Comscore Tracker

5 Kekkei Genkai yang Sudah Punah dalam Seri Naruto

Kok bisa, ya? Apa penyebabnya?

Kekkei Genkai adalah kemampuan khusus yang hanya dapat diwariskan melalui DNA. Dengan kata lain, Kekkei Genkai adalah kekuatan yang diwariskan secara turun-temurun. Sayangnya, tidak semua Kekkei Genkai dapat bertahan untuk selamanya dalam dunia Naruto.

Entah karena Kekkei Genkai tersebut hanya dimiliki oleh satu orang atau seluruh anggota klan pemilik Kekkei Genkai sudah punah karena genosida, ada beberapa Kekkei Genkai yang sudah punah dalam dunia Naruto. Penasaran Kekkei Genkai apa saja dan mengapa bisa punah? Simak ulasan berikut.

1. Rinnegan

5 Kekkei Genkai yang Sudah Punah dalam Seri NarutoSasuke menggunakan Rinnegan. (dok. Studio Pierrot/Boruto: Naruto Next Generations)

Rinnegan adalah yang terkuat di antara Tiga Besar Dojutsu. Namun, berbeda dengan Sharingan dan Byakugan, Rinnegan tidak ada dengan sendirinya, melainkan perlu upaya khusus untuk membangkitkan Rinnegan.

Untuk mendapatkan Rinnegan, seseorang harus memiliki chakra Hagoromo atau menggabungkan chakra dua anak Hagoromo, yaitu Indra dan Asura. Karena mata ini sulit didapatkan, tidak banyak ninja yang memiliki Rinnegan, dan Sasuke adalah orang terakhir yang menggunakan Rinnegan.

Sayangnya, dalam pertarungannya melawan Momoshiki, Sasuke harus kehilangan Rinnegan-nya setelah Boruto yang sedang dikendalikan oleh Momoshiki menusuk salah satu mata Sasuke dengan menggunakan kunai.

2. Elemen kayu

5 Kekkei Genkai yang Sudah Punah dalam Seri NarutoHashirama menggunakan Moku Bunshin no Jutsu. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Meskipun elemen kayu diklasifikasikan sebagai Kekkei Genkai, namun tidak semua Senju memiliki kekuatan ini. Satu-satunya orang yang memiliki kekuatan ini hanyalah sang Hokage pertama, Hashirama Senju.

Elemen kayu adalah salah satu Kekkei Genkai terkuat yang pernah ada dalam dunia Naruto. Elemen kayu sendiri merupakan gabungan dari elemen air dan tanah. Sayangnya, Kekkei Genkai ini harus punah seiring dengan kematian Hashirama.

Adapun, satu-satunya ninja yang memiliki elemen kayu adalah Yamato. Namun, Yamato tidak mendapatkan kekuatan ini secara alami, melainkan dengan menanamkan DNA Hashirama ke dalam tubuhnya. Selain itu, Yamato juga tampaknya tidak dapat menggunakan elemen kayu dengan baik seperti pemilik aslinya.

Baca Juga: Naruto: 5 Jurus Terkuat Kakashi yang Hampir Tidak Pernah Digunakan

3. Tenseigan

5 Kekkei Genkai yang Sudah Punah dalam Seri NarutoToneri dalam wujud Tenseigan Chakra Mode. (dok. Studio Pierrot/The Last: Naruto the Movie)

Tenseigan memiliki kekuatan yang hampir serupa dengan Rinnegan. Mata ini pertama kali digunakan oleh Hamura Otsutsuki saat dirinya bertarung melawan Kaguya. Tenseigan dapat diperoleh dengan menggabungkan chakra Otsutsuki dengan Byakugan milik klan Hyuga.

Diketahui bahwa Toneri Otsutsuki adalah pengguna terakhir dari Tenseigan. Namun, setelah dirinya dilumpuhkan dan kehilangan Tenseigan-nya, tidak ada lagi ninja di alam semesta Naruto yang memiliki Tenseigan.

4. Elemen es

5 Kekkei Genkai yang Sudah Punah dalam Seri NarutoHaku Yuki (dok. Crunchyroll/Naruto: Shippuden)

Elemen es adalah hasil gabungan dari elemen air dan angin. Kekkei Genkai yang dimiliki oleh klan Yuki ini memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi es. Karena kekuatannya yang besar, klan Yuki menjadi sangat ditakuti sehingga terjadilah pembantaian terhadap klan Yuki.

Rekan Zabuza, Haku, adalah satu-satunya anggota klan Yuki yang berhasil selamat dari pembantaian tersebut dan mempertahankan kekuatan elemen es. Namun, sayangnya, elemen es juga harus punah setelah Haku meninggal saat dirinya bertarung melawan Tim 7 di awal seri.

5. Shikotsumyaku

5 Kekkei Genkai yang Sudah Punah dalam Seri NarutoKimimaro menggunakan Shikotsumyaku. (dok. Crunchyroll/Naruto)

Shikotsumyaku pertama kali diperkenalkan oleh Kimimaro, salah satu anak buah Orochimaru. Kekkei Genkai yang berasal dari klan Kaguya ini memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi tulang yang ada dalam tubuh mereka.

Kasus kepunahan Shikotsumyaku tidak jauh berbeda dengan kasus kepunahan elemen es milik klan Yuki. Setelah terjadi pembantaian terhadap klan Kaguya, Kimimaro menjadi pengguna terakhir dari Shikotsumyaku. Namun, Shikotsumyaku juga harus punah seiring dengan kematian Kimimaro.

 

Itulah lima Kekkei Genkai yang punah dalam seri Naruto. Bagaimana pendapatmu tentang kepunahan lima Kekkei Genkai di atas? Sangat disayangkan, bukan?

Baca Juga: Langka! 7 Jurus Dahsyat di Naruto dan Boruto yang Hanya Muncul Sekali

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya