Comscore Tracker

5 Karakter Anime dengan Plot Armor Terkuat yang Pernah Ada

Kamu tahu siapa saja karakternya?

Plot armor mungkin bisa dibilang sebagai senjata terkuat yang dimiliki oleh karakter penting dalam sebuah film, serial TV, bahkan hingga anime. Meskipun terdengar curang, namun plot armor terkadang memang dibutuhkan. Tanpa plot armor, karakter-karakter penting bisa saja mati sebelum mencapai klimaksnya.

Namun, di sisi lain, plot armor yang berlebihan dan terlalu jelas juga dapat membuat seri terasa membosankan. Contohnya, kelima karakter anime penting di bawah ini mungkin tidak bisa mati, karena mereka dilindungi oleh plot armor yang sangat kuat. Penasaran siapa saja karakternya? Simak ulasan berikut.

1. Natsu Dragneel (Fairy Tail)

5 Karakter Anime dengan Plot Armor Terkuat yang Pernah AdaNatsu Dragneel (dok. Netflix/Fairy Tail)

Tak hanya Natsu, hampir semua karakter di Fairy Tail sebenarnya memiliki plot armor yang sangat kuat. Namun, sebagai karakter utama, plot armor yang dimiliki oleh Natsu jelas tidak terkalahkan. Karena sangat jarang ada karakter yang mati dalam seri Fairy Tail, sang kreator, Hiro Mashima bahkan disebut terlalu menyayangi karakternya.

Seri Fairy Tail sering dianggap sebagai seri yang terlalu banyak menggunakan kekuatan persahabatan. Hal ini juga yang menjadikan plot armor yang sangat kuat untuk Natsu. Setiap kali dirinya kewalahan dengan musuh yang terlalu kuat, Natsu selalu mendapatkan kekuatan yang lebih besar hanya dengan mendengar motivasi dari temannya.

2. Sasuke Uchiha (Naruto)

5 Karakter Anime dengan Plot Armor Terkuat yang Pernah AdaSasuke Uchiha (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Meskipun Sasuke bukan protagonis utama dalam seri ini, namun tidak diragukan lagi bahwa plot armor yang dimiliki oleh Sasuke lebih kuat dari Naruto. Sasuke seharusnya sudah mati sejak awal seri, tepatnya saat dirinya dan Naruto bertarung dengan Haku. Meskipun menerima luka yang sangat fatal, namun entah bagaimana Sasuke bisa bangkit kembali seolah tidak terjadi apa-apa.

Yang paling parah mungkin saat dirinya bertarung dengan Deidara. Dalam pertarungan tersebut, Sasuke sudah kehabisan chakra dan tidak dapat berbuat apa-apa. Namun, ketika Deidara mengaktifkan C0, entah bagaimana Sasuke dapat memanggil Manda dan berhasil selamat dari ledakan tersebut.

Baca Juga: 5 Karakter Anime Naruto yang Hampir Jadi Hokage, Siapa Saja?

3. Kirito (Sword Art Online)

5 Karakter Anime dengan Plot Armor Terkuat yang Pernah AdaKirito (dok. Netflix/Sword Art Online)

Terlepas dari fakta bahwa Kirito adalah protagonis utama dari salah satu anime isekai terpopuler, namun ada beberapa orang yang tidak menyukai karakter yang satu ini. Beberapa orang tidak menyukai Kirito karena dirinya kuat bukan karena kemampuannya, namun karena plot armor-nya.

Dunia Sword Art Online memiliki peraturan di mana siapa saja yang meninggal dalam permainan tersebut, maka orang tersebut juga akan meninggal di dunia nyata. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Kirito.

Dalam pertarungannya dengan Heathcliff, Kirito tidak mati meskipun HP-nya telah mencapai nol. Alih-alih mati, Kirito malah kembali hidup dan mengalahkan sang Game Master yang kemungkinannya cukup mustahil.

4. Reiner Braun (Attack on Titan)

5 Karakter Anime dengan Plot Armor Terkuat yang Pernah AdaReiner mengungkapkan identitas aslinya. (dok. Netflix/Attack on Titan)

Berbeda dengan anime shounen pada umumnya yang kreatornya jarang membunuh karakternya, Attack on Titan adalah anime di mana semua karakter bisa mati kapan saja. Meski begitu, hal tersebut tidak berlaku bagi karakter kesayangan Hajime Isayama, yaitu Reiner Braun.

Sepanjang seri berjalan, Reiner sudah mencurangi kematian berkali-kali. Yang paling jelas mungkin adalah saat Levi hampir memenggal kepalanya. Meskipun pedang sudah membelah setengah lehernya, namun Reiner berhasil selamat dengan berubah ke dalam wujud Titannya.

5. Monkey D Luffy (One Piece)

5 Karakter Anime dengan Plot Armor Terkuat yang Pernah AdaMonkey D Luffy (dok. Toei Animation/One Piece)

Di poin terakhir ada Monkey D Luffy, karakter utama dari One Piece. Karena kekuatan buah iblisnya, Luffy memang menjadi kebal terhadap peluru karena tubuhnya terbuat dari karet. Sementara hal tersebut masih masuk akal, ada beberapa momen yang membuat Luffy masuk dalam daftar ini.

Dalam pertarungannya melawan Crocodile, tubuh Luffy sudah ditusuk oleh Crocodile, dan sangat mustahil seseorang dapat selamat dari luka seperti itu. Namun, entah bagaimana Luffy berhasil bangkit kembali dan akhirnya berhasil mengalahkan Crocodile. Tak hanya itu saja, Luffy juga berhasil selamat dari pukulan maut Sakazuki dan masih bertahan hidup meskipun sudah dikalahkan oleh Kaido berkali-kali.

 

Untuk kepentingan plot tertentu, plot armor memang terkadang dibutuhkan. Namun, sebuah seri akan sangat membosankan jika sang kreator terlalu banyak atau terlalu jelas menggunakan plot armor untuk menyelamatkan karakternya. Menurutmu, dari kelima karakter di atas, plot armor siapa yang paling kuat?

Baca Juga: 5 Karakter Pendukung Anime yang Lebih Populer dari Karakter Utama

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya