Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Pesona Drakor yang Digemari Banyak Orang Termasuk Pria

Semua orang akan drakor pada waktunya #IWF2020

Ada stereotip yang berkembang luas di masyarakat penikmat film yang menyebut bahwa kebanyakan penggemar drama Korea atau drakor berasal dari kalangan perempuan. Namun bagi salah satu pengulas film di Cine Crib, Rasyid Baihaqi, kaum laki-laki juga banyak yang mulai menggemari film asal Korea Selatan.

Dalam salah satu sesi di ajang Indonesia Writers Festival (IWF) 2020, Rasyid mengemukakan beberapa alasan mengapa drakor begitu disukai banyak orang, termasuk laki-laki. Ia meyakini, lambat laun, mereka yang menganggap remeh drakor dengan sendirinya akan terpikat dengan pesona drama asal Negeri Gingseng tersebut.

Lantas, apa saja pesona drakor yang mampu memikat banyak orang itu? Berikut ini ulasannya.

1. Menggabungkan beberapa genre cerita

IWF 2020: 5 Pesona Drakor yang Digemari Banyak Orang Termasuk Priayoutube.com/IDN Times

Genre merupakan salah satu aspek dalam produk sinematik yang memudahkan penikmatnya mengenali identitas suatu film. Maka tak heran jika kemudian sebuah film biasanya memiliki satu jenis genre. Namun hal itu tidak berlaku dalam drakor. Sebab ada banyak drakor yang menggabungkan banyak genre.

Rasyid menyebutkan It's Okay to Not Be Okay sebagai salah satu contohnya. Dalam drakor ini, setidaknya ada tiga genre sekaligus, yakni romance, fantasy, dan thriller. Uniknya, ketiga genre itu tidak tampak saling bertabrakan sehingga penikmatnya tetap asyik menyaksikan drama itu.

2. Memiliki cerita yang kontekstual

IWF 2020: 5 Pesona Drakor yang Digemari Banyak Orang Termasuk PriaInstagram.com/tvndrama.official

Meskipun fiksi, kebanyakan drakor memiliki cerita yang kontekstual sesuai dengan latar tempat dan waktu film itu dibuat. Lebih lanjut, Rasyid menyebut banyak cerita drakor yang membumi.

Ia mencontohkan beberapa drakor yang sering menampilkan adegan pemerannya saat minum soju yang menjadi minuman alkohol khas Negeri Ginseng. Begitu juga saat drakor Itaewon Class mengeksploitasi secara proporsional kawasan Itaewon-dong di Korea Selatan. Semuanya terlihat berpijak pada kondisi riil di sana.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Sisi Spesial KDrama Menurut Rasyid Baihaqi, Yuk Nonton!

3. Menampilkan gaya busana yang trendi

IWF 2020: 5 Pesona Drakor yang Digemari Banyak Orang Termasuk PriaInstagram.com/itsokaytonotbeokay_tvn

Dalam banyak adegan, hampir semua pemeran drakor menampilkan gaya busana yang kekinian. Tidak sedikit penikmatnya yang kemudian ikut menirukan fashion tersebut usai menonton drama. Bahkan beberapa produk yang dikenakan para pemeran drama mendadak laris di pasaran.

Karena produk busana yang sedang menjadi tren itu dikenakan oleh pemeran pria dan wanita, maka banyak juga penggemar dari kalangan perempuan dan laki-laki yang mencari barang yang sama. Maka tak heran jika drakor terbaru selalu ditunggu-tunggu oleh penikmatnya, termasuk kalangan pria.

4. Visualisasi latar tempat yang menarik

IWF 2020: 5 Pesona Drakor yang Digemari Banyak Orang Termasuk PriaTwitter.com/AlwaysPopon

Selain gaya busana, banyak drakor juga memiliki visualisasi latar tempat di Korea Selatan yang menarik. Bahkan pesonanya semakin kuat karena kemampuan sinematografi yang diterapkan begitu mumpuni.

Tak ayal jika kemudian banyak penggemar drakor yang berkeinginan mengunjungi beberapa kota di Korea Selatan usai terpikat pada drama yang ditontonnya. Pengalaman menyaksikan visualisasi menarik itu kemudian membuat drakor dicintai banyak orang.

5. Kecakapan seni peran yang baik dari aktor dan aktris drakor

IWF 2020: 5 Pesona Drakor yang Digemari Banyak Orang Termasuk PriaInstagram.com/itsokaytonotbeokay_tvn

Tentu saja, salah satu pesona drakor yang paling banyak menuai pujian penggemarnya adalah kecakapan seni peran yang dimiliki aktor dan aktrisnya. Kecakapan ini juga seringkali membius penontonnya menjadi terbawa suasana dan perasaan sehingga seperti ikut larut dalam tayangan drama.

Keterampilan acting mereka juga ditopang dengan penampilan fisik yang menawan. Maka tak heran jika banyak penggemar drakor yang setia menunggui aksi aktor dan aktris jagoannya di serial drama lain.

Jadi, benar kan bahwa setiap orang akan drakor pada waktunya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: 5 Kiat Bikin Konten Ulasan KDrama ala Reviewer Cine Crib

Asep Wijaya Photo Verified Writer Asep Wijaya

penikmat buku, film, perjalanan, dan olahraga; pemukim di Matsudo, Chiba, Jepang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya