Comscore Tracker

[REVIEW] JoJo's Bizarre Adventure—Kisah Aneh Keturunan Joestar

Petualangan aneh JoJo dimulai! #IDNTimesHype

Pada awal Agustus lalu, Netflix sempat menggemparkan para penggemar JoJo's Bizarre Adventure dengan merilis trailer musim kelima dari seri ini yang berjudul Stone Ocean. Kabarnya, JoJo's Bizarre Adventure: Stone Ocean akan mulai dirilis di Netflix pada Desember mendatang.

JoJo's Bizarre Adventure sendiri merupakan salah satu seri shounen klasik yang diciptakan oleh Hirohiko Arahi. Pada 2012, seri ini mulai mendapatkan popularitasnya sejak mendapatkan adaptasi anime oleh David Production. Nah, sambil menunggu perilisan Stone Ocean, berikut ini adalah ulasan mengenai seri anime JoJo's Bizarre Adventure. Penasaran seperti apa animenya? Simak ulasan berikut.

1. Berawal dari sebuah kecelakaan

[REVIEW] JoJo's Bizarre Adventure—Kisah Aneh Keturunan JoestarDario menyelamatkan George. (dok. Netflix/JoJo's Bizarre Adventure)

Semuanya dimulai ketika keluarga Joestar mengalami kecelakaan. Dario Brando dan istrinya yang secara kebetulan melintas kemudian melihat hal tersebut sebagai kesempatan untuk merampok keluarga bangsawan tersebut. Namun, George Joestar menyalahartikan hal tersebut dan malah menganggap bahwa Dario sedang mencoba untuk menyelamatkannya.

Alhasil, untuk membayar utangnya, George mengadopsi dan membesarkan anak Dario, Dio Brando. Namun, rupanya Dio memiliki tujuan lain, yaitu menguasai semua harta kekayaan keluarga Joestar. Untuk memulai langkahnya, Dio mengubah dirinya sendiri menjadi vampir agar dirinya tidak terkalahkan. Mengetahui bahwa kekuatan Dio terlalu mengerikan untuk dibiarkan, anak George, Jonathan Joestar, memulai petualangannya untuk mengalahkan Dio.

JoJo's Bizarre Adventure adalah anime petualangan yang tidak selalu berlatar di satu tempat. Anime ini selalu menjelajahi tempat baru di setiap episode, arc, dan musimnya. Anime juga selalu memiliki cara yang unik dalam memperkenalkan karakter baru atau kekuatan baru. Hal yang membuat anime ini semakin unik adalah kebanyakan protagonis dalam seri ini selalu diperkenalkan sebagai antagonis. Namun, mereka berubah setelah mereka berhasil dikalahkan oleh para keturunan Joestar.

2. Menampilkan protagonis dan antagonis yang berbeda dalam setiap arc dan musimnya

[REVIEW] JoJo's Bizarre Adventure—Kisah Aneh Keturunan JoestarJonathan pertama kali bertemu dengan Dio. (dok. Netflix/JoJo's Bizarre Adventure)

Hal lain yang membuat JoJo's Bizarre Adventure semakin unik adalah anime ini selalu menampilkan protagonis dan antagonis yang berbeda dalam setiap arc dan musimnya. Salah satu kesamaan yang dimiliki oleh setiap protagonis dan antagonis dalam seri ini adalah mereka pastinya sangat cerdas dan kuat.

Selain menampilkan protagonis dan antagonis yang berbeda, anime ini juga tentunya menampilkan konflik yang berbeda dalam setiap arc dan musimnya. Dimulai dari sebuah misi balas dendam hingga ambisi untuk menghancurkan mafia yang kejam, setiap permasalahan yang dihadapi oleh para keturunan Joestar bukanlah masalah yang mudah untuk diselesaikan.

Hal tersebutlah yang membuat anime ini menarik. Dalam setiap arc dan musim, anime akan mengajak para penonton untuk melihat petualangan yang baru. Selain itu, penonton akan diajak terlibat dalam permasalahan yang baru bersama karakter-karakter yang juga baru.

Baca Juga: 5 Karakter Terkuat dalam Seri JoJo's Bizarre Adventure

3. Animasi yang baik berhasil menghidupkan adegan aksi yang menegangkan

[REVIEW] JoJo's Bizarre Adventure—Kisah Aneh Keturunan JoestarJonathan Joestar vs Dio Brando (dok. Netflix/JoJo's Bizarre Adventure)

Dari sekian banyak anime yang pernah diproduksi oleh David Production, JoJo's Bizarre Adventure sering disebut sebagai anime terbaik karya David Production. Tidak hanya karena menampilkan cerita yang seru, David Production juga berhasil menyuguhkan animasi yang baik melalui JoJo's Bizarre Adventure.

Animasi yang dimiliki oleh JoJo's Bizarre Adventure terbilang cukup baik untuk ukuran anime aksi. Kebanyakan karakter dalam anime ini ditampilkan memiliki tubuh tinggi besar dan berotot, tak berbeda jauh dengan desain karakter pada manganya. Selain itu, anime ini juga sesekali menampilkan adegan gore yang cukup brutal hingga menambahkan kesan menegangkan dalam anime ini.

4. Diisi oleh musik-musik yang unik, catchy, dan membangkitkan semangat

https://www.youtube.com/embed/cPCLFtxpadE

JoJo's Bizarre Adventure sebenarnya memiliki soundtrack yang tidak jauh berbeda dengan anime shounen pada umumnya. Anime ini dibuka dengan lagu yang membangkitkan semangat dan ditutup dengan lagu yang lebih tenang. Hanya saja, lagu-lagu yang dimiliki oleh JoJo's Bizarre Adventure mungkin lebih unik dari soundtrack anime shounen pada umumnya.

Kazuso Oda atau yang lebih dikenal dengan Coda adalah musisi yang sudah sering mengisi soundtrack di JoJo's Bizarre Adventure. Beberapa lagu Coda sudah menjadi soundtrack resmi JoJo's Bizarre Adventure, seperti "Bloody Stream, "Fighting Gold", dan "Crazy My Beat".

Sementara itu, jika penggemar meme, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan lagu "Roundabout" karya band Yes yang satu ini. Tak mengherankan karena lagu tersebut sering kali dijadikan sebagai referensi meme oleh para kreator meme.

5. Seri selalu dimulai dengan tempo yang lambat

[REVIEW] JoJo's Bizarre Adventure—Kisah Aneh Keturunan JoestarJoseph Joestar (dok. Netflix/JoJo's Bizarre Adventure)

Secara keseluruhan, JoJo's Bizarre Adventure adalah anime yang unik dan seru untuk disaksikan. Tampaknya, sang sutradara, Naokatsu Tsuda, tahu betul bagaimana caranya untuk menciptakan anime yang baik. Hal tersebut ia buktikan melalui seri shounen yang satu ini.

Seri ini memang sering berjalan dengan tempo yang lambat setiap kali memulai arc atau musim baru, bahkan kadang terlalu bertele-tele dengan pengenalan karakter utama baru. Namun, penonton akan dibuat tidak dapat berhenti menonton ketika seri mulai menampilkan permasalahan utamanya dan menunjukkan petualangan keturunan Joestar.

Nah, itulah ulasan JoJo's Bizarre Adventure versi IDN Times Community. Secara keseluruhan, penulis memberikan skor 4/5 untuk anime yang satu ini. Untuk kamu yang penasaran dengan bagaimana aksi JoJo di Stone Ocean, tunggu jadwal tayangnya di Netflix, ya!

Baca Juga: [REVIEW] Film Gintama: The Very Final—Pertarungan Sengit Lawan Utsuro

https://www.youtube.com/embed/EeCX8Y0a278

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya