Comscore Tracker

5 Hal yang Paling Mempengaruhi Jalan Cerita Naruto

Apa jadinya jika hal ini tak pernah terjadi? #IDNTimesHype

Ada banyak hal besar yang terjadi selama seri Naruto berlangsung. Dimulai dari serangan Kyubi di Konoha, Pain menginvasi Konoha, hingga terjadinya Perang Shinobi Keempat. Tentu saja, kejadian-kejadian tersebut tidak akan terjadi begitu saja tanpa ada sebab dan akibat. Selalu ada hal yang memicu terjadinya sebuah peristiwa besar.

Bahkan, tak jarang, sebuah hal yang terdengar sepele justru menjadi penyebab dari terjadinya kekacauan yang besar. Berikut ini ada lima hal yang paling mempengaruhi jalan cerita Naruto. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Kebencian Tobirama terhadap klan Uchiha dan penemuannya terhadap Edo Tensei

5 Hal yang Paling Mempengaruhi Jalan Cerita NarutoTobirama Senju (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Meskipun Tobirama sudah tiada saat Perang Shinobi Keempat dimulai, namun Tobirama secara tidak langsung bertanggung jawab atas terjadinya Perang Shinobi Keempat. Kebencian Tobirama terhadap Uchiha adalah hal yang membuat Madara mulai menjalankan Rencana Mata Bulan.

Setelah kematiannya, Madara menyerahkan semua tugasnya kepada Obito yang kemudian hanya menghasilkan banyak kekacauan baru. Jika saja Tobirama tidak pernah berbicara buruk tentang Uchiha, Madara mungkin akan berpikir bahwa Senju sudah mempercayai Uchiha dan Madara mungkin akan hidup dengan damai bersama Hashirama.

Selain itu, jurus yang diciptakan oleh Tobirama, Edo Tensei, juga menjadi senjata yang digunakan oleh Kabuto dan Obito untuk memulai Perang Shinobi Keempat. Jika saja Tobirama tidak pernah menciptakan Edo Tensei, Kabuto dan Obito tidak akan memiliki kekuatan untuk memulai Perang Shinobi Keempat.

2. Serangan Kurama di Konoha

5 Hal yang Paling Mempengaruhi Jalan Cerita NarutoKurama menyerang Konoha. (dok. Studio Pierrot/The Last: Naruto the Movie)

Serangan Kurama di Konoha adalah hal yang sangat mempengaruhi Konoha, terutama kehidupan Naruto. Saat itu, Obito mencoba untuk mencuri Kurama dari Kushina, karena dirinya mengetahui bahwa segel Kushina akan melemah karena kehamilannya.

Setelah membiarkan Kurama mengamuk di Konoha, Obito gagal mencuri Kurama karena Minato sudah terlebih dahulu menyegel sang Ekor Sembilan ke dalam tubuh Naruto. Namun, sebagai gantinya, Minato dan Kushina harus kehilangan nyawa mereka dan meninggalkan Naruto.

Serangan Kurama di Konoha juga menjadi awal dari pembantaian klan Uchiha. Saksi mata melihat bahwa orang yang melepaskan Kurama adalah seorang Uchiha karena memiliki Sharingan. Alhasil, klan Uchiha diasingkan dan dipindahkan ke pinggiran Konoha.

Tak terima dengan perlakuan Konoha terhadap Uchiha, Fugaku yang saat itu merupakan pemimpin klan Uchiha mulai merencanakan kudeta. Namun, rencana tersebut berakhir dengan pembantaian klan Uchiha.

3. Ketidakmampuan Hiruzen untuk bertindak tegas terhadap Danzo

5 Hal yang Paling Mempengaruhi Jalan Cerita NarutoHiruzen memergoki Danzo sedang duduk di kursinya. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Hiruzen selalu disebut sebagai Hokage yang sempurna karena selain kuat, Hiruzen juga merupakan ninja yang genius. Namun, Hiruzen tetap memiliki beberapa kekurangan, dan salah satunya adalah ketidakmampuannya dalam bertindak tegas terhadap Danzo.

Selama Danzo menjadi seorang ninja, Danzo sudah melakukan banyak kejahatan yang merugikan Konoha. Danzo telah membuat Kabuto membunuh ibunya sendiri dan membuat Itachi membunuh klannya sendiri. Mengerikannya lagi, hal tersebut hanyalah sedikit dari sekian banyak kejahatan yang dilakukan oleh Danzo.

Anehnya, Hiruzen tidak pernah memberikan tindakan tegas terhadap kawan lamanya. Bahkan setelah Danzo mengirim anak buahnya untuk membunuh Hiruzen, Hiruzen masih memaafkan Danzo. Alih-alih memberikan tindakan tegas, Hiruzen justru membiarkan Danzo mendirikan Root yang hanya akan mempermudahnya dalam melakukan kejahatan.

Baca Juga: 5 Kage Termuda yang Pernah Ada dalam Sejarah Naruto

4. Kematian Yahiko

5 Hal yang Paling Mempengaruhi Jalan Cerita Narutokematian Yahiko. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Akatsuki pertama kali didirikan oleh tiga anak yatim piatu di Amegakure, yaitu Nagato, Yahiko, dan Konan. Pada awalnya, Akatsuki didirikan dengan tujuan untuk menghentikan perang dan membawa kedamaian terhadap dunia. Namun, semuanya berubah setelah Danzo dan Hanzo bekerja sama untuk membunuh Yahiko.

Diprovokasi oleh Obito, Nagato mulai membawa Akatsuki ke jalan yang salah. Nagato mulai bertujuan untuk mengumpulkan semua Bijuu dan menempatkan dunia dalam ketakutan atas kekuatan Akatsuki. Meskipun tujuannya tetap untuk mencegah peperangan, namun Nagato menempuh jalan yang merugikan orang lain.

Sejak saat itu, Akatsuki mulai melakukan tindakan-tindakan yang merugikan dunia shinobi. Kekacauan terbesar yang pernah diciptakan Akatsuki adalah saat Pain melakukan invasi terhadap Konoha untuk mencuri Ekor Sembilan dari tubuh Naruto.

5. Perdamaian klan Senju dan klan Uchiha

5 Hal yang Paling Mempengaruhi Jalan Cerita NarutoKlan Uchiha dan klan Senju berdamai. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Sebelum adanya desa shinobi, klan Senju dan klan Uchiha adalah dua klan yang saling bermusuhan. Kedua klan menyimpan kebencian terhadap satu sama lain, sehingga Senju dan Uchiha selalu terlibat dalam peperangan. Namun, semuanya berubah setelah Hashirama dan Madara tumbuh dewasa dan menjadi pemimpin klan mereka masing-masing.

Untuk pertama kalinya, klan Senju dan klan Uchiha sepakat untuk melakukan gencatan senjata dan berdamai agar mereka dapat mendirikan Konohagakure. Konohagakure menjadi desa shinobi pertama di dunia Naruto. Dengan didirikannya Konohagakure, wilayah-wilayah lain mulai mendirikan desa shinobi mereka masing-masing. Dengan begitu, perdamaian klan Senju dan klan Uchiha menjadi penyebab adanya desa shinobi.

Itulah lima hal yang paling mempengaruhi jalan cerita Naruto. Menurutmu, hal apa lagi yang paling mempengaruhi jalan cerita Naruto. Tulis pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga: 5 Rival Terbaik dalam Anime Naruto, Tak Hanya Naruto dan Sasuke

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

死ぬ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya