang masih belum dikonfirmasi jadwalnya.

Salah satu hal yang menarik dari seri ini adalah senjata seri 13 Bulan yang hanya dimiliki oleh keluarga Jahad. Musim pertama anime baru menampilkan 2 dari 13 senjata ini, yaitu Black March dan Green April. Sambil menunggu perilisan musim kedua, berikut ini adalah fakta senjata seri 13 Bulan. Simak ulasan berikut. 

1. Senjata hanya diberikan kepada putri yang dipilih oleh Jahad

Tower of God: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Seri 13 Bulanwebtoons.com/Tower of God

Penggemar yang sudah menyelesaikan musim pertama anime pastinya mengetahui bahwa senjata seri 13 Bulan hanya diberikan kepada putri yang dipilih oleh Jahad sendiri. Fakta inilah yang membuat Khun dan Anak terkejut saat mereka melihat Bam memiliki salah satu senjata tersebut.

Bagaimanapun, senjata ini dirancang untuk hanya dapat digunakan oleh anak perempuan Jahad yang lahir di menara. Ide rancangan senjata ini datang dari Po Bidau Gustang. Gustang ingin membantu Jahad untuk menemukan istri yang cocok. Maka dari itu, Gustang membuat ujian. Adapun, perempuan terkuat di menara harus bersaing untuk mengumpulkan semua senjata seri 13 Bulan.

Siapa pun yang berhasil lulus ujian tersebut kemudian akan dinikahi oleh Jahad.

2. Senjata diciptakan oleh Ashul Edwaru

Tower of God: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Seri 13 Bulanwebtoons.com/Tower of God

Orang yang pertama kali menciptakan senjata seri 13 Bulan adalah Ashul Edwaru. Sayangnya, baik anime maupun manhwa masih belum memperkenalkan sosok Edwaru kepada penggemar. Nama Edwaru pertama kali disebut oleh Anak pada musim pertama, saat Anak dan Bam akan bertarung di pertandingan mahkota.

Satu-satunya hal yang diketahui tentang Edwaru hanyalah fakta bahwa dirinya adalah pengrajin yang terampil dan sekutu Jahad.

Baca Juga: Romantis! 5 Anime Jepang ini Bikin Kamu Paham Arti Cinta Sesungguhnya

3. Setiap senjata adalah bagian dari kunci yang dapat membuka lantai menara

Tower of God: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Seri 13 Bulanwebtoons.com/Tower of God

Lantai menara yang dikuasai oleh Jahad terdiri dari 134 lantai. Dalam manhwa terungkap bahwa Jahad menghentikan petualangannya setelah mencapai lantai 134 dan membuat kesepakatan dengan Administrator Menara untuk menjadi Raja Menara.

Untuk mencegah orang memasuki lantai 135, Jahad mengunci pintu lantai 135. Kunci pintu ini kemudian dibelah menjadi dua bagian dan salah satu potongannya dilebur untuk dijadikan bagian dari senjata seri 13 Bulan. Jadi, siapa pun yang ingin mencapai lantai 135, orang tersebut harus mengumpulkan semua senjata seri 13 Bulan dan menemukan potongan kunci tersebut.

4. Terdapat roh kegelapan di dalam senjata seri 13 Bulan 

Tower of God: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Seri 13 Bulanwebtoons.com/Tower of God

Saat Garam menghadapi Yuri setelah dirinya menyalakan dua dari senjata 13 Bulan, Garam berbicara dengan roh yang mengendalikan tubuhnya. Roh ini tampaknya tercipta dari rasa amarah seorang perempuan yang gagal menjadi putri Jahad.

Kegagalan tersebut membuat roh ini sangat membenci putri-putri Jahad. Maka dari itu, siapa pun putri yang menyalakan dua dari senjata seri 13 Bulan, roh tersebut akan menggunakan tubuh putri tersebut untuk menyerang putri Jahad lainnya.

5. Senjata menunggu untuk digunakan oleh tuannya

Tower of God: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Seri 13 Bulancrunchyroll.com/tower-of-god

Ketika Yuri mencoba menyalakan Black March dan Green April pada saat yang bersamaan, roh-roh di dalam senjata melakukan percakapan yang menjelaskan tujuan dari senjata ini. Tampaknya, setiap senjata adalah bagian dari permainan yang akan dimainkan sampai mereka bersatu untuk digunakan oleh tuan sejati mereka.

Mungkinkah Bam adalah tuan yang disebut oleh roh-roh ini? Jika demikian, itu akan menjelaskan bahwa Jahad sudah merencanakan Bam selama ini. Alasan mengapa Jahad mempersiapkan serangkaian senjata untuk musuhnya adalah pertanyaan yang hingga kini masih belum terjawab.

Itulah fakta senjata seri 13 Bulan. Bagaimana pendapatmu tentang senjata seri milik Jahad yang ini?

Baca Juga: 5 Anime yang Harus Kamu Tonton jika Kamu Pencinta Anime Naruto

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya