Comscore Tracker

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety Saga

Pertarungan melawan Gun Devil!

Sejak dirilis pada 12 Oktober lalu, Chainsaw Man telah menjadi salah satu anime paling populer akhir-akhir ini. Mengangkat tema gelap dan dipenuhi dengan adegan gore yang brutal, Chainsaw Man menceritakan perjalanan Denji yang menjadi seorang Devil Hunter.

Hingga artikel ini ditulis, anime baru mengadaptasi tiga arc yang dibungkus ke dalam tujuh episode. Sementara itu, manga seri ini telah mengakhiri saga pertamanya, yaitu Public Safety saga, dan memiliki delapan arc. Berikut ini adalah penjelasan dalam setiap arc di Public Safety saga. Simak ulasan berikut.

1. Introduction arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaAki Hayakawa dan Denji (dok. MAPPA/Chainsaw Man)

Introduction arc adalah arc pertama dalam seri Chainsaw Man. Arc ini memperkenalkan karakter-karakter yang akan menjadi sorotan utama dan menceritakan bagaimana Denji bergabung dengan Biro Keamanan Publik.

Setelah ayahnya meninggal dalam bunuh diri, Denji harus melunasi hutang kepada Yakuza yang ditinggalkan oleh ayahnya. Sementara menjual beberapa organ tubuhnya masih belum cukup, Denji harus bekerja sebagai seorang Devil Hunter bersama Pochita agar dapat melunasi hutang tersebut sambil bertahan hidup.

Hingga suatu hari, Denji ditipu oleh bos Yakuza yang rupanya telah bersekutu dengan Zombie Devil. Iblis tersebut kemudian berhasil membunuh Denji, namun Denji berhasil dibangkitkan kembali oleh Pochita dengan menggantikan jantungnya.

Setelah pertarungan dengan Zombie Devil selesai, Biro Keamanan Publik yang dipimpin oleh Makima datang. Makima langsung memberikan dua pilihan: bergabung dengan biro atau dibunuh sebagai iblis. Melihat kehidupan di biro yang menjanjikan, Denji memutuskan untuk bergabung. Di sanalah kemudian Denji bertemu dengan Aki Hayakawa dan Power.

2. Bat Devil arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaBat Devil memakan Meowy. (dok. MAPPA/Chainsaw Man)

Bat Devil arc adalah arc yang dibuat untuk perkembangan karakter antara Denji dan Power. Setelah Power bergabung dengan biro, Denji dipasangkan dengan Power. Dalam sebuah percakapan, Denji mengungkapkan tujuannya kepada Power. Mendengar hal tersebut, Power bersedia untuk mewujudkan impian Denji, jika Denji mau menyelamatkan kucingnya, Meowy, yang diculik oleh Bat Devil.

Tanpa sepengetahuan Makima, keduanya pergi ke markas Bat Devil. Setibanya di sana, Power mengkhianati Denji dengan membiarkannya dimakan oleh Bat Devil. Namun, Denji tetap menyelamatkan Meowy dan mengalahkan Bat Devil demi Power.

3. Eternity Devil arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaDenji vs. Eternity Devil (dok. MAPPA/Chainsaw Man)

Eternity Devil arc adalah awal di mana seri mulai semakin mengerikan. Di sini, Denji dan kawan-kawan harus bertarung melawan iblis yang lebih kuat, yaitu Eternity Devil. Pada arc ini, Makima meminta Divisi Khusus Tokyo 4 pergi Hotel Morin untuk menyelidiki iblis yang diduga memiliki daging Gun Devil.

Setibanya di sana, mereka berhadapan dengan Eternity Devil yang membuat mereka tidak bisa keluar dari hotel. Karena iblis tersebut menginginkan Denji, Denji akhirnya membiarkan dirinya dimakan oleh Eternity Devil agar dirinya bisa mengalahkannya dari dalam.

Setelah mengalahkan Eternity Devil, Denji hadiah ciuman dari Himeno, sebagai hadiah karena telah mengalahkan Eternity Devil. Namun, ciuman pertama yang seharusnya indah, menjadi pengalaman paling mengerikan yang tidak akan bisa dilupakan seumur hidup.

Baca Juga: Dibunuh Anak Sendiri, Siapakah Sosok Ayah Denji Chainsaw Man?

4. Katana Man arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaDenji vs. Katana Man (dok. Shueisha/Chainsaw Man)

Dalam arc ini, untuk pertama kali Denji bertarung dengan sesama Hybrid sepertinya, yaitu Katana Man. Katana Man sendiri adalah cucu dari bos Yakuza yang dibunuh oleh Denji. Dendam terhadap Denji, Katana Man bekerja sama dengan Akane Sawatari, Devil Hunter yang bekerja untuk Gun Devil, untuk membunuh Denji.

Arc ini menjadi debut dari Devil Hunter senior, Kishibe. Di sini, Kishibe akan hadir untuk melatih Denji dan Power. Selain itu, arc ini juga menjadi arc petunjuk pertama yang membuktikan bahwa Makima bukan manusia biasa. Dalam arc ini, terlihat Makima yang bangkit kembali setelah ditembak di kepala oleh antek-antek Gun Devil.

5. Bomb Girl arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaDenji vs. Reze (dok. Shueisha/Chainsaw Man)

Dalam arc ini, Denji bertemu dengan perempuan yang hampir membuatnya berpaling dari Makima. Di sini, Denji bertemu dengan Reze, seorang gadis yang bekerja sebagai pelayan kafe dan memiliki perasaan kepada Denji. Seiring waktu berlalu, keduanya semakin dekat dan Reze sempat mengajak Denji untuk melarikan diri.

Namun, terungkap bahwa Reze rupanya adalah Hybrid dari Bomb Devil. Dirinya berasal dari Uni Soviet dan dikirim ke Jepang untuk mengambil hati Denji. Keduanya pada akhirnya terlibat dalam pertarungan yang sengit dan Reze hampir berhasil mengalahkan Denji. Namun, berkat bantuan Beam, Denji berhasil membalikkan keadaan.

6. International Assassins Arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaDarkness Devil (dok. Shueisha/Chainsaw Man)

Bisa dibilang bahwa International Assassins arc adalah salah satu arc paling intens dalam seri ini. Bagaimana tidak, setelah berita tentang Chainsaw Man tersebar di dunia, hampir seluruh Devil Hunter di dunia pergi ke Jepang hanya untuk memburu kepala Denji.

Banyak iblis dan Devil Hunter kuat yang diperkenalkan dalam arc ini, dimulai dari Santa Claus sampai Quanxi. Arc ini juga memperlihatkan pertarungan mengerikan melawan Darkness Devil. Pertarungan tersebut menghasilkan banyak Devil Hunter yang mati dan Aki juga kehilangan tangannya.

7. Gun Devil arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaGun Devil (dok. Shueisha/Chainsaw Man)

Setelah menjadi incaran utama di arc sebelumnya, Gun Devil akhirnya muncul pada arc ketujuh ini. Gun Devil muncul di Jepang setelah dirinya dikontrak dengan Presiden Amerika Serikat untuk membunuh Makima. Di sana, dirinya langsung melakukan pembantaian besar-besaran lagi hanya untuk menarik perhatian Makima.

Gun Devil akhirnya terlibat dalam pertarungan melawan Makima, namun Makima gagal untuk mengalahkan Gun Devil. Alhasil, Gun Devil mengubah Aki menjadi Gun Fiend dan mengirimnya untuk membunuh Denji. Terpaksa, dirinya harus membunuh Aki dan membalaskan dendamnya kepada Gun Devil.

Gun Devil arc menjadi salah satu puncak dalam seri ini. Selain menampilkan pertarungan melawan iblis yang dibahas pada sebagian besar saga, arc ini juga memberikan banyak pengungkapan yang mengejutkan. Di sini, seri memberikan plot twist paling tidak terduga, seperti siapa Makima yang sebenarnya dan kekuatan asli dari Chainsaw Devil.

8. Control Devil arc

Chainsaw Man: Penjelasan Setiap Arc di Public Safety SagaDenji vs. bawahan Makima (dok. Shueisha/Chainsaw Man)

Merupakan arc terakhir dalam saga, Control Devil arc adalah puncak dalam Public Safety saga. Setelah kehilangan Aki pada arc sebelumnya, Denji mulai berubah menjadi sosok yang pemurung. Sementara dirinya masih tidak percaya kehilangan Aki, semuanya menjadi semakin buruk dengan pengungkapan Makima.

Di sini, Makima akhirnya mengungkapkan siapa dirinya dan apa tujuannya kepada Denji. Dirinya juga membongkar masa lalu Denji dan mengungkapkan bahwa semua yang dimiliki oleh Denji adalah bagian dari rencana Makima. Semakin dibuat tidak percaya, Makima juga membunuh Power yang semakin meyakinkan Denji bahwa Makima adalah musuhnya.

Di sini, Pochita akhirnya mengeluarkan wujud asli dari Chainsaw Devil untuk bertarung melawan Makima. Meskipun Makima membawa sekutunya, namun Chainsaw Devil tidak terkalahkan. Pada akhirnya, Makima berhasil dikalahkan dan dirinya dimakan oleh Denji untuk mencegahnya bereinkarnasi.

Sementara animenya baru dimulai, manga Chainsaw Man kini telah beralih ke saga kedua, yaitu Academy saga. Saga ini belum berjalan lama dan baru memiliki satu arc yang masih berjalan. Jadi, dari kedelapan arc di atas, arc apa yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 10 MBTI Karakter Anime Chainsaw Man, Kamu Mirip Siapa?

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya