Comscore Tracker

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titan

Tiga dari sembilan Titan Shifter dimiliki oleh Eren!#HypeIDN

Artikel ini berisi spoiler manga Attack on Titan

Tak diragukan lagi bahwa dunia Attack on Titan adalah dunia paling mengerikan yang pernah ada dalam sejarah anime. Bagaimana tidak, umat manusia dalam seri ini tidak lagi berperang dengan sesama manusia, melainkan dengan segerombol raksasa yang dikenal dengan Titan.

Sementara kebanyakan Titan tidak memiliki akal sehat, penggemar dibuat terkejut saat Eren berubah menjadi Titan dan memiliki kendali penuh terhadap wujud Titannya. Dengan seri yang akan segera memasuki musim terakhir, terungkap bahwa ada sembilan jenis Titan Shifter yang memiliki kekuatan unik dan dapat dikendalikan oleh manusia. Berikut ini adalah penjelasan mengenai sembilan Titan Shifter yang ada dalam seri Attack on Titan.

1. Attack Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Attack Titan adalah Titan Shifter pertama yang diperkenalkan kepada penggemar. Titan yang unggul dalam kekuatan serangan ini pada awalnya dimiliki oleh Eren Kruger, mata-mata Eldian yang menyamar menjadi perwira Marleyan. Saat Grisha akan diubah menjadi Titan, Kruger memberikan kekuatan Attack Titan kepada Grisha dan meminta Grisha pergi ke Paradis untuk mencari pasukan yang dapat membebaskan Eldian dari cengkraman Marleyan.

Kemudian, Grisha memiliki keluarga yang bahagia setelah ia menikah dengan Carla dan memiliki anak yang bernama Eren Yeager. Saat Eren masih kecil, Grisha menyuntikkan serum Titan kepada Eren, dan membiarkan dirinya dimakan oleh Eren untuk mewariskan kekuatan Attack Titan. 

2. Founding Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on TitanDok. Wit Studio/Attack on Titan

Founding Titan adalah Titan pertama yang muncul dalam dunia Attack on Titan. Titan yang pertama kali dimiliki oleh Ymir ini memiliki kekuatan untuk menciptakan dan mengontrol Titan biasa. Selain itu, Founding Titan juga memiliki kemampuan untuk memanipulasi ingatan orang lain. Namun, kekuatan tersebut hanya dapat digunakan jika wujud Titan ini dimiliki oleh keluarga kerajaan.

Karena kekuatannya, orang-orang Marleyan menyebut Founding Titan sebagai Koordinat. Saat ini, Founding Titan dimiliki oleh salah satu anggota Pasukan Pengintai, Eren Yeager. Eren mendapatkan Founding Titan setelah ayahnya, Grisha, berhasil mengalahkan Frieda Reiss dan mencuri wujud Founding Titan, lalu memberikannya kepada Eren.

Sayangnya, karena Eren tidak berasal dari keluarga kerajaan, Eren tidak dapat mengakses seluruh kekuatan Founding Titan. 

3. Female Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Dalam hal seni bela diri, Female Titan jauh lebih unggul dari Titan Shiter lainnya. Dimiliki oleh Annie Leonhart, Female Titan memiliki kemampuan untuk meniru kemampuan Titan lainnya. Sama seperti Founding Titan dan Beast Titan, Female Titan juga memiliki kemampuan untuk mengontrol Titan biasa.

Diketahui bahwa Female Titan bekerja sama dengan Armored Titan dan Colossal Titan untuk menghancurkan Shiganshina. Setelah pertarungan yang memakan ratusan nyawa manusia, Female Titan akhirnya berhasil dikalahkan oleh Attack Titan. Sayangnya, setelah dikalahkan, Annie langsung berubah menjadi kristal sebelum dirinya dapat ditangkap dan diinterogasi.

4. Armored Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on TitanDok. Wit Studio/Attack on Titan

Salah satu plot twist paling mengejutkan dalam seri ini adalah saat penggemar mengetahui bahwa Reiner dan Bertholdt adalah pengkhianat. Reiner dan Bertholdt adalah orang yang bertanggung jawab atas runtuhnya Dinding Maria yang menghancurkan sebagian besar Shiganshina.

Armored Titan sendiri adalah wujud Titan yang dimiliki oleh Reiner. Dalam hal daya tahan, Armored Titan jauh lebih unggul dari Titan mana pun, karena sebagian besar tubuh Titan ini dilapisi oleh baja. Lapis baja tersebut sangat keras, sehingga pedang 3D Manuver sendiri bahkan tidak dapat melukai Armored Titan.

5. Colossal Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Colossal Titan memiliki wujud yang benar-benar mengerikan. Ukuran tubuh Titan ini bahkan jauh lebih besar dari Titan pada umumnya. Selain itu, Colossal Titan juga memiliki kemampuan untuk mengeluarkan uap panas, ketika seseorang mencoba untuk mendekatinya.

Titan ini juga dapat menimbulkan ledakan besar, saat sang Titan Shifter melakukan transformasi. Pada awalnya, wujud Titan ini dimiliki oleh rekan Reiner, Bertholdt. Namun, pada misi perebutan kembali Shiganshina, Armin mengorbankan nyawanya untuk mengalahkan Colossal Titan. Saat Armin sekarat dan Bertholdt kembali ke dalam wujud manusia, Levi menyuntikkan serum Titan kepada Armin, dan membiarkan Armin memakan Bertholdt untuk mendapatkan kekuatan Colossal Titan. 

Baca Juga: Peringkat 9 Titan Shifter di "Attack on Titan", Siapa Paling Hebat?

6. Jaw Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Meskipun Jaw Titan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari Titan pada umumnya, namun Jaw Titan memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan kelincahan. Jaw Titan juga dilengkapi dengan taring dan cakar yang dapat merobek apa saja. 

Setelah Ymir dibawa ke Marley, Jaw Titan diwarisi kepada Porco Galliard, sebelum akhirnya dimiliki oleh Falco Grice yang secara tidak sengaja memakan Porco setelah dirinya diubah menjadi Titan oleh Zeke.

7. Cart Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Cart Titan pertama kali ditampilkan saat dirinya menyelamatkan Zeke yang siap untuk dibunuh oleh Levi. Cart Titan memiliki wujud yang cukup aneh, dan Titan ini bukan tipe petarung seperti sembilan Titan lainnya. Meskipun begitu, Titan ini sangat berguna di medan pertempuran. 

Cart Titan sangat cepat, lincah, dan mampu bermanuver jauh lebih baik dari kendaraan apa pun. Titan yang dimiliki oleh Pieck Finger ini juga sangat berguna untuk membawa senjata berat, prajurit yang terluka, hingga perlengkapan perang.

8. Beast Titan

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on Titanfunimation.com/Attack on Titan

Sementara kebanyakan Titan memiliki wujud yang menyerupai manusia raksasa, Beast Titan adalah satu-satunya Titan yang memiliki wujud yang menyerupai kera raksasa. Selain penampilannya yang menyeramkan, Beast Titan menjadi Titan yang lebih mengerikan karena memiliki kemampuan untuk berbicara.

Beast Titan saat ini dimiliki oleh kakak tiri Eren, Zeke Yeager. Selain telah membunuh puluhan, atau mungkin ratusan anggota Pasukan Pengintai, Beast Titan juga bertanggung jawab atas kematian sang Komandan Pasukan Pengintai, Erwin Smith.

9. War Hammer Titan 

Mengenal 9 Titan Shifter dalam Anime Attack on TitanYouTube.com/animelab

War Hammer Titan adalah satu-satunya Titan dari sembilan Titan Shifter yang belum pernah ditampilkan dalam anime Attack on Titan. War Hammer Titan saat ini dimiliki oleh Eren, setelah Eren berhasil mengalahkan dan memakan pengguna War Hammer Titan sebelumnya, adik Willy Tybur.

War Hammer Titan memiliki kekuatan yang cukup unik, di mana Titan ini dapat membuat struktur dari daging Titan yang mengeras. War Hammer Titan telah disimpan selama bertahun-tahun oleh keluarga Tybur, sebelum akhirnya berhasil direbut oleh Eren.

Meskipun seri ini akan segera memasuki musim terakhir, namun masih banyak misteri yang belum terungkap tentang seri ini. Namun setidaknya, kini penggemar mengetahui bahwa ada sembilan Titan Shifter yang memiliki kekuatan untuk menyelamatkan dunia, atau menghancurkan dunia. 

Baca Juga: Attack on Titan: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Grisha Yeager

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

あきらめない の が おれ の まほう だ! Instagram: @aryanenggala666 Email: aryanenggala1122@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya