Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Jepang 90-an yang Wajib Kamu Tonton

Mahakarya yang tak lekang oleh waktu

Jepang memang terkenal karena anime dan manga-nya. Meski begitu, tak hanya anime dan manganya saja, industri film Jepang juga perlu diakui kualitasnya.

Bahkan sejak era film Jepang 90-an, mereka sudah memiliki banyak judul film, yang masih seru untuk ditonton hingga saat ini. Berikut ini adalah lima rekomendasi film Jepang 90-an yang wajib kamu tonton. Penasaran apa saja filmnya? Simak ulasan berikut.

1. Fireworks (1997)

https://www.youtube.com/embed/S4GR3qh_VS0

Merupakan salah satu karya terbaik Takeshi Kitano, film ini berfokus pada seorang detektif yang depresi, Nishi Yoshitaka (Takeshi Kitano). Hingga saat ini, Nishi masih berduka dengan kematian anaknya pada dua tahun yang lalu. Sementara itu, istri Nishi sedang berjuang dengan penyakit leukimia.

Semakin menambah masalahnya, Nishi juga masih merasa bersalah dengan kematian rekannya yang bunuh diri. Dirundung oleh masalah, Nishi memutuskan untuk keluar dari kepolisian. Namun, di luar dugaannya, keputusan tersebut malah membuat Nishi terjebak dalam masalah yang lebih rumit.

2. Maborosi (1995)

https://www.youtube.com/embed/n0mDpUpIZ6Y

Masih bercerita tentang depresi dan bunuh diri, Maborosi menceritakan tentang pencarian arti hidup dari seorang wanita bernama Yumiko (Makiko Esumi). Hanya beberapa bulan setelah kelahiran anak pertamanya, suami Yumiko, Ikuo (Tadanobu Asano), memutuskan untuk bunuh diri tanpa alasan yang jelas.

Lima tahun kemudian, Yumiko pindah dari Osaka ke sebuah desa kecil untuk menikah dengan Tamio (Takashi Naito). Untuk sementara, rasa sakitnya mungkin sudah berhenti. Namun, kenangan masa lalu kembali membuka luka lama.

3. After Life (1998)

https://www.youtube.com/embed/RNnGl_unNo8

Seperti judulnya, film ini menceritakan tentang kehidupan setelah kematian. Dalam film ini, diceritakan bahwa ketika seseorang mati, mereka akan memilih satu kenangan paling bahagia dalam hidup mereka, di mana mereka nantinya akan hidup dalam kenangan tersebut untuk selamanya.

Film ini berfokus pada Takashi Mochizuki (Arata Iura) dan Shiori Satonaka (Erika Oda) yang merupakan penasihat di alam baka. Suatu hari, Takashi ditugaskan untuk membantu Ichiro Watanabe (Taketoshi Naito) untuk memilih kenangannya. Namun, setelah melihat ingatannya, Takashi mengetahui bahwa Ichiro menikahi tunangan Takashi setelah Takashi meninggal dalam Perang Dunia II.

Terganggu oleh kenangan masa lalunya, Takashi memutuskan untuk memeriksa kembali kehidupannya yang sebelumnya.

Baca Juga: 14 Aktris Lawan Main Taishi Nakagawa dalam Dorama dan Film Jepang

4. Cure (1997)

5 Rekomendasi Film Jepang 90-an yang Wajib Kamu TontonCure (dok. Daiei Film/Cure)

Berlatarkan di Tokyo, film ini menceritakan tentang Tokyo yang diserang oleh fenomena aneh. Serangkaian pembunuhan terjadi di Tokyo, di mana pelakunya meninggalkan tanda X di leher korbannya. Anehnya lagi, para pelaku pembunuhan selalu berada di dekat korban dan mengaku bahwa mereka tidak mengingat apa yang terjadi.

Film ini berfokus pada detektif Kenichi Takabe (Koji Yakusho) dan psikolog Makoto Sakuma (Tsuyoshi Ujiki) yang mencoba untuk memecahkan misteri di balik fenomena tersebut. Ketika salah satu pembunuh yang memiiki koneksi dengan fenomena tersebut ditangkap, penyelidikan Takabe dan Sakuma akhirnya membuahkan hasil.

5. Kikujiro (1999)

5 Rekomendasi Film Jepang 90-an yang Wajib Kamu TontonKikujiro (dok. Nippon Herald Films/Kikujiro)

Satu lagi karya terbaik Kitano, Kikujiro mungkin berbeda dengan film-film Kitano lainnya yang dipenuhi dengan adegan kekerasan yang brutal. Meskipun masih memiliki beberapa adegan kekerasan, namun bisa dibilang jika Kikujiro adalah film paling lembut karya Kitano.

Film ini berfokus pada perjalanan seorang anak SD, Masao (Yusuke Sekiguchi), yang ditemani oleh seorang pria dewasa bernama Kikujiro (Takeshi Kitano). Perjalanan mereka dimulai ketika Masao mendapatkan paket yang menunjukkan lokasi ibunya yang sudah lama menghilang.

Ketika Masao akan memulai perjalanannya sendirian, istri Kikujiro memaksa Kikujiro untuk menemani Masao. Pada awalnya, Kikujiro tidak serius dalam melakukan perjalanan tersebut, dan malah membuang waktu dengan berjudi. Namun, setelah Masao bertemu dengan orang jahat, Kikujiro pun memutuskan untuk mengantar Masao ke tempat tujuannya dengan aman.

Meskipun kelima film Jepang 90-an di atas terbilang jadul, namun kualitasnya tidak lekang oleh waktu. Hingga saat ini, kelima film tersebut masih tidak kalah seru dengan film-film modern. Jadi, dari kelima film di atas, mana saja yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 12 Aktris Lawan Main Takeru Satoh di Dorama dan Film Jepang

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya