5 Karakter Shonen dengan Latar Belakang Paling Tragis

Bikin terharu! #IDNTimesHype

Latar belakang tragis adalah salah satu ciri khas yang melekat pada semua seri shonen. Seri shonen selalu menampilkan protagonis utama dengan latar belakang yang menyentuh. Tak hanya pada protagonisnya saja, hal ini juga berlaku bagi hampir semua karakter yang muncul pada seri shonen.

Dari sekian banyak seri shonen yang muncul dalam waktu beberapa tahun ke belakang, berikut ini adalah lima karakter shonen dengan latar belakang paling tragis. Penasaran siapa saja karakternya? Simak ulasan berikut.

1. Shigaraki Tomura (My Hero Academia)

5 Karakter Shonen dengan Latar Belakang Paling TragisDok. Studio Bones/My Hero Academia

Masa lalu Shigaraki Tomura adalah salah satu hal yang paling gelap dalam seri ini. Bisa disebut, masa lalu Shigaraki juga adalah alasan utama mengapa Shigaraki kini menjadi penjahat. Saat kecil, Shigaraki sering mendapatkan perlakuan buruk dari ayahnya sendiri.

Meskipun orang-orang di sekitarnya mengetahui apa yang terjadi kepada Shigaraki, alih-alih membantu, mereka berpura-pura tidak tahu. Hingga suatu hari, quirk-nya, Decay, bangkit untuk pertama kalinya. Kemudian, Shigaraki secara tidak sengaja membunuh keluarganya sendiri karena dirinya tidak dapat mengendalikan quirk-nya.

Shigaraki kemudian hidup di jalanan setelah dirinya menjadi yatim piatu. Tidak ada orang yang menolongnya karena kebanyakan orang berpikir bahwa pahlawan akan segera membantunya. Hingga suatu hari, All For One datang untuk mengadopsinya dan membesarkannya.

Setelah diadopsi oleh All For One, Shigaraki merasa bahagia karena dirinya tidak pernah diperlakukan dengan baik sebelumnya.

2. Hyakkimaru (Dororo)

5 Karakter Shonen dengan Latar Belakang Paling TragisDok. Studio MAPPA/Dororo

Hyakkimaru adalah seorang korban dari keserakahan ayahnya sendiri. Untuk mendapatkan kejayaan, ayah Hyakkimaru sudah menjual Hyakkimaru kepada iblis, bahkan sebelum Hyakkimaru dilahirkan. Alhasil, Hyakkimaru dilahirkan dalam keadaan mengenaskan. Banyak anggota tubuhnya yang hilang.

Setelah dibuang ke sungai, Hyakkimaru kemudian ditemukan dan dibesarkan oleh seorang dokter bernama Jukai. Jukai kemudian mengajari Hyakkimaru cara bertarung dan mengembalikan semua anggota tubuh Hyakkimaru yang hilang.

Baca Juga: 5 Anime Shonen yang Memberikan Pelajaran Berharga

3. Levi Ackerman (Attack on Titan)

5 Karakter Shonen dengan Latar Belakang Paling Tragisfunimation.com/Attack on Titan

Levi dibesarkan di Kota Bawah Tanah bersama ibunya, Kuchel, yang bekerja sebagai perempuan penghibur. Sementara hidup di Kota Bawah Tanah sudah mengenaskan, Levi harus menghadapi nasib yang lebih buruk setelah Kuchel meninggal dan meninggalkan Levi dalam keadaan kelaparan.

Saat Kenny datang mengunjungi rumah, mayat Kuchel sudah hampir membusuk dan Levi hampir mati karena kelaparan. Kenny kemudian membesarkan Levi untuk sementara dan mengajarkan Levi cara bertahan hidup.

Meskipun harus hidup sebagai seorang bandit, Levi bahagia karena dirinya hidup bersama dua orang yang ia sayangi, Furlan dan Isabel. Namun, kebahagiaan Levi tidak berlangsung lama karena Titan membunuh Furlan dan Isabel setelah mereka bergabung dengan Pasukan Pengintai.

4. Nico Robin (One Piece)

5 Karakter Shonen dengan Latar Belakang Paling Tragisfunimation.com/One Piece

Tak diragukan lagi, Robin memiliki latar belakang yang lebih tragis dari anggota Topi Jerami lainnya. Robin dibesarkan oleh bibinya yang sangat membencinya. Robin juga tidak memiliki siapa-siapa karena orang-orang di sekitarnya tewas dibantai oleh Pemerintah Dunia.

Tak berhenti di situ saja, Robin juga menghabiskan 20 tahun dalam pelarian karena dirinya sangat diburu oleh Pemerintah Dunia. Penderitaannya hanya benar-benar berhenti setelah dirinya bertemu dengan Topi Jerami yang akan melakukan apa saja untuk melindunginya.

5. Edward dan Alphonse Elric (Fullmetal Alchemist)

5 Karakter Shonen dengan Latar Belakang Paling Tragisfunimation.com/Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Meskipun harus tumbuh tanpa mengenal sosok ayah, Ed dan Al hidup bahagia bersama ibu mereka, Trisha Elric. Namun, semuanya mulai berubah setelah Trisha meninggal karena wabah yang menyebar di kampung halamannya.

Meskipun begitu, Ed dan Al tidak mau menyerah sehingga mereka mencoba untuk menghidupkan kembali ibu mereka dengan melakukan Transmutasi Manusia. Namun, Ed dan Al masih terlalu kecil untuk mengetahui bahwa Transmutasi Manusia adalah hal yang paling tabu dalam dunia alkimia.

Alih-alih mendapatkan kembali ibu mereka, Ed malah kehilangan salah satu kakinya, sementara Al kehilangan seluruh tubuhnya. Untuk menyelamatkan adiknya, Ed mengorbankan salah satu tangannya untuk menyegel jiwa Al dalam baju zirah.

Itulah lima karakter shonen dengan latar belakang paling tragis. Bagaimana pendapatmu tentang latar belakang kelima karakter di atas? Cukup memilukan, bukan?

Baca Juga: 10 Potret Kelakuan Kocak Penggila Anime Jepang Ini Bikin Ngakak

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya