Comscore Tracker

5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam Anime

Pertarungan siapa yang menurutmu paling berkesan?

Yang terbaik selalu disajikan terakhir. Hal ini berlaku dalam anime. Sebelum menutup seri, biasanya anime akan menampilkan pertarungan epik yang tidak akan dilupakan oleh penonton. Ini menjadi klimaks dari seri dengan pertarungan antara protagonis utama dengan antagonis utama.

Ada banyak pertarungan penutup yang epik, tetapi hanya beberapa yang berkesan. Kali ini, penulis sudah merangkum lima pertarungan penutup paling epik dalam anime. Penasaran pertarungan antara siapa saja? Simak ulasan berikut.

1. Edward Elric dan sekutunya vs. Father (Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam AnimeEdward Elric vs. Father (dok. Bones/Fullmetal Alchemist: Brotherhood)

Fullmetal Alchemist: Brotherhood menampilkan banyak pertarungan epik. Namun, yang terbaik adalah yang terakhir. Untuk mendapatkan kekuatan seperti Tuhan, Father berencana untuk melakukan Transmutasi Manusia di Amestris. Oleh karena itu, Edward Elric membentuk sekutu untuk menghentikan rencana Father.

Hal tersebut tentunya tidak mudah karena sang Fuhrer, King Bradley, sendiri berada di pihak Father. Meskipun rencananya sempat berakhir, Father berhasil dilumpuhkan berkat persiapan yang sudah dibuat oleh Van Hohenheim sejak lama. Pertarungan pada awalnya melibatkan alkimia. Namun, pada akhirnya Father berhasil dikalahkan oleh Ed dengan pukulan mentah.

2. Tim Dai-Gurren vs. Anti-Spiral (Tengen Toppa Gurren Lagann)

5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam AnimeTim Dai-Gurren vs. Anti-Spiral (dok. Gainax/Tengen Toppa Gurren Lagann)

Bukan lagi pertarungan antara dua manusia dengan kekuatan super, pertarungan terakhir Tengen Toppa Gurren Lagann melibatkan duo raksasa dan pertarungan mereka terjadi di luar angkasa. Pertarungan ini sangat tidak biasa karena mereka menggunakan galaksi sebagai arena pertarungan, perisai, bahkan senjata mereka.

Pertarungan berlangsung dengan sangat epik dan menentukan nasib umat manusia. Pada akhirnya, pertarungan berhasil dimenangkan oleh Tim Dai-Gurren sehingga mereka berhasil membebaskan umat manusia untuk hidup di permukaan sekali lagi.

Baca Juga: 10 Anime Viral di TikTok, Jogetannya Sering Trending

3. Reigen Arataka vs. Claw (Mob Psycho 100)

5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam AnimeReigen Arataka vs. Claw (dok. Bones/Mob Psycho 100)

Sejak pertama kali diperkenalkan, Reigen Arataka hanyalah seorang penipu lemah yang mendapatkan uang dengan mengeksploitasi kekuatan Shigeo Kageyama atau Mob. Reigen sebenarnya tidak memiliki kekuatan, tetapi dirinya selalu berpura-pura menjadi esper terkuat yang pernah ada.

Namun, Reigen tampil berbeda di akhir musim pertama Mob Psycho 100. Menggunakan kekuatan yang dipinjamkan oleh Mob, Reigen bertarung melawan Claw sebagai orang dewasa yang mencoba untuk melindungi anak-anak. Seperti yang sudah menjadi ciri khas Mob Psycho 100, pertarungan ini ditampilkan dengan animasi yang memanjakan mata.

4. Kiritsugu Emiya vs. Kirei Kotomine (Fate/Zero)

5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam AnimeKiritsugu Emiya vs. Kirei Kotomine (dok. Ufotable/Fate/Zero)

Biasanya, sepasang rival akan terlibat dalam beberapa pertarungan, sebelum akhirnya mereka bertemu dalam pertarungan puncak untuk menentukan siapa yang lebih baik. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Kiritsugu Emiya dan Kirei Kotomine dalam Fate/Zero.

Pertarungan yang terjadi di akhir seri ini justru adalah pertarungan pertama dan terakhir mereka. Kiritsugu dan Kirei belum pernah bertemu sebelumnya. Namun, keduanya sudah saling mengakui satu sama lain. Yang lebih menarik, pertarungan mereka tidak melibatkan kekuatan supernatural sehingga senjata mereka hanyalah pistol, pedang, dan kepalan tangan.

5. Akame vs. Esdeath (Akame ga Kill!)

5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam AnimeAkame vs. Esdeath (dok. White Fox/Akame ga Kill!)

Pertarungan klimaks ini sangat epik karena mempertemukan yang terkuat dari dua pihak yang berlawanan. Di satu sisi, ada Akame yang merupakan pembunuh paling mematikan di organisasi pemberontak, Night Raid. Sementara itu, di sisi lain, ada Esdeath yang merupakan prajurit terkuat yang dimiliki oleh Kekaisaran.

Mereka bertarung untuk mencapai tujuannya masing-masing dan pertarungan mereka menentukan nasib Kekaisaran. Pada akhirnya, Akame berhasil memenangkan pertarungan meskipun dirinya harus menggunakan obat yang dapat membunuhnya.

Ada banyak pertarungan epik yang terjadi dalam anime. Namun, tidak diragukan lagi bahwa kelima pertarungan penutup di atas adalah yang paling berkesan. Jadi, bagaimana pendapatmu tentang kelima pertarungan di atas?

Baca Juga: Direnggut Masa Lalu, 5 Karakter Anime Ini Hidup dengan Tangan Palsu 

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

karyakarsa.com/aryanenggala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya