Comscore Tracker

5 Hal yang Membedakan Goku dengan Protagonis Shounen Lainnya

Tidak ada protagoins shounen seperti Goku! #IDNTimesHype

Goku adalah karakter utama dalam seri shounen tersukses sepanjang masa, Dragon Ball. Sebagai ikon dari seri shounen, Goku sudah menginspirasi banyak karakter anime. Meskipun banyak karakter yang memiliki kesamaan dengan Goku, masih ada beberapa hal yang dimiliki oleh Goku dan tidak dimiliki oleh karakter anime lain.

Kali ini penulis sudah merangkum lima hal yang membedakan Goku dengan protagonis shounen lainnya? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Secara teknis, Goku adalah alien

5 Hal yang Membedakan Goku dengan Protagonis Shounen LainnyaGoku mengendarai Awan Terbang. (dok. Toei Animation/Dragon Ball)

Dalam hal penampilan, Goku memang tidak terlihat seperti alien. Di luar dari ekornya, Goku memiliki penampilan yang menyerupai manusia biasa. Meskipun begitu, Goku sebenarnya adalah alien. Goku berasal dari Planet Sadala dan merupakan seorang Saiyan, ras petarung terkuat di alam semesta.

Selain itu, Goku juga memiliki ekor yang tidak hanya membuatnya terlihat seperti kera, namun juga dapat membuatnya berubah menjadi kera raksasa. Selama ekor tersebut menempel pada tubuhnya, setiap ras Saiyan akan berubah menjadi kera raksasa ketika bulan purnama.

2. Pada awalnya, Goku adalah seorang penjahat

5 Hal yang Membedakan Goku dengan Protagonis Shounen Lainnyakepala Goku terbentur. (dok. Toei Animation/Dragon Ball)

Dalam anime, banyak karakter penjahat yang kemudian berubah menjadi pahlawan setelah mengalami suatu kejadian. Namun, hal tersebut tidak pernah terjadi kepada protagonis utama. Goku adalah satu-satunya pengecualian.

Sebelumnya, Goku adalah seorang Saiyan yang dikirim ke Bumi untuk menghancurkan kehidupan yang ada di Bumi. Namun, Goku mulai berubah menjadi orang baik setelah kepalanya terbentur. Kakeknya, Gohan, bahkan mengakui bahwa Goku mengalami perubahan yang besar setelah kepalanya terbentur.

Baca Juga: 5 Anime Terbaik yang Terinspirasi oleh Dragon Ball, Apa Saja?

3. Goku muncul dalam berbagai anime

5 Hal yang Membedakan Goku dengan Protagonis Shounen LainnyaSon Goku (dok. Toei Animation/Dragon Ball Super)

Pada umumnya, sebuah karakter akan pensiun dari perannya sebagai karakter utama ketika mereka menjadi tua dan tugasnya diberikan kepada generasi penerus. Sebagai contoh, Naruto Uzumaki berperan sebagai karakter utama dalam seri Naruto dan Naruto: Shippuden. Namun, peran Naruto sebagai karakter utama mulai digantikan oleh anaknya, Boruto Uzumaki, pada Boruto: Naruto Next Generations.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak berlaku bagi Goku. Peran Goku sebagai karakter utama tetap tidak tergantikan, baik dimulai dari seri pertama Dragon Ball, Dragon Ball Z, Dragon Ball GT, maupun Dragon Ball Super.

Selain itu, Goku juga sering muncul dalam seri anime lainnya. Mengingat Dragon Ball memiliki pengaruh yang besar terhadap anime shounen, banyak anime yang menyisipkan referensi Dragon Ball dalam serinya, seperti meniru karakter Goku dan jurus ikoniknya, Kamekameha.

4. Goku sangat terobsesi dengan pertarungan

5 Hal yang Membedakan Goku dengan Protagonis Shounen LainnyaGoku bersiap untuk mengeluarkan Kamekameha. (dok. Toei Animation/Dragon Ball Super)

Seperti yang kita ketahui, Goku sangat terobsesi dengan kekuatan karena prioritas utamanya adalah bertarung. Goku adalah tipe pahlawan yang tidak andal dalam bernegosiasi dengan musuh sehingga dirinya selalu memilih jalan kekerasan.

Hal ini berbeda dengan protagonis shounen lainnya yang sebisa mungkin menghindari kekerasan. Kebanyakan protagonis shounen selalu mencoba untuk berbicara dengan penjahat dan memilih menyelesaikan masalahnya dengan pertarungan ketika si penjahat sudah tidak dapat diajak berbicara.

5. Goku bukanlah ayah yang baik

5 Hal yang Membedakan Goku dengan Protagonis Shounen LainnyaGoku dan Gohan (dok. Toei Animation/Dragon Ball Z)

Goku memang dikenal sebagai pahlawan yang sudah menyelamatkan Bumi berkali-kali. Meskipun begitu, Goku adalah ayah yang buruk. Goku menghabiskan sebagian masa kecil anaknya, Gohan, dengan menganggur karena dirinya terlalu sibuk untuk mencari kekuatan.

Selain itu, Goku juga mengirim Gohan ke medan pertempuran saat usianya masih kecil. Kasus yang paling tidak masuk akal adalah ketika Goku menyembuhkan Cell dengan kacang Senzu hanya untuk membuat pertarungan antara Cell dan Gohan jadi lebih adil.

 

Hingga saat ini, banyak karakter anime yang terinspirasi oleh Goku. Meskipun begitu, tidak ada karakter yang benar-benar mirip dengan Goku. Bagaimana pendapatmu tentang karakter yang satu ini?

Baca Juga: Silsilah Keluarga Son Goku Dragon Ball

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya