Comscore Tracker

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar tentang Seri 'Danganronpa'

Danganronpa tidak diadaptasi dari manga? #IDNTimesHype

Pertama kali dirilis pada 2013, Danganronpa: The Animation telah menjadi salah satu anime bertema survival terbaik yang pernah ada. Anime yang diproduksi oleh studio Lerche ini menceritakan tentang sekelompok remaja yang tiba-tiba terjebak di sebuah gedung sekolah.

Secara misterius, boneka beruang yang dikenal denga Monokuma tiba-tiba muncul dan memaksa para remaja tersebut untuk saling membunuh satu sama lain. Karena Danganronpa bukanlah seri yang berlangsung dalam waktu yang lama, ada banyak pertanyaan penggemar yang masih belum terjawab mengenai seri ini.

Untuk memperjelas, kali ini penulis sudah merangkum lima jawaban dari pertanyaan penggemar seputar anime Danganronpa. Simak ulasan berikut.

1. Siapa yang menciptakan Monokuma?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar tentang Seri 'Danganronpa'Dok. Studio Lerche/Danganronpa: The Animation

Monokuma adalah robot yang berupa boneka beruang yang menjabat sebagai kepala sekolah di Hope's Peak Academy, sekaligus maskot bagi seri Danganronpa. Monokuma juga merupakan boneka yang mengatur permainan kematian di Hope's Peak Academy.

Monokuma bukanlah makhluk yang berasal dari tempat misterius atau berasal dari planet lain. Monokuma sendiri diciptakan oleh Junko Enoshima dan penggemarnya, Monaca Towa. Junko sengaja menciptakan Monokuma untuk mengatur permainan kematian dan membuat permainan semakin menarik.

2. Apakah Danganronpa diadaptasi dari manga?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar tentang Seri 'Danganronpa'Dok. Studio Lerche/Danganronpa

Tidak, berbeda dengan seri anime pada umumnya yang diadaptasi dari seri manga, Danganronpa sama sekali tidak diadaptasi dari manga. Danganronpa adalah salah satu dari sedikit anime yang diadaptasi dari video game.

Danganronpa: The Animation diadaptasi dari video game Danganronpa yang dikembangkan oleh Spike Chunsoft. Seri yang berisi 13 episode ini diproduksi oleh studio Lerche. Meskipun animenya tidak sesempurna versi video game-nya, namun studio Lerche berhasil mengemas Danganronpa dengan sangat baik, tanpa menghilangkan ketegangan yang ada dalam versi video game-nya.

3. Apakah pengisi suara anime Danganronpa sama dengan pengisi suara pada versi video game-nya?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar tentang Seri 'Danganronpa'Dok. Studio Lerche/Danganronpa

Meskipun memiliki judul yang sama dan jalan cerita yang serupa, namun pengisi suara anime Danganronpa berbeda dengan pengisi suara pada versi video game-nya. Video game Danganronpa menggunakan bahasa Inggris sehingga pengisi suara video game Danganronpa berbeda dengan pengisi suara anime Danganronpa yang menggunakan bahasa Jepang.

Funimation adalah pihak yang bertanggung jawab atas dubbing anime Danganronpa. Semua karakter anime Danganronpa dibintangi oleh aktor suara yang berbeda dengan video game-nya, kecuali untuk karakter Makoto Naegi, satu-satunya karakter yang memiliki pengisi suara yang sama dengan video game-nya, yaitu Brice Papenbrook.

Baca Juga: 5 Teori Fans yang Paling Aneh tentang Ending Attack on Titan

4. Apakah Danganronpa memiliki seri spin off?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar tentang Seri 'Danganronpa'Dok. Mitomo Sasako/Danganronpa

Tak hanya diadaptasi ke dalam anime saja, Danganronpa juga diadaptasi ke dalam versi manga. Danganronpa memiliki manga spin off yang berjudul Danganronpa Gaiden: Killer Killer. Manga spin off ini mengacu pada peristiwa yang terjadi pada Danganronpa 3.

Menariknya, meskipun pada awalnya manga ini dirilis hanya untuk sebuah seri spin off, namun Danganronpa Gaiden: Killer Killer ternyata memiliki keterkaitan dengan Danganronpa 3.

5. OVA anime Danganronpa dibundel dengan Danganronpa V3

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar tentang Seri 'Danganronpa'Dok. Studio Lerche/Danganronpa

Dalam rilisan edisi terbatas Danganronpa V3: Killing Harmony yang dibuat untuk PlayStation 4, terdapat anime OVA yang berjudul Danganronpa 2.5: Nagito Komaeda. Anime ini menceritakan kisah memilukan yang terjadi sebelum arc Harapan di Danganronpa 3.

OVA ini juga sangat terkait dengan Danganronpa 3, yang menjelaskan lebih dalam tentang akhir dari Danganronpa 3.

Itulah lima jawaban dari pertanyaan penggemar seputar seri Danganronpa. Hal apa lagi yang paling membuatmu penasaran dengan seri ini? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Karakter Paling Genius dalam Seri Anime dan Manga Danganronpa

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya