Comscore Tracker

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Hunter

Dari Enhancement hingga Specialization!

Nen adalah sistem kekuatan yang digunakan dalam seluruh seri Hunter x Hunter. Nen sendiri adalah kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk memanipulasi energi kehidupan mereka atau yang lebih dikenal dengan aura.

Ada enam tipe Nen yang diperkenalkan dalam seri ini, di antaranya adalah Enhancement, Transmutation, Emission, Conjuration, Manipulation, dan Specialization. Jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang tipe-tipe Nen, berikut ini adalah penjelasannya. Simak ulasan berikut.

Baca Juga: 5 Pengguna Nen Terkuat dalam Anime Hunter x Hunter, Siapa Saja?

1. Enhancement

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Huntercrunchyroll.com/hunter-x-hunter

Enhancement adalah tipe Nen yang cukup sederhana, namun sangat kuat. Seperti namanya, Enhancement memungkinkan penggunanya untuk meningkatkan kekuatan fisik mereka atau sebuah objek yang mereka gunakan.

Jika digunakan dengan benar, seorang pengguna Enhancement dapat menghancurkan musuhnya dengan satu pukulan dan memiliki daya tahan tubuh yang tidak dapat dihancurkan. Contoh pengguna Enhancement adalag Gon Freecs, Isaac Netero, dan Uvogin.

2. Transmutation

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Huntercrunchyroll.com/hunter-x-hunter

Bisa dibilang, Transmutation adalah gabungan dari Emission dan Conjuration. Pengguna Transmutation memiliki kemampuan untuk mengubah sifat auranya untuk meniru sesuatu atau suatu atribut.

Dalam kasus Killua, ia menggunakan auranya untuk meniru sifat petir. Sementara itu, Hisoka menggunakan auranya untuk menggabungkan sifat karet dan getah yang membuat auranya menjadi lebih lengket dan fleksibel daripada benda aslinya.

Selain Killua dan Hisoka, pengguna Transmutation lainnya adalah Silva Zoldyck, Feitan Portor, dan Biscuit Krueger.

3. Emission

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Huntercrunchyroll.com/hunter-x-hunter

Sementara sebagian besar aura akan melemah ketika dipisahkan dengan tubuh penggunanya, hal tersebut tidak berlaku bagi seorang pengguna Emission. Pengguna Emission memiliki kemampuan untuk memisahkan aura dari tubuh mereka, tanpa mengurangi kekuatan dari aura tersebut.

Pengguna Emission akan diuntungkan jika mereka bertarungan dalam pertarungan jarak jauh karena kebanyakan serangan mereka adalah serangan jarak jauh. Contoh pengguna Emission adalah Leorio Paradinight, Razor, dan Knuckle Bine.

4. Conjuration

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Huntervrv.co/Hunter x Hunter

Pengguna Conjuration memiliki kemampuan untuk menciptakan sebuah objek atau mengubah ukuran atau bentuk dari sebuah objek. Namun, meskipun begitu, ada beberapa objek yang tidak dapat mereka ciptakan atau ubah, seperti pedang yang dapat membelah apa saja karena melampaui batas manusia.

Kekuatan seorang pengguna Conjuration juga dapat ditentukan dengan objek yang mereka ciptakan dengan persyaratan tertentu. Sebagai contoh, Kurapika dapat menggunakan rantainya untuk membunuh semua anggota Genei Ryodan sendirian. Namun, sebagai gantinya, kemampuan Nen Kurapika tidak akan berguna jika digunakan pada lawan selain anggota Genei Ryodan.

Selain Kurapika, contoh pengguna Conjuration lainnya adalah Kite, Shizuku Murasaki, dan Knov.

5. Manipulation

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Huntercrunchyroll.com/hunter-x-hunter

Manipulation adalah jenis Nen yang paling ditakuti karena pengguna Manipulation biasanya memiliki peluang besar untuk menyelesaikan pertarungan dengan sangat singkat. Pengguna Manipulation memiliki kemampuan untuk mengendalikan sebuah objek, baik itu makhluk hidup maupun benda mati.

Ketika kondisi terpenuhi, pengguna Manipulation dapat mengendalikan targetnya dan mengendalikan target di bawah perintahnya. Biasanya, semakin sulit kondisi yang harus dicapai, akan semakin kuat kendali yang ia miliki terhadap targetnya.

Meskipun Manipulation adalah jenis Nen yang paling ditakuti, Manipulation masih memiliki kelemahan. Ketika penggunanya gagal untuk mencapai kondisi yang dibutuhkan, sang pengguna tidak memiliki pilihan lain selain bertarung hanya dengan mengandalkan kekuatan fisik mereka. Contoh pengguna Manipulation di antaranya adalah Illumi Zoldyck, Shalnark, dan Shaiapouf.

6. Specialization

Mengenal 6 Tipe Nen dalam Seri Hunter x Huntervrv.co/Hunter x Hunter

Seperti namanya, Specialization adalah tipe Nen yang paling unik dan spesial. Kemampuan dari setiap pengguna Specialization berbeda-beda membuat Specialization menjadi tipe Nen yang paling samar.

Jika pengguna Specialization tidak memiliki kemampuan Nen yang sangat kuat, pengguna Specialization tersebut akan memiliki kemampuan Nen yang sangat berguna. Sebagai contoh, dalam kasus Neon Nostrade, dirinya memiliki kemampuan Nen untuk membaca masa depan. Kemampuan ini memang tidak dapat digunakan untuk bertarung. Namun, kemampuan ini sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari, berbisnis, atau bahkan keselamatan.

Contoh pengguna Specialization lainnya adalah Chrollo Lucilfer yang memiliki kemampuan untuk mencuri kemampuan Nen orang lain, Meruem yang dapat bertambah kuat dengan memakan penggunan Nen lainnya, dan Neferpitou yang dapat melakukan operasi pada luka fatal dalam waktu yang sangat singkat.

 

Hal yang membuat sistem kekuatan dalam seri Hunter x Hunter tampak menarik bukanlah hanya karena Nen adalah sistem kekuatan yangt rumit, namun juga karena setiap jenis Nen dalam seri ini juga cukup memberikan kekuatan yang sangat unik. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Hunter X Hunter: 5 Karakter Pengguna Nen Simpel Tapi Mematikan!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya