Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Jepang tentang Yakuza yang Wajib Kamu Tonton

Sudah nonton semua filmnya?

Jika kamu adalah penggemar budaya Jepang, kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah Yakuza. Juga sering disebut sebagai mafia Jepang, Yakuza adalah sindikat kejahatan terbesar di Jepang. Sebagai gangster, Yakuza biasanya menjalankan bisnis ilegal, seperti narkoba, perjudian, hingga prostitusi.

Nah, jika kamu tertarik dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan Yakuza, berikut ini adalah lima film Jepang tentang Yakuza terbaik yang wajib kamu tonton. Penasaran apa saja filmnya? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: [REVIEW] Yakuza Remastered Collection—Nostalgia di Dunia Mafia Jepang

1. Outrage (2010)

https://www.youtube.com/embed/3Fj3htxRRHM

Dibintangi oleh salah satu aktor veteran, Takeshi Kitano, Outrage menceritakan tentang perebutan wilayah kekuasaan antara dua kelompok Yakuza. Diceritakan bahwa Sanno-kai adalah geng besar yang menguasai seluruh Kanto.

Masalah muncul ketika salah satu antek Sanno-kai, Ikemoto (Jun Kinumura) mulai bersahabat dengan Murase (Renji Ishibashi), bos dari geng saingan Sanno-kai. Untuk meredakan mencuci tangan dan meredakan kecurigaan sang ketua, Ikemoto memerintahkan Otomo (Takeshi Kitano) untuk menghabisi geng Murase.

2. Sonatine (1993)

https://www.youtube.com/embed/hFQTU8CFkm4

Masih merupakan film yang dibintangi oleh Takeshi Kitano, di sini Kitano berperan sebagai bos geng yang sudah bosan dengan kehidupan gangsternya, Aniki Murakawa. Suatu hari, Aniki diperintahkan untuk membawa gengnya ke Okinawa untuk menyelesaikan perselihan antara dua faksi.

Sejak awal, Aniki sudah curiga dengan misi tersebut karena tugasnya tidak jelas. Setelah menemukan bahwa anak buahnya banyak yang mati, Aniki menyadari bahwa dirinya baru saja dijebak. Tak terima, Aniki pun mulai merencanakan balas dendam.

Baca Juga: Penuh Tato, 5 Fakta Paling Unik Yakuza yang Jarang Diketahui

3. Branded to Kill (1967)

https://www.youtube.com/embed/oou1UmrDlyg

Branded to Kill berfokus pada Goro Hanada (Jo Shishido), pembunuh bayaran kelas atas yang melarikan diri dari misinya bersama istrinya. Di tengah perjalanan, dirinya bertemu dengan Gihei Kasuga (Hiroshi Minami), yang juga merupakan pembunuh bayaran yang melarikan diri.

Mereka menyadari bahwa mereka sudah disewa untuk mengantarkan seorang klien ke Nagano. Namun, keduanya mencium ada yang salah dengan misi tersebut dan menyadari bahwa mereka baru saja dijebak.

4. Fireworks (1997)

https://www.youtube.com/embed/S4GR3qh_VS0

Juga dikenal dengan judul Hana-bi, Fireworks menceritakan tentang Nishi Yoshitaka (Takeshi Kitano), seorang detektif yang sedang dirundung masalah besar. Sementara anak tunggalnya meninggal dua tahun yang lalu, istrinya kini sedang berjuang dengan leukimia.

Sementara itu, Nishi juga masih dihantui oleh rasa bersalah atas kematian temannya yang bunuh diri. Karena hal tersebut, Nishi memutuskan untuk mengundurkan diri dari kepolisian. Namun, keputusannya malah membuatnya terjebak dalam masalah yang jauh lebih rumit.

5. Drunken Angel (1948)

https://www.youtube.com/embed/1s2O3ofiRHw

Drunken Angel menceritakan tentang Sanada (Takashi Shimura), seorang dokter alkoholik yang merawat seorang gangster bernama Matsunaga (Toshiro Mifune). Sanada mendiagnosis bahwa Matsunaga menderita TBC dan harus segera dirawat.

Meskipun pada awalnya menolak, namun Matsunaga akhirnya menerima saran dari Sanada. Setelah menjalani perawatan dan bersahabat dengan Sanada, semuanya berubah ketika mantan bos Matsunaga dibebaskan dari penjara dan berusaha untuk merebut kembali gengnya dari Matsunaga.

Kelima film di atas sangat cocok untuk kamu yang sedang ingin menonton film gangster. Jadi, dari kelima film di atas, film yang mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: 7 Film Jepang Wajib Tonton, Sinefil Mari Merapat!

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya