Comscore Tracker

5 Kekuatan dalam Anime yang Mirip Stand dari JoJo's Bizarre Adventure

Kamu tahu kekuatan apa saja?

Dalam dunia JoJo's Bizarre Adventure, Stand adalah makhluk supernatural berwujud humanoid yang dikeluarkan dari energi penggunanya. Setiap Stand memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dimulai dari kemampuan untuk menghentikan waktu, menyembuhkan luka, hingga kemampuan bertarung yang luar biasa.

Meskipun setiap anime berlatarkan di dunia yang berbeda-beda, ada beberapa kekuatan dalam anime yang mirip dengan Stand di JoJo's Bizarre Adventure. Penasaran kekuatan apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Susanoo (Naruto)

5 Kekuatan dalam Anime yang Mirip Stand dari JoJo's Bizarre AdventureItachi menggunakan Susanoo. (dok. Crunchyroll/Naruto: Shipudden)

Susanoo adalah jurus khusus yang hanya dapat digunakan oleh klan Uchiha yang sudah membangkitkan Mangekyo Sharingan. Mirip seperti Stand, jurus ini memungkinkan penggunanya untuk membangkitkan makhluk humanoid yang terbuat dari Chakra.

Hal yang membedakan Susanoo dengan Stand adalah ukurannya. Susanoo memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari Stand. Selain itu, tidak seperti Stand yang memiliki kemampuan beragam, Susanoo biasanya hanya digunakan sebagai senjata pertarungan.

2. 100-type Guanyin Bodhisattva (Hunter x Hunter)

5 Kekuatan dalam Anime yang Mirip Stand dari JoJo's Bizarre AdventureNetero menyerang Meruem dengan 100-type Guanyin Bodhisattva. (dok. Netflix/Hunter x Hunter)

Jurus 100-type Guanyin Bodhisattva adalah jurus milik Ketua Asosiasi Hunter, Isaac Netero. Jurus ini memungkinkan Netero untuk membangkitkan patung Guanyin raksasa yang mirip dengan Stand. Hal lain yang membuat jurus ini semakin mirip dengan Stand adalah fakta bahwa jurus ini dan Stand adalah cerminan jiwa penggunanya.

Jurus 100-type Guanyin Bodhisattva menggambarkan keteguhan hati sang Netero yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bermeditasi. Hal ini sama seperti Rohan Kishibe yang memiliki Stand yang sesuai dengan profesinya sebagai mangaka.

Baca Juga: 5 Karakter dengan Kemampuan Nen Unik di Hunter X Hunter

3. Dark Shadow (My Hero Academia)

5 Kekuatan dalam Anime yang Mirip Stand dari JoJo's Bizarre AdventureFumikage Tokoyami dan Dark Shadow (dok. Bones/My Hero Academia)

Pada umumnya, Quirk dalam dunia My Hero Academia selalu berupa kemampuan khusus seperti meningkatkan kekuatan fisik, memanipulasi elemen alam, atau mengeluarkan ledakan. Namun, hal tersebut berbeda dengan Tokoyami karena Quirk miliknya memiliki wujud fisik.

Tokoyami memiliki Quirk yang mirip dengan Stand, yaitu Dark Shadow. Dark Shadow sendiri merupakan sesosok bayangan hitam berwujud seperti burung yang selalu mengikuti Tokoyami. Tokoyami selalu menggunakan Dark Shadow sebagai senjatanya dan sangat kuat di medan yang gelap.

4. Sputter (Fire Force)

5 Kekuatan dalam Anime yang Mirip Stand dari JoJo's Bizarre AdventureSputter (dok. Netflix/Fire Force)

Maki Oze memiliki kemampuan yang sama dengan Arabia Fats di JoJo's Bizarre Adventure. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan untuk mengeluarkan gumpalan api meskipun skala Arabia jauh lebih besar.

Sementara Arabia dapat menciptakan replika Matahari, Maki dapat menciptakan sebuah gumpalan api kecil yang disebut dengan Sputter. Dengan api yang cukup, Sputter juga dapat berubah menjadi gumpalan api yang sangat besar dan berbahaya.

5. War Hammer Titan (Attack on Titan)

5 Kekuatan dalam Anime yang Mirip Stand dari JoJo's Bizarre AdventureWar Hammer Titan (dok. Netflix/Attack on Titan)

War Hammer Titan adalah satu-satunya dari Sembilan Titan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Berbeda dengan wujud Titan lainnya, pengguna War Hammer Titan dapat memisahkan tubuhnya dan bersembunyi di suatu tempat untuk mengendalikan wujud Titannya dari kejauhan.

Hal ini mirip dengan para pengguna Stand yang menggunakan Stand mereka untuk bertarung, sementara penggunanya mengawasi dari kejauhan. Hanya saja, para pengguna Stand akan terluka ketika Stand mereka menerima kerusakan. Hal ini berbeda dengan pengguna War Hammer Titan yang tidak mendapatkan kerusakan yang sama dengan wujud Titannya.

Kelima kekuatan anime di atas memang sangat mirip dengan Stand, bukan? Kalau menurutmu, kekuatan anime yang mana yang paling mirip dengan Stand? Tulis pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: [REVIEW] Re-Main—Anime Sport Karya Studio MAPPA yang Sayang Dilewatkan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya