Comscore Tracker

One Piece: 5 Misteri Besar yang Terungkap di Wano Arc

Penuh plot twist tidak terduga!

Tidak diragukan lagi bahwa Wano arc adalah arc terbaik yang pernah ada dalam seri One Piece. Arc ini menampilkan pertarungan paling epik di sepanjang seri, seperti saat Luffy bertarung melawan Kaido hingga ketika Law dan Kid bekerja sama untuk mengalahkan Big Mom.

Tak hanya memiliki cerita yang menarik dan pertarungan epik, Wano arc juga menjadi salah satu arc paling penting dalam seri One Piece karena arc ini mengungkap banyak misteri besar dalam seri. Nah, kali ini penulis sudah merangkum lima misteri terbesar yang terungkap di Wano arc.

1. Rahasia di balik Gomu Gomu no Mi

One Piece: 5 Misteri Besar yang Terungkap di Wano ArcLuffy Gear Fifth (dok. Shueisha/One Piece)

Hal ini mungkin menjadi plot twist terbesar yang pernah ada dalam seri One Piece. Selama dua dekade lebih, penggemar dibuat percaya bahwa Luffy memakan Buah Iblis tipe Paramecia, yaitu Gomu Gomu no Mi. Tapi, di arc ini, sang kreator, Eiichiro Oda, akhirnya mengungkapkan bahwa Luffy sebenarnya memakan Buah Iblis tipe Mythical Zoan, yaitu Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Terungkap juga bahwa ternyata Shanks mendapatkan Buah Iblis ini setelah mencurinya dari Angkatan Laut. Mengingat Shanks yang berusaha keras untuk mendapatkan Buah Iblis ini, tampaknya Shanks sudah mengetahui rahasia tentang Gomu Gomu no Mi sejak awal.

Gorosei mengatakan bahwa Hito Hito no Mi, Model: Nika memiliki kekuatan yang sangat konyol dan tidak masuk akal. Oleh karena itu, mereka mengganti namanya menjadi Gomu Gomu no Mi untuk merahasiakan kekuatan aslinya.

2. Buah Iblis Kaido

One Piece: 5 Misteri Besar yang Terungkap di Wano ArcKaido dalam wujud naga. (dok. Toei Animation/One Piece)

Sebelum Wano arc dimulai, Kaido menjadi salah satu karakter paling misterius dalam seri ini. Tidak banyak yang diketahui tentang Kaido selain fakta bahwa dirinya adalah salah satu Yonko dan memiliki Buah Iblis yang memungkinkannya untuk berubah menjadi naga. Bahkan, setelah melihat kekuatannya, penggemar masih belum mengetahui nama dari Buah Iblis Kaido.

Hingga pada Wano arc, seri akhirnya mengungkapkan misteri di balik Buah Iblis Kaido. Rupanya, Kaido memakan Buah Iblis tipe Mythical Zoan, yaitu Uo Uo no Mi, Model: Seiryu. Buah Iblis tersebut diberikan oleh Big Mom ketika keduanya masih menjadi kru dari Bajak Laut Rocks.

Baca Juga: 7 Kelebihan dan Kekurangan One Piece Film: Red, Sesuai Ekspektasi?

3. Sejarah Kozuki Oden

One Piece: 5 Misteri Besar yang Terungkap di Wano ArcKozuki Oden (dok. Crunchyroll/One Piece)

Pada masanya, Kozuki Oden adalah orang paling berpengaruh baik bagi Wano maupun untuk dunia. 20 tahun sebelum seri dimulai, Oden pernah pergi berlayar bersama Bajak Laut Whitebeard dan mengikuti perjalanan Bajak Laut Roger ke Laugh Tale. Oden memulai petualangannya untuk menemukan hubungan antara Wano dengan negara lain.

Sayangnya, ketika Oden pulang ke Wano, Orochi mengkhianatinya. Pada akhirnya, Oden mati setelah direbus hidup-hidup selama satu jam dan ditembak oleh Kaido. Hal tersebut Oden lakukan demi melindungi pengikutnya, Sembilan Akazaya.

4. Sejarah Wano

One Piece: 5 Misteri Besar yang Terungkap di Wano ArcNegeri Wano (dok. Toei Animation/One Piece)

Setelah pergi berlayar ke ujung dunia, Oden akhirnya menemukan fakta bahwa dulunya Wano bukan negara yang terisolasi. Sebelumnya, Wano ternyata memiliki koneksi dengan negara-negara lain. Namun, untuk tujuan tertentu dan demi melindungi negeri dari kekuatan besar, Wano kemudian mengisolasikan dirinya sendiri.

Setelah mengetahui sejarah Wano, Oden harus membuka kembali koneksi Wano dengan negara-negara lain sebelum Joy Boy kembali. Namun, Oden tidak dapat melakukan hal tersebut karena Orochi mengkhianatinya dan dirinya dibunuh oleh Kaido.

Di tangan Kaido, Wano berada di ambang kehancuran. Karena banyaknya pabrik senjata yang dibangun di sana, Wano menjadi sekarat karena kurangnya makanan dan minuman. Satu-satunya tempat di Wano yang terbebas dari masalah tersebut hanyalah Ibu Kota Flower.

5. Kekuatan Ryokugyu

One Piece: 5 Misteri Besar yang Terungkap di Wano ArcRyokugyu (dok. Shueisha/One Piece)

Ada banyak karakter misterius yang muncul dalam seri One Piece. Ryokugyu adalah salah satunya. Pertama kali muncul pada Reverie arc, Ryokugyu adalah seorang Laksamana yang mengisi kursi kosong setelah Sakazuki dipromosikan dan Kuzan mengundurkan diri.

Saat itu, Ryokugyu hanya ditampilkan dalam bayangan dan tidak diketahui apa kekuatannya. Ryokugyu hanya mengaku bahwa dirinya sudah tidak makan selama tiga tahun. Di Wano arc, kekuatan Ryokugyu akhirnya terungkap dan semuanya kini masuk akal.

Ryokugyu ternyata memakan Buah Iblis tipe Logia, yaitu Mori Mori no Mi. Buah Iblis ini memungkinkan Ryokugyu untuk memanipulasi tumbuhan. Dirinya bisa menggunakan tumbuhan sebagai senjatanya dan mengubah tempat yang tandus menjadi hutan yang hijau. Alasan dirinya bisa tidak makan selama bertahun-tahun juga pasti ada kaitannya dengan Buah Iblisnya.

Memang tidak berlebihan untuk menyebut bahwa Wano arc adalah arc terbaik yang pernah ada dalam seri One Piece. Selain karena memiliki alur yang menarik, Wano arc juga mengungkap banyak misteri yang selama ini hanya menjadi tanda tanya. Dari kelima pengungkapan misteri di atas, pengungkapan yang mana yang paling bikin kamu terkejut?

Baca Juga: Sinopsis One Piece Film: Red, Jadi Film One Piece Terlaris!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya