Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Edward Elric Fullmetal Alchemist

Melakukan ritual terlarang hingga membakar rumahnya sendiri

Edward Elric adalah seorang ilmuwan yang genius sekaligus alkemis yang terampil. Ia juga menguasai seni bela diri sehingga ia cocok untuk menjadi Alkemis Negara. Di pertarungan terakhir antara sekutu Ed melawan Father dan Homonculusnya, Ed telah menciptakan strategi cerdas untuk mengalahkan Father dan Homonculusnya.

Meskipun dapat dikatakan bahwa Ed adalah karakter yang genius, bukan berarti ia tidak pernah melakukan kesalahan. Selain Transmutasi Manusia yang telah membuatnya kehilangan salah satu tangan dan kakinya, Ed juga pernah melakukan kesalahan lain selama seri ini berlangsung.

Berikut ini adalah lima kesalahan yang pernah dilakukan oleh Ed. Simak ulasan berikut. 

1. Membakar rumahnya sendiri

5 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Edward Elric Fullmetal Alchemistvrv.co/Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Ketika Edward dan Alphonse memulai petualangannya untuk menjadi Alkemis Negara, Ed memutuskan untuk membakar rumahnya sendiri. Hal tersebut ia lakukan agar Ed dan Al tidak memiliki tempat untuk kembali dan tidak ada pilihan lain selain melangkah maju.

Namun, saat Hohenheim kembali ke Resembool, Ed menjelaskan alasan yang sebenarnya. Ed dan Al sangat malu dan takut atas kesalahan yang pernah mereka lakukan. Maka dari itu, Ed memutuskan untuk membakar rumahnya agar dirinya dapat melupakan bahwa ia pernah melakukan Transmutasi Manusia. 

2. Menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang terjadi kepada Nina

5 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Edward Elric Fullmetal Alchemistvrv.co/Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Seperti yang kita ketahui, Shou Tucker adalah antagonis terburuk yang pernah ada dalam sejarah anime. Untuk mempertahankan jabatannya sebagai Alkemis Negara, Tucker merubah putrinya, Nina, dan anjing peliharaannya, Alexander, untuk menciptakan hewan yang dapat berbicara bernama Chimera.

Setelah mengetahui kondisi Nina, Ed langsung menyerang Tucker dengan penuh emosi. Ed juga tak berhenti menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang terjadi kepada Nina meskipun itu bukanlah kesalahannya. Ed menyesali karena ia tidak mengambil tindakan lebih awal untuk menyelamatkan Nina. Namun, Ed dan Al mungkin tidak mengetahui apa yang sedang direncanakan oleh Tucker.

Baca Juga: Fullmetal Alchemist: 5 Karakter yang Cocok Menjadi Partner Riza

3. Mencoba memberikan hidupnya kepada Scar

5 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Edward Elric Fullmetal Alchemistvrv.co/Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Pada awal seri, Scar datang sebagai antagonis yang mencoba untuk membunuh semua Alkemis Negara di Amestris untuk membalas dendam atas apa yang telah terjadi di Ishval. Setelah membunuh Tucker, Scar kemudian menargetkan Ed dan Al untuk menjadi korban selanjutnya.

Di pertarungan antara Ed melawan Scar, Ed harus mengalami kekalahan. Setelah itu, Ed meminta Scar untuk membunuhnya dan membiarkan Al hidup. Scar setuju dengan kesepakatan tersebut, namun kemudian Roy dan Riza datang untuk memberikan bantuan.

Al sangat marah dengan keputusan Ed yang siap menyerahkan nyawanya kepada Scar karena banyak orang yang membutuhkan Ed. Ed tidak seharusnya melakukan hal tersebut karena bahkan Ed sendiri tidak terlibat di Perang Saudara Ishval.

4. Bertarung melawan Kimblee

5 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Edward Elric Fullmetal Alchemistvrv.co/Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Tepat sebelum peperangan antara sekutu Ed dan Father terjadi, Ed bertarung melawan Kimblee di sebuah kota di utara. Ed sangat yakin bahwa ia memiliki peluang untuk menang yang sangat besar karena dirinya dilengkapi dengan automail yang ringan dan cocok untuk digunakan dalam cuaca dingin.

Namun, hal tersebut belum cukup untuk mengalahkan Kimblee karena Kimblee memiliki Batu Bertuah dan Ed tidak memiliki cara untuk menghentikan Kimblee menggunakan batu tersebut. Alhasil, Ed harus mengalami kekalahan dari Kimblee. Jika saja Ed berhasil mencuri Batu Bertuah tersebut terlebih dahulu, mungkin hasil pertarungan tersebut akan berbeda.

5. Melakukan Transmutasi Manusia

5 Kesalahan yang Pernah Dilakukan Edward Elric Fullmetal Alchemistfunimation.com/Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Ini merupakan kesalahan terbesar Ed dan Al yang kemudian sangat mengubah kehidupan dari keduanya. Saat mereka kecil, Ed dan Al harus kehilangan ibunya, Trisha. Untuk menghidupkan kembali ibunya, Ed dan Al memutuskan untuk melakukan Transmutasi Manusia.

Namun, mereka berdua tidak mengetahui bahwa orang yang sudah meninggal tidak dapat dibangkitkan kembali dan tidak ada harga yang setara dengan nilai nyawa seseorang. Hal tersebutlah yang membuat ritual ini sangat dilarang.

Alhasil, Ed dan Al harus kehilangan bagian tubuh mereka dan Ed tidak pernah berhenti merasa bersalah atas apa yang telah ia lakukan.

Itulah lima kesalahan yang pernah dilakukan oleh Edward Elric. Selain Transmutasi Manusia, kesalahan Ed yang mana yang menurutmu paling fatal?

Baca Juga: 5 Hal Terkejam yang Dilakukan Karakter Antagonis Fullmetal Alchemist

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya