Comscore Tracker

Fullmetal Alchemist: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Amestris

Negara tempat Ed dan Al tinggal! #IDNTimesHype

Seri Fullmetal Alchemist berlatarkan di sebuah negara bernama Amestris pada era 1800-an dan 1900-an. Negara yang sangat kental dengan nuansa Jerman Nazi ini diatur oleh militer dan dipimpin oleh seseorang yang disebut sebagai Fuhrer.

Amestris adalah negara yang sangat unik karena selain ada beberapa hal yang ternyata diadaptasi dari dunia nyata, negara ini juga memiliki beberapa perbedaan dengan negara-negara tetangganya. Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang Amestris, berikut ini adalah lima fakta yang harus kamu ketahui tentang Amestris. Simak ulasan berikut.

1. Amestris lebih maju dari negara lainnya dalam hal teknologi

Fullmetal Alchemist: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Amestrisautomail (dok. Netflix/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Untuk negara yang berdiri di era 1800-an, Amestris adalah negara yang cukup maju. Bahkan, bisa dibilang, Amestris adalah yang terbaik dalam hal teknologi. Sementara beberapa masyarakatnya masih menggunakan batu bara sebagai sumber bahan bakar, listrik dan mesin bertenaga uap sudah menjadi hal yang umum di negara ini.

Selain itu, negara ini juga terkenal dengan kemajuannya terhadap automail, anggota tubuh buatan yang terbuat dari mesin. Bengkel dan pengguna automail cukup sering ditemukan di negara ini. Terakhir, Amestris juga terkenal unggul dalam hal alkimia.

2. Amestris terdiri dari beberapa negara yang diambil alih oleh militer

Fullmetal Alchemist: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Amestrispeta Amestris (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Pada awalnya, Central adalah satu-satunya wilayah yang dikendalikan oleh Amestrian. Namun, setelah Amestris didirikan, Father datang ke Amestris dan memberikan pengetahuan akan kekuatan baru, yaitu alkimia.

Setelah mempelajari dan mengembangkan alkimia, Amestris mulai menggunakan kekuatan baru mereka untuk menyerang negara-negara tetangga. Karena memiliki keunggulan dalam hal kecanggihan senjata, Amestris selalu memenangkan pertempuran sehingga mereka berhasil merebut negara-negara tentangganya.

3. Nilai mata uang Amestris setara dengan yen Jepang di dunia nyata

Fullmetal Alchemist: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Amestriscenz (dok. Netflix/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Diketahui bahwa cenz adalah mata uang resmi yang digunakan di Amestris. Diketahui juga bahwa nilai mata uang ini setara dengan yen Jepang di dunia nyata. Itu artinya, 1 cenz Amestris setara dengan 131 rupiah Indonesia.

Di Amestris, secangkir kopi berharga dengan 100 cenz, atau setara dengan 13 ribu rupiah. Sementara itu, untuk automail berkualitas tinggi berharga dengan 10 juta cenz, atau setara dengan 1,3 miliar rupiah. Cukup besar, bukan?

Baca Juga: 5 Homunculus Terkuat dalam Anime Fullmetal Alchemist

4. Amestris dan negara tetangganya diadaptasi dari negara di dunia nyata

Fullmetal Alchemist: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang Amestrispeta dunia Fullmetal Alchemist (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Ada banyak hal yang membuktikan bahwa Amestris diadaptasi dari negara di dunianya, yaitu Jerman Nazi. Salah satunya adalah fakta bahwa Amestris dipimpin oleh seorang diktator yang disebut dengan Furher. Tak hanya itu saja, populasi dan peralatan yang digunakan di Amestris juga sangat mencerminkan Jerman Nazi.

Selain itu, tiga negara tetangga Amestris juga diadaptasi dari geografi dunia nyata, yaitu Kreta yang diadaptasi dari Amerika Utara, Aerugo yang diadaptasi dari Italia, dan Drachma yang diadaptasi dari Rusia.

5 Amestris tidak memiliki angkatan laut dan angkatan udara

Fullmetal Alchemist: 5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui tentang AmestrisPasukan Briggs (dok. Studio Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Meskipun Amestris memiliki militer yang sangat kuat, tapi negara ini tidak memiliki angkatan laut dan udara. Hal tersebut disebabkan karena geografi dan keadaan teknologi di negara tersebut.

Amestris tidak membutuhkan angkatan laut karena wilayah mereka terkurung dalam daratan dan tidak memiliki akses langsung ke lautan. Sementara itu, negara ini juga tidak membutuhkan angkatan udara, karena pesawat belum ditemukan pada saat itu.

Itulah lima fakta yang harus kamu ketahui tentang Amestris. Jadi, bagaimana pendapatmu tentang negara tempat Ed dan Al tinggal ini?

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Anime dan Manga Fullmetal Alchemist

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya