Comscore Tracker

5 Karakter Sidekick Paling Setia yang Pernah Ada dalam Anime

Kamu tahu siapa saja karakternya?

Seorang sidekick memiliki tugas untuk membantu tuannya. Meskipun sering diremehkan, namun kehadiran seorang sidekick sebenarnya sangat penting.

Ada kalanya seorang pahlawan atau penjahat tidak dapat melakukan pekerjaannya sendirian dan di situlah peran seorang sidekick dibutuhkan.

Dari sekian banyak sidekick yang muncul dalam anime, berikut ini lima sidekick paling setia yang pernah ada dalam anime. Penasaran siapa saja karakternya? Simak ulasan berikut.

1. Robert E. O. Speedwagon (JoJo's Bizarre Adventure)

5 Karakter Sidekick Paling Setia yang Pernah Ada dalam AnimeSpeedwagon menangisi kematian Jonathan. (dok. David Production/JoJo's Bizarre Adventure: Phantom Blood)

Robert E. O. Speedwagon pertama kali diperkenalkan dalam Phantom Blood sebagai seorang penjahat yang mencoba merampok Jonathan Joestar. Setelah dikalahkan oleh Jonathan, Speedwagon memutuskan untuk mengikuti petualangan Jonathan dalam mengalahkan Dio Brando.

Bahkan setelah kematian Jonathan, Speedwagon masih menjadi sidekick yang setia bagi keturunan Joestar. Dengan mendirikan Yayasan Speedwagon, Speedwagon mendanai petualangan Joeseph Joestar di Battle Tendency dan Stardust Crusaders.

2. Riza Hawkeye (Fullmetal Alchemist)

5 Karakter Sidekick Paling Setia yang Pernah Ada dalam AnimeRiza Hawkeye (dok. Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Letnan Riza Hawkeye merupakan seorang anggota militer di Amestris yang juga bekerja sebagai pengawal dari Kolonel Roy Mustang. Setelah keduanya terlibat dalam Perang Saudara Ishval, Riza memutuskan untuk menjadi sidekick setia Roy Mustang.

Mengetahui kebusukan negaranya, Riza bersedia untuk membantu Roy dalam menggulingkan pemerintahan Amestris yang korup. Riza sangat melindungi Roy lebih dari Riza melindungi dirinya sendiri.

Menariknya, Riza bersumpah bahwa dirinya tidak akan ragu untuk membunuh Roy jika Roy mengambil jalan yang salah.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Sudah Bernasib Buruk sejak Paruh Awal Cerita

3. Konan (Naruto)

5 Karakter Sidekick Paling Setia yang Pernah Ada dalam AnimeKonan (dok. Pierrot/Naruto: Shippuden)

Konan adalah sidekick dari pemimpin Akatsuki yang sebenarnya, Nagato Uzumaki. Konan sudah mengenal Nagato sejak mereka masih kecil, dan dirinya juga merupakan salah satu pemimpin Akatsuki.

Ketika tubuh Nagato menjadi sangat lemah, Konan adalah orang yang merawat Nagato dan melakukan semua perintahnya.

Konan sangat percaya dengan visi Nagato dalam mewujudkan perdamaian di dunia, dan ketika Nagato mempercayakan mimpinya kepada Naruto, Konan percaya kepada Naruto karena Nagato mempercayainya.

4. Joey Wheeler (Yu-Gi-Oh!)

5 Karakter Sidekick Paling Setia yang Pernah Ada dalam AnimeJoey Wheeler (dok. Toei Animation/Yu-Gi-Oh!)

Mengingat Yu-Gi-Oh! adalah seri yang mengandalkan kekuatan persahabatan, kehadiran Joey Wheeler sangat dibutuhkan oleh sang protagonis utama, Yugi Muto. Pada awalnya, Yugi memang tidak memiliki hubungan yang baik dengan Joey, di mana Joey adalah anak yang sering mem-bully Yugi.

Namun, Joey mulai menjadi sahabat terbaik Yugi setelah Yugi menyelamatkan Joey dari pelaku bullying lainnya. Selama seri berlangsung, Joey sudah berkali-kali membantu Yugi dalam perjalanannya.

Bahkan, dalam salah satu episode, Joey berhasil membebaskan dirinya dari pengaruh cuci otak Marik karena keinginannya yang kuat dalam menolak untuk menyakiti sahabatnya.

5. Nui Harime (Kill La Kill)

5 Karakter Sidekick Paling Setia yang Pernah Ada dalam AnimeNui Harime (dok. Studio Trigger/Kill La Kill)

Meskipun ditampilkan sebagai karakter yang membantu antagonis utama, namun kesetiaan Nui Harime kepada Ragyo Kiryuin sangat luar biasa. Nui sendiri merupakan hibrida antara manusia dan Serat Kehidupan yang diciptakan oleh Ragyo.

Nui sangat setia kepada Ragyo dan akan melakukan apa saja yang ia perintahkan. Hal tersebut dibuktikan ketika dirinya rela mengorbankan nyawanya demi melancarkan rencana Ragyo.

Ketika rencana Ragyo mengharuskan Nui untuk mati dan menyatu dengan Serat Kehidupan Primordial, Nui dengan senang hati memenggal kepalanya sendiri.

 

Terlepas dari baik atau jahatnya kelima karakter di atas, kesetiaan kelima karakter di atas memang sangat luar biasa. Tak mengherankan, jika kelima karakter di atas layak disebut sebagai sidekick terbaik yang pernah ada dalam anime. Bagaimana pendapatmu tentang kelima karakter di atas?

Baca Juga: Self-centered, 5 Karakter Anime ini Hanya Peduli pada Dirinya Sendiri

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya