Comscore Tracker

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar Seputar Manga Attack on Titan

Apa beda Anime dan manga Attack on Titan? #HypeIDN

Attack on Titan adalah salah satu seri manga dan anime terpopuler saat ini. Selain memiliki unsur aksi yang menegangkan dan politik yang rumit, seri ini juga memiliki segudang misteri yang tidak pernah gagal dalam membuat para penggemar merasa penasaran. Sementara trailer Attack on Titan Final Season sudah dirilis pada Mei lalu, namun hingga kini belum ada kepastian kapan musim terakhir seri ini akan dirilis.

Maka dari itu, tak sedikit penggemar yang mulai membaca manga Attack on Titan untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Sebagai seri manga yang cukup diminati, hingga kini sudah ada banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh penggemar mengenai seri ini. Berikut ini adalah lima jawaban dari pertanyaan penggemar seputar manga Attack on Titan. Simak ulasan berikut. 

1. Apakah untuk membaca manga Attack on Titan harus dimulai dari chapter pertama?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar Seputar Manga Attack on Titanvrv.co/Attack on Titan

Jika kamu tidak suka membaca materi yang diulang-ulang, maka kamu tidak perlu membaca manga dari chapter pertama, karena anime dan manga Attack on Titan tidak memiliki begitu banyak perbedaan. Tergantung dari berapa musim yang sudah kamu tonton, kamu dapat mulai membaca manga Attack on Titan dari chapter saat musim berakhir.

Jika kamu baru saja menyelesaikan musim ketiga, maka kamu dapat mulai membaca manga Attack on Titan dari chapter 91. Sementara itu, bagi penggemar yang sudah menyaksikan musim kedua, kamu bisa memulai pada chapter 52. Sedangkan untuk penggemar yang baru selesai menyaksikan musim pertama, maka chapter yang ideal untuk membaca manga adalah chapter 34.

2. Apakah manga Attack on Titan memiliki spin-off?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar Seputar Manga Attack on TitanDok. Wit Studio/Attack on Titan

Tentu saja, seri Attack on Titan memiliki beberapa judul spin-off yang cukup menarik untuk diikuti. Spin-off pertama adalah Lost Girls, yang berfokus pada Annie dan Mikasa. Spin-off kedua adalah Harsh Mistresses of the City, yang berfokus pada dua gadis, Rita dan Mathias, selama penyerbuan Dinding Maria.

Tak hanya itu saja, seri ini juga memiliki spin-off yang berjudul No Regrets, yang berfokus pada Levi sebelum dirinya bergabung dengan Pasukan Pengintai. Selain spin-off, seri juga memiliki beberapa buku parodi dan komedi yang menampilkan karakter-karakter lucu dari Attack on Titan. Buku tersebut adalah Attack on Titan: Junior High dan Spoof of Titan, yang memiliki kisah yang tidak berkaitan dengan seri utamanya.

3. Apa itu Attack on Titan: Before the Fall?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar Seputar Manga Attack on Titankodanshacomics.com/Attack on Titan: Before the Fall

Before the Fall adalah seri spin-off Attack on Titan yang mengikuti dua karakter yang tidak memiliki keterkaitan dengan tokoh-tokoh utama Attack on Titan. Sebagian kisah Before the Fall berfokus pada Angel Aaltonen yang merupakan penemu 3D Manuver.

Sementara itu, bagian lainnya mengikuti Kuklo, seorang bayi yang ditemukan setelah dimuntahkan oleh Titan dan kemudian bergabung dengan Pasukan Pengintai. 

Baca Juga: Peringkat 9 Titan Shifter di "Attack on Titan", Siapa Paling Hebat?

4. Seberapa dekat anime mengikuti cerita manga?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar Seputar Manga Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Anime Attack on Titan sangat mengikuti kisah pada manga. Meskipun begitu, terdapat beberapa perbedaan antara anime dan manga Attack on Titan, seperti perbedaan pada kepribadian karakter dan beberapa adegan manga yang dipotong pada anime.

Manga memiliki chapter yang panjang yang tidak dibatasi oleh jam tayang. Maka dari itu, manga dapat menceritakan karakter-karakter utamanya dengan lebih detail ketimbang anime.

5. Apakah karakter pada manga dan anime memiliki perbedaan?

5 Jawaban dari Pertanyaan Penggemar Seputar Manga Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Seperti anime pada umumnya, karakter-karakter Attack on Titan juga sedikit diubah untuk terlihat lebih menarik bagi para penggemar. Contoh perbedaan kepribadian karakter yang cukup menonjol terdapat pada Levi dan Mikasa.

Dalam manga, Levi memiliki lebih banyak selera humor, daripada versi anime yang menampilkan Levi sebagai karakter yang acuh tak acuh terhadap sekitarnya. Selain itu, Mikasa juga tidak terlalu terobsesi terhadap Eren, seperti yang diperlihatkan dalam anime.

Itulah lima jawaban dari pertanyaan penggemar seputar manga Attack on Titan. Jadi, hal apa lagi yang kamu pertanyakan tentang manga Attack on Titan?

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Fakta Unik tentang Kekuatan Titan Eren

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya