Comscore Tracker

5 Film yang Mengangkat Kisah Gangguan Mental, Ada Favoritmu?

Banyak pelajaran yang dapat diambil!

Gangguan mental memang bukanlah penyakit yang dapat disepelekan. Penyakit ini akan terus bertambah parah jika tidak ditangani dengan serius. Pada umumnya, memang biasanya penyakit ini datang dari pikiran sendiri. Biasanya, penyakit ini dialami oleh orang yang di-bully, diasingkan karena suatu alasan hingga seseorang yang gagal dalam suatu hal.

Nah, berikut ini adalah deretan film Hollywood yang mengangkat kisah tentang gangguan mental. Selain seru, film-film berikut juga banyak memberikan pesan-pesan berharga di dalamnya. Penasaran apa saja filmnya? Simak ulasan berikut.

1. Split

https://www.youtube.com/embed/mJXACd2zAx8

Mengangkat kisah tentang penyakit Gangguan Identitas Disosiatif (GID), film ini bercerita tentang Kevin Wandell Crum (Jame McAvoy) yang memiliki masa kecil yang mengenaskan. Kevin selalu disiksa oleh ibunya sehingga hal tersebut membuatnya tumbuh menjadi sosok yang lemah dan setelah ia dewasa, ia memiliki 23 kepribadian yang berbeda.

Mengetahui hal tersebut, Dr. Karen Fletcher (Betty Buckley) pun mencoba menyelamatkan Kevin dari penyakitnya.

2. Silver Lining Playbook

https://www.youtube.com/embed/kVS-6k2tQAA

Pat Solatano (Bradley Cooper) adalah seorang penderita bipolar disorder yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa. Ia harus dimasukkan ke rumah sakit jiwa setelah dirinya menyiksa selingkuhan istrinya hingga hampir tewas.

Setelah keluar dari rumah sakit jiwa, Pat pun mencoba menjalani hidupnya dengan normal dan mencoba merebut kembali istrinya. Di tengah usahanya, ia pun bertemu dengan Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence) seorang wanita yang memiliki masalah yang sama dengan Pat. Seiring berjalannya waktu, keduanya pun perlahan saling menyukai satu sama lain.

Baca Juga: 5 Artis Ini Ikut Menyuarakan Pentingnya Peduli Kesehatan Mental

3. Joker

https://www.youtube.com/embed/zAGVQLHvwOY

Film yang populer di tahun 2019 ini menceritakan tentang Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) yang bertekad untuk menjadi komedian yang terkenal. Namun, Arthur memiliki gangguan kejiwaan dan mengidap penyakit pseudobulbar affect (PBA), di mana ia sering tertawa secara tiba-tiba meskipun suasana hatinya sedang buruk.

Karena hal tersebut, Arthur sering mendapatkan perlakuan buruk dari lingkungan sekitarnya. Hal tersebut perlahan membuat Arthur berubah menjadi sosok Joker, seorang psikopat bengis yang tidak mengenal rasa kasihan.

4. Shutter Island

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Setelah istrinya membunuh ketiga anaknya, Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) mulai mengidap penyakit skizofrenia. Ia pun akhirnya dikirim ke sebuah rumah sakit jiwa di sebuah pulau terpencil.

Dalam film ini, diceritakan bahwa Teddy sedang berhalusinasi bahwa dirinya adalah seorang detektif yang tengah menangani kasus pasien yang hilang.

5. Touched with Fire

https://www.youtube.com/embed/NHx7Y_PCwwQ

Carla (Katie Holmes) dan Marco (Luke Kirby) adalah penderita bipolar disorder di mana keduanya tidak dapat mengendalikan emosi mereka. Karena memiliki banyak kesamaan, keduanya pun mulai saling menyukai satu sama lain. Namun, mereka berdua harus siap menghadapi situasi terburuk saat penyakit mereka kambuh.

Itulah 5 film mengenai gangguan mental yang memberikan banyak pelajaran hidup. Pelajaran apa saja yang kamu dapat dari film-film di atas?

Baca Juga: 5 Film Netflix Bergenre Komedi Romantis Terbaik Tahun 2019

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya