Comscore Tracker

5 Ibu Tiri Paling Jahat yang Pernah Ada dalam Anime

Nggak kalah jahat sama ibu tiri di sinetron! #IDNTimesHype

Dalam sinetron, kita sering diperkenalkan dengan karakter ibu tiri yang jahat kepada anak tirinya. Karakter ibu tiri sering ditampilkan sebagai sosok yang pilih kasih karena mereka memperlakukan anak kandung dan anak tirinya dengan perlakuan yang sangat jauh berbeda.

Meski faktanya tidak selalu begitu, hal ini juga berlaku dalam anime. Tak kalah dengan sinetron, anime juga memiliki karakter ibu tiri yang kejam terhadap anak tirinya. Penasaran siapa saja karakternya? Simak ulasan berikut.

1. Roji (One Piece)

5 Ibu Tiri Paling Jahat yang Pernah Ada dalam AnimeRoji (dok. Toei Animation/One Piece)

Roji adalah orang yang mengasuh Nico Robin ketika ibu Robin, Nico Olvia, pergi untuk mempelajari Abad Kekosongan. Roji sebenarnya adalah bibi Robin karena suaminya adalah kakak dari Olvia. Meski begitu, Roji tidak pernah menganggap Robin sebagai keponakannya.

Roji lebih menganggap Robin sebagai pembantu di rumahnya. Tak jarang Roji meninggalkan Robin dengan pekerjaan rumah yang menumpuk dan makanan yang sedikit, sementara dirinya pergi makan di restoran. Buruknya lagi, Roji akan memukul Robin jika Robin menangis.

2. Carmel (One Piece)

5 Ibu Tiri Paling Jahat yang Pernah Ada dalam AnimeCarmel (dok. Toei Animation/One Piece)

Masih di dunia One Piece, Carmel adalah pengasuh di Sheep's House dan orang yang mengasuh Big Mom saat dia masih kecil. Sekilas, Carmel memang terlihat seperti pengasuh yang baik dan ramah. Namun, di balik senyumannya, Carmel menyimpan niat jahat kepada anak-anak asuhnya.

Carmel sering menjual anak asuhnya kepada Pemerintah Dunia untuk dilatih menjadi Marinir. Ketika dirinya mengasuh Big Mom, Carmel berpikir bahwa dirinya bisa mendapatkan uang banyak dari menjual Big Mom. Namun, Carmel malah berakhir dimakan oleh Big Mom.

Baca Juga: 5 Villain One Piece yang Punya Kisah Masa Lalu Paling Sedih

3. Mrs. Stadtfeld (Code Geass)

5 Ibu Tiri Paling Jahat yang Pernah Ada dalam AnimeMrs. Stadtfeld (dok. Sunrise/Code Geass)

Mrs. Stadtfeld adalah istri kedua dari ayah kandung Kallen dan Naoto Kozuki. Karena dirinya tidak bisa melahirkan anak, Mrs. Stadtfeld setuju untuk menerima Kallen dan Naoto sebagai anak tirinya. Meski begitu, dirinya tidak pernah memperlakukan Kallen dan Naoto dengan baik.

Mrs. Stadtfeld tidak mengizinkan kedua anak tirinya untuk bertemu dengan ibu kandung mereka. Namun, karena ibu Kallen memaksa, Mrs. Stadtfeld akhirnya membiarkan ibu Kallen untuk bekerja di rumahnya sebagai pembantu. Mrs. Stadtfeld juga sering kasar kepada ibu Kallen karena dirinya sering memukul ibu Kallen jika dirinya melakukan kesalahan.

4. Bibi Kaneki (Tokyo Ghoul)

5 Ibu Tiri Paling Jahat yang Pernah Ada dalam Animebibi Kaneki (dok. Pierrot/Tokyo Ghoul)

Setelah kematian ibunya, Kaneki harus tinggal bersama bibinya. Pada awalnya, bibi Kaneki memang memperlakukan Kaneki dengan baik. Namun, seiring berjalannya waktu, bibi Kaneki mulai memperlakukan Kaneki dengan kasar.

Tak jarang bibi Kaneki melakukan kekerasan secara verbal terhadap Kaneki. Tak hanya itu, bibi Kaneki juga sering tidak memberi makan kepada Kaneki. Terungkap juga bahwa bibi Kaneki sebenarnya bertanggung jawab atas kematian ibu Kaneki. Bibi Kaneki memeras ibu Kaneki sehingga ibu Kaneki harus bekerja keras sampai dirinya meninggal.

5. Isabella (The Promised Neverland)

5 Ibu Tiri Paling Jahat yang Pernah Ada dalam AnimeIsabella (dok. CloverWorks/The Promised Neverland)

Isabella adalah pengasuh di Grace Field House, sekaligus berperan sebagai antagonis utama pada awal seri The Promised Neverland. Di hadapan anak-anak, Isabella tampak seperti ibu yang baik dan penyayang. Namun, di luar itu, Isabella menjual anak-anaknya kepada iblis untuk dimakan.

Meskipun dirinya sudah membunuh banyak anak asuhnya, Isabella sebenarnya tidak benar-benar jahat. Dirinya terpaksa melakukan hal tersebut untuk bertahan hidup. Di akhir seri, Isabella bergabung dengan anak-anak asuhnya untuk bertarung melawan iblis.

Baik dalam sinetron maupun dalam anime, sosok ibu tiri selalu melekat dengan image yang jahat dan pilih kasih. Meski begitu, bukan berarti bahwa semua ibu tiri itu jahat. Di luar sana, ada banyak ibu tiri yang tetap menyayangi anaknya dengan tulus meskipun itu bukan anak kandung mereka.

Baca Juga: 5 Perbedaan Terbesar antara Anime dan Manga The Promised Neverland

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya