Comscore Tracker

5 Film Jepang Terbaik yang Meraih Penghargaan Internasional

Ada film favoritmu?

Jepang adalah salah satu negara dengan industri film paling tua dan paling maju yang ada di dunia. Hingga kini, Jepang sudah merilis banyak film yang sangat populer di dunia. Bahkan, Jepang adalah negara yang memenangkan lebih banyak piala Oscars dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya.

Berikut ini adalah 5 film Jepang terbaik yang meraih penghargaan internasional. Penasaran apa saja filmnya? Simak ulasan berikut.

1. Spirited Away

https://www.youtube.com/embed/ByXuk9QqQkk

Untuk para pecinta anime, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan film animasi yang satu ini. Film ini bercerita tentang Chihiro yang tidak sengaja terseret ke dunia arwah. Untuk menyelamatkan orang tuanya, Chihiro harus berpetualang di dunia tersebut demi menemukan cara untuk mengembalikan orang tuanya yang juga terjebak dalam dunia tersebut.

Spirited Away adalah film anime tersukses yang pernah ada. Saat perilisan pertama, film ini berhasil menarik lebih dari 23 juta penonton dan meraup keuntungan sekitar 30 miliar yen. Pada tahun 2002, film ini berhasil meraih piala Oscars untuk kategori Film Animasi Terbaik di mana saat itu Spirited Away adalah film anime pertama yang meraih penghargaan tersebut. Tak hanya itu aja, film ini juga berhasil meraih Penghargaan Beruang Emas dalam ajang Pesta Film Internasional Berlin 2002.

2. Departures

https://www.youtube.com/embed/Ks6ZghMqJqA

Daigo Kobayashi (Masahiro Motoki) adalah seorang pemain cello yang kehilangan pekerjaannya setelah grup orkestranya dibubarkan. Daigo dan istrinya, Mika Kobayashi (Ryoko Hirosue) pun memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Yamagata.

Setibanya di sana, Daigo pun berusaha untuk menemukan pekerjaan baru. Ia pun mulai melamar ke sebuah perusahaan yang ia kira adalah perusahaan jasa pengantar. Namun, di hari pertamanya bekerja, Daigo pun menyadari bahwa pekerjaan barunya adalah berkaitan dengan upacara pemakaman jenazah. Malu dengan pekerjaan baru suaminya, Mika pun mengancam Daigo untuk berhenti di pekerjaan tersebut atau ia akan menceraikannya.

Dirilis pada tahun 2008, film ini berhasil meraih penghargaan Film Terbaik di acara Japan Academy Awards yang ke-32 dan penghargaan Film Berbahasa Asing Terbaik di acara 81th Academy Awards.

3. Nobody Knows

https://www.youtube.com/embed/o8COIEaleR8

Keiko Fukushima (You) adalah seorang single parent yang memiliki 4 anak. Meskipun begitu, Keiko mengaku bahwa dirinya hanya memiliki satu anak yaitu Akira Fukushima (Yuya Yagira). Setelah pindah ke apartemen barunya, Keiko harus menyembunyikan 3 anaknya.

Sementara semua anaknya berkumpul di apartemen barunya, Keiko pergi untuk bekerja dan menemui pacar barunya. Namun, sejak hari itu Keiko tidak pernah kembali dan tidak ada yang mengetahui ke mana ia pergi. Mau tak mau, Akira pun terpaksa harus mengurus semua saudaranya.

Pada tahun 2004, film ini berhasil meraih penghargaan Film Terbaik di acara Hochi Film Awards. Tak hanya itu saja, namun film ini juga kembali meraih penghargaan sebagai Film Terbaik dan Direktur Terbaik dalam acara Blue Ribbon Awards pada tahun 2005.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Jepang di Film-film Ghibli, Bisa Bikin Sendiri!

4. Like Father, Like Son

https://www.youtube.com/embed/joR0F6Z9fDc

Seorang ayah bernama Ryota Nonomiya (Masaharu Fukuyama) menerima telepon dari rumah sakit yang menyatakan bahwa putranya yang berumur 6 tahun bukanlah anak kandungnya. Rumah sakit tersebut memberi tahu bahwa ada bayi yang tertukar pada 6 tahun yang lalu.

Mengetahui hal tersebut, Ryota dan istrinya, Midori Nonomiya (Machiko Ono) pun dihadapkan dengan pilihan sulit antara menukarkan anak tersebut dengan anak kandungnya, atau mempertahankan anak yang sudah mereka urus selama 6 tahun.

Film ini berhasil meraih penghargaan Jury Prize dalam acara Cannes Film Festival 2013. Tak hanya itu saja, namun pemeran pendukung Lily Franky dan Yoko Maki berhasil meraih penghargaan Aktor Pemeran Pendukung Terbaik dan Aktris Pemeran Pendukung Terbaik dalam acara Japan Academy Awards.

5. Hana-Bi

https://www.youtube.com/embed/fHpV5-pRwHU

Dikenal juga dengan judul Fireworks, film ini berfokus pada Yoshitaka Nishi (Takeshi Kitano) yang bekerja sebagai detektif. Nishi memiliki istri yang sedang berjuang keras dengan penyakit Leukimia. Tak hanya itu saja, Nishi juga tertekan dengan pembantaian terhadap rekan-rekan kerjanya. Hal tersebut pun akhirnya membawa Nishi untuk melakukan hal-hal yang buruk seperti serangkaian pembunuhan.

Film ini berhasil meraih penghargaan Golden Lion di Festival Film Internasional Venice yang ke-54, Film Berbahasa Asing Terbaik di 1998 Chicago Film Critics Association Awards dan Grand Prix di Belgian Syndicate of Cinema Critics.

Itulah 5 film Jepang terbaik yang menerima penghargaan internasional. Yang mana film favoritmu?

Baca Juga: 5 Film Crime Jepang Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya