Comscore Tracker

5 Manga Psychological Horror Paling Seram yang Wajib Kamu Baca

Hati-hati bikin mimpi buruk! #IDNTimesHype

Manga horor tidak selalu bercerita tentang hantu. Ada banyak cara untuk menakut-nakuti para penikmat manga horor, salah satunya adalah dengan memainkan psikologis mereka. Jika dikemas dengan baik, manga psychological horror bahkan bisa lebih menyeramkan daripada manga horor yang bercerita tentang hantu pada umumnya.

Nah, kali ini, penulis sudah merangkum lima anime psychological horror terbaik yang wajib kamu baca. Siapkan mental kamu karena kelima manga ini bisa memberikan kamu mimpi buruk. Penasaran apa saja manganya? Simak ulasan berikut!

1. Parasyte

5 Manga Psychological Horror Paling Seram yang Wajib Kamu BacaParasyte (dok. Kodansha/Parasyte)

Dibuat oleh Hitoshi Iwaaki, Parasyte adalah manga psychological horror yang tidak berfokus pada adegan gore, namun memiliki banyak adegan yang aneh dan mengganggu. Manga ini menceritakan umat manusia yang diinvasi oleh alien parasit. Alien ini menyerang otak manusia untuk mengambil alih tubuh mereka dan dijadikan sebagai wadahnya.

Manga berfokus pada Shinichi Izumi, seorang pelajar yang menjadi salah satu korban dari alien tersebut. Namun, alien yang menyerang Shinichi gagal mengambil alih tubuhnya dan hanya menguasai salah satu tangannya. Agar keduanya dapat bertahan hidup, Shinichi dan alien tersebut sepakat untuk bekerja sama dan menggunakan kekuatan mereka untuk memusnahkan alien parasit jahat lainnya.

2. Hideout

5 Manga Psychological Horror Paling Seram yang Wajib Kamu BacaHideout (dok. Shogakukan/Hideout)

Meskipun hanya memiliki sembilan bab, manga pendek ini akan memberikan ketegangan yang membuat kamu terbayang-bayang hingga tidur. Dibuat oleh Masasumi Kakizaki, manga ini menceritakan Seichi Kirishima dan istrinya yang pergi berlibur untuk meredakan kesedihan mereka setelah kematian anak mereka.

Sementara itu, Seichi menyimpan rencana lain dalam liburan ini, yakni dirinya berniat untuk membunuh istrinya di sana. Namun, rencananya menjadi kacau ketika istrinya berhasil melarikan diri dan Seichi mengejarnya hingga ke dalam gua. Di sana, Seichi terjebak dalam situasi yang membawanya ke dalam kegilaan.

Baca Juga: 5 Fakta Drama Korea Parasyte: The Grey, Adaptasi dari Manga Legendaris

3. Monster

5 Manga Psychological Horror Paling Seram yang Wajib Kamu BacaMonster (dok. Shogakukan/Monster)

Merupakan salah satu karya terbaik Naoki Urasawa, Monster layak disebut sebagai salah satu manga dan anime psychological horror dan thriller terbaik yang pernah ada. Dalam seri ini, kamu akan menyadari bahwa monster tidak selalu memiliki penampilan yang mengerikan, namun manusia berpakaian rapih juga bisa menjadi monster yang jauh lebih mengerikan.

Ceritanya berfokus pada Dr. Kenzo Tenma, seorang ahli bedah saraf yang hampir kehilangan kehidupannya setelah menyelamatkan seorang anak dan membiarkan wali kota mati. Ketika Tenma sedang membangun kehidupannya kembali, Tenma dihantui oleh penyesalan atas keputusannya karena anak yang pernah ia selamatkan kini telah menjadi pembunuh berantai yang mengerikan.

4. Dragon Head

5 Manga Psychological Horror Paling Seram yang Wajib Kamu BacaDragon Head (dok. Kodansha/Dragon Head)

Jika kamu memiliki klaustrofobia, manga karya Minetaro Mochizuki ini mungkin akan membuat kamu sangat ketakutan. Pasalnya, manga ini berlatarkan di sebuah terowongan yang pengap, gelap, dan dipenuhi dengan mayat.

Manga berfokus pada Teru Aoki yang menjadi salah satu korban dari kecelakaan kereta yang terguling di sebuah terowongan. Semua penumpang tewas dan dirinya hanya menemukan dua orang yang masih hidup, namun dalam kondisi tidak berdaya. Di terowongan yang gelap, dipenuhi dengan mayat, dan bau kematian, Teru harus bertahan hidup sambil melawan kelaparan dan mempertahankan kewarasannya.

5. Helter Skelter

5 Manga Psychological Horror Paling Seram yang Wajib Kamu BacaHelter Skelter (dok. Kodansha/Helter Skelter)

Helter Skelter adalah manga psychological yang tidak hanya berfokus pada ketegangan psikologis karakter utamanya, namun manga ini juga mengangkat isu kesehatan mental. Manga karya Kyoko Okazaki ini menceritakan Liliko yang merupakan seorang model terbesar di Jepang berkat operasi plastik di sekujur tubuhnya.

Seiring berjalannya waktu, tubuh Liliko perlahan mulai rusak karena operasi tersebut dan obat kecantikan yang ia minum. Lebih buruknya lagi, ketakutannya menjadi tua dan tidak berguna membuat mentalnya semakin terganggu dan perlahan menghilangkan kewarasannya.

 

Kelima manga di atas sangat direkomendasikan untuk kamu yang mencari manga psychological horor yang tidak hanya menyeramkan, namun juga seru dan menegangkan. Jadi, dari kelima manga di atas, manga yang mana yang akan kamu baca terlebih dahulu?

Baca Juga: Tak Hanya Mangaka, Ini 5 Penulis Manga yang Ikut Andil di Balik Manga

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya