Comscore Tracker

5 Jenis Yokai yang Sering Muncul dalam Anime

Yokai apa saja yang sering kamu lihat di anime?

Anime sudah memperkenalkan banyak hal tentang Jepang seperti budaya, tata krama, hingga makhluk gaib yang dikenal dengan yokai. Yokai sendiri adalah makhluk mistis yang dipercayai oleh masyarakat Jepang. Yokai hadir dengan wujud yang berbeda-beda, mulai dari wujud yang menyerupai hantu menyeramkan hingga menyerupai binatang.

Yokai tidak hanya hadir dalam cerita rakyat Jepang saja, namun yokai juga sering kali menjadi salah satu bagian dalam sebuah cerita anime. Dari nekomata hingga tengu, berikut ini adalah lima jenis yokai yang sering muncul dalam anime. Simak ulasan berikut. 

1. Nekomata

5 Jenis Yokai yang Sering Muncul dalam AnimeDok. Studio Sunrise/InuYasha

Nekomata adalah jenis yokai yang menyerupai kucing yang memiliki dua ekor. Dalam cerita rakyat, nekomata disebutkan sebagai yokai yang tinggal di pegunungan. Sementara itu, cerita rakyat lainnya mengatakan bahwa nekomata adalah kucing peliharaan yang berubah menjadi nekomata seiring bertambahnya usia kucing tersebut.

Contoh karakter nekomata dalam anime adalah Kirara dalam anime InuYasha, Kuro dalam anime Blue Exorcist, dan Kuroka dalam anime High School DxD.

2. Kodama

5 Jenis Yokai yang Sering Muncul dalam AnimeDok. Studio Ghibli/Princess Mononoke

Pada dasarnya, kodama adalah roh pohon. Wujud kodama ditampilkan berbeda-beda dalam setiap cerita rakyat Jepang. Kodama dapat menyerupai binatang buas, cahaya, hingga menyerupai manusia. Kodama hadir dalam salah satu anime populer buatan Studio Ghibli, Princess Mononoke.

Baca Juga: 5 Fusion Paling Overpowered dalam Anime Dragon Ball

3. Gashadokaru

5 Jenis Yokai yang Sering Muncul dalam Animefunimation.com/One Piece

Gashadokuro adalah yokai yang menyerupai kerangka manusia raksasa. Menurut cerita rakyat Jepang, gashadokuro berasal dari orang-orang yang mati kelaparan dan tidak pernah dikuburkan.

Sebenarnya, gashadokuro lebih dipopulerkan oleh video game. Meskipun begitu, gashadokuro tetap hadir dalam anime, salah satunya adalah saat Brook menyamar sebagai gashadokuro di arc Wano dalam anime One Piece. 

4. Kappa

5 Jenis Yokai yang Sering Muncul dalam AnimeDok. Shin-Ei Animation/Summer Days with Coo

Tergantung pada anime, kappa dapat digambarkan sebagai makhluk menggemaskan atau mengerikan. Pada dasarnya, kappa adalah yokai penghuni sungai yang sangat menyukai mentimun dan gulat sumo. Dalam cerita rakyat Jepang, kappa juga diceritakan sebagai makhluk yang sering mencuri organ tubuh manusia.

Kappa hadir di banyak anime, seperti Coo dalam anime Summer Days with Coo, Kawabata dalam anime Muromi-san, Chibi dalam anime Kakuriyo: Bed and Breakfast for Spirits, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Tengu

5 Jenis Yokai yang Sering Muncul dalam Animeviz.com/One Punch Man

Tengu digambarkan dalam wujud yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar tengu dikenal sebagai makhluk yang memiliki paruh dan sayap besar. Contoh tengu dalam anime, di antaranya adalah Sky King dalam anime One Punch Man, Hatori dalam anime Kakuriyo no Yadomeshi, dan Profesor Akadama dalam anime The Eccentric Family.

Itulah lima yokai yang sering muncul dalam anime. Yokai jenis apa yang paling sering kamu lihat dalam anime?

Baca Juga: My Hero Academia: 5 Karakter Anime yang Dapat Dikalahkan Kirishima

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya