Comscore Tracker

5 Jawaban dari Pertanyaan Terbesar Mengenai Seri Isekai

Salah satu genre anime yang paling digemari! #HypeIDN

Isekai adalah salah satu genre anime yang cukup laris di pasaran dalam waktu lima tahun terakhir. Dengan menggabungkan konsep fantasi, seri isekai selalu mengajak penontonnya untuk berpetualang di dunia lain yang sangat berbeda dengan dunia yang selama ini kita ketahui.

Sementara isekai telah menjadi genre yang sangat digemari oleh penggemar anime, ada begitu banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para penggemar mengenai genre yang satu ini. Maka dari itu, kali ini penulis sudah merangkum lima jawaban dari pertanyaan terbesar mengenai seri isekai. Simak ulasan berikut. 

1. Apa arti dari kata isekai?

5 Jawaban dari Pertanyaan Terbesar Mengenai Seri IsekaiDok. 8bit Studio/That Time I Got Reincarnated as a Slime

Secara harfiah, kata isekai sendiri berarti dunia lain. Ketika sebuah seri anime dikategorikan sebagai anime isekai, maka berarti anime tersebut memiliki latar dunia lain yang tidak diketahui oleh sang karakter utama atau para penonton.

Kemungkinan besar bahwa istilah ini diciptakan untuk menggambarkan seri bergenre tersebut dengan singkat dan jelas. Sementara itu, ada juga reverse isekai yang merupakan varian dari genre isekai. 

2. Apa itu reverse isekai?

5 Jawaban dari Pertanyaan Terbesar Mengenai Seri IsekaiDok. Studio White Fox/The Devil is a Part-Timer!

Jika pada biasanya seri isekai menceritakan tentang manusia Bumi yang dikirim ke dunia lain untuk suatu alasan, maka reverse isekai adalah kebalikannya. Reverse isekai adalah bagian dari isekai yang menceritakan tentang makhluk dunia lain yang dilemparkan ke Bumi untuk suatu alasan. 

Hingga kini, sudah ada banyak seri reverse isekai yang sangat populer, seperti Hataraku Maou-Sama! dan Kobayashi-san Chi no Maid Dragon. Biasanya, kebanyakan anime reverse isekai selalu bercerita tentang makhluk asing yang memiliki kekuatan sihir, kemudian ia dilemparkan ke Bumi dan harus beradaptasi di Bumi tanpa menggunakan sihir.

3. Apakah genre isekai dimulai oleh Sword Art Online?

5 Jawaban dari Pertanyaan Terbesar Mengenai Seri IsekaiDok. A-1 Pictures/Sword Art Online

Karena genre isekai mulai ramai digemari sejak dirilisnya anime Sword Art Online, banyak penggemar yang bertanya apakah Sword Art Online adalah anime yang memulai genre isekai? Tentu saja tidak. Sebelum Sword Art Online dirilis, sudah ada banyak anime isekai populer seperti InuYasha, Escaflowne, hingga Spirited Away yang merupakan film anime populer dari Studio Ghibli.

Sebelum era Sword Art Online, ada .hack//Sign yang merupakan anime isekai yang menceritakan tentang Tsukasa yang terjebak dalam dunia video game. Dapat dikatakan bahwa genre ini sudah ada sejak lama.

Baca Juga: 5 Anime Ini Ternyata Masuk Subgenre "Isekai" Lho!

4. Apa yang menginspirasi genre isekai?

5 Jawaban dari Pertanyaan Terbesar Mengenai Seri Isekaifunimation.com/Re:Zero

Ide tentang seseorang yang berpetualang di dunia fantasi sudah ada sejak lama. Banyak kisah klasik seperti The Wizard of OZ, Peter Pan, dan hingga Alice in Wonderland yang kemungkinan besar memainkan peran penting dalam inspirasi seri anime isekai. 

Tak hanya itu saja, ada juga banyak contoh karakter yang berpergian ke dunia lain dalam dunia sastra dan ide tersebut sudah digunakan dalam waktu beberapa dekade terakhir.

5. Mengapa kebanyakan anime isekai selalu mengusung tema fantasi?

5 Jawaban dari Pertanyaan Terbesar Mengenai Seri IsekaiDok. Studio Madhouse/Overlord

Cukup sulit bagi penulis untuk menciptakan cerita tentang seseorang yang dikirim ke dunia lain tanpa menggunakan sihir. Isekai adalah genre yang hampir mustahil untuk tidak memiliki fantasi di dalamnya.

Meskipun mungkin di masa depan seri isekai yang berdasarkan sains akan dirilis, namun untuk saat ini, hampir semua seri isekai memiliki elemen fantasi yang cukup kuat. Jika kamu tidak terlalu menyukai genre fantasi, maka isekai adalah genre yang sebaiknya dihindari karena isekai ini selalu melekat dengan konsep fantasi.

Itulah lima jawaban dari pertanyaan terbesar mengenai seri isekai. Bagaimana pendapatmu tentang genre yang satu ini?

Baca Juga: 5 Anime Isekai dengan Hero Paling Gokil dan Anti-Mainstream!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya