Comscore Tracker

Ini Dia 6 Fakta Menarik Tentang Nominasi Grammy Awards Pertama BTS 

Bangga jadi ARMY :") #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Suatu kebanggaan pastinya ya buat musisi manapun saat mendapat nominasi pernghargaan musik terbesar, yaitu Grammy Awards, begitu juga dengan band asal Korea Selatan, BTS. Apalagi nominasinya datang lewat lagu "Dynamite" yang mereka dedikasikan untuk membawa semangat dan harapan kepada semua orang di tengah kondisi dunia yang serba tidak menentu akibat COVID-19.

Nah, apa saja sih yang perlu kita ketahui soal nominasi penghargaan kali ini? Langsung saja kita bahas yuk enam fakta menarik tentang nominasi BTS pada Grammy Awards 2021.

1. BTS masuk dalam nominasi kategori apa? 

Ini Dia 6 Fakta Menarik Tentang Nominasi Grammy Awards Pertama BTS Facebook.com/bangtan.official

Lagu "Dynamite" dinominasikan dalam kategori Best Pop Duo/Group Performance. Kategori ini tidak hanya bisa diikuti oleh duo atau group yang memang sudah terbentuk, tetapi juga oleh beberapa musisi yang memiliki lagu kolaborasi bersama. Itu sebabnya, di daftar nominasi kali ini kamu bisa melihat ada beberapa artis solo yang juga mendapat nominasi karena memiliki lagu kolaborasi dengan artis lain.

2. Siapa saja nominasi yang ada di kategori ini? 

Pasti kamu penasaran deh, lagu apa dan siapa saja musisi yang juga dinominasikan pada kategori Best Pop Duo/Group Performance di ajang Grammy Awards 2021? Nah, ini dia daftarnya:

  • "Un Dia (One Day)" - J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny & Tainy
  • "Intentions" - Justin Bieber feat. Quavo
  • "Dynamite" - BTS
  • "Rain On Me" - Lady Gaga with Ariana Grande
  • "Exile" - Taylor Swift feat. Bon Iver

Baca Juga: BTS Buat Sejarah, 5 Fakta 'Dynamite' Masuk Jadi Nominasi Grammy Awards

3. Nominasi pertama BTS di kategori musik 

Ini Dia 6 Fakta Menarik Tentang Nominasi Grammy Awards Pertama BTS Facebook.com/bangtan.official

Tahun 2019, album BTS yang berjudul Love Yourself: Tear dinominasikan dalam kategori Best Recording Package, dan yang menerima nominasinya adalah art director album tersebut, yaitu Lee Doo-hee dari HuskyFox. Jadi, bisa dibilang tahun ini adalah kali pertama BTS mendapat nominasi di kategori musik, yaitu Best Pop Duo/Group Performance.

4. Grup Korea pertama yang mendapat nominasi Grammy

Ini Dia 6 Fakta Menarik Tentang Nominasi Grammy Awards Pertama BTS Twitter.com/bts_bighit

BTS adalah group Korea pertama yang mendapat nominasi pada Grammy Awards. Sebelumnya ada soloist Sumi Jo yang mendapat nominasi dan menang di kategori Best Opera Recording serta Hwang Byeong-joon untuk kategory Best Engineered Album, Classical.  

5. BTS sukses mendapat nominasi pada 4 penghargaan musik terbesar di Amerika Serikat 

Ini Dia 6 Fakta Menarik Tentang Nominasi Grammy Awards Pertama BTS Twitter.com/bts_bighit

Seperti kita tahu, di Amerika Serikat ada 4 penghargaan musik besar yang dianggap menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan musisi dalam mendobrak pasar USA, yaitu MTV Video Music Awards, Billboard Music Awards, American Music Awards, dan Grammy Awards.

Nah, sebelumnya BTS telah berhasil dinominasikan dan menjadi pemenang di tiga penghargaan pertama. Sekarang, dengan mendapat nominasi juga di Grammy Awards, berarti mereka sudah berhasil mendapat nominasi di empat penghargaan musik terbesar di sana. Wah, semoga saja ya BTS juga berhasil memenangkan Grammy Awards 2021.

6. BTS memiliki peluang untuk tampil di Grammy stage  

Ini Dia 6 Fakta Menarik Tentang Nominasi Grammy Awards Pertama BTS Twitter.com/bts_bighit

Biasanya, yang bisa melakukan performance pada acara utama Grammy Awards adalah mereka yang masuk ke dalam nominasi. Di ajang Grammy Awards awal tahun ini, BTS tampil dalam stage kolaborasi bersama dengan Lil Nas X, Billy Ray Cyrus, dan artis lainnya membawakan lagu "Old Town Road". Tapi tahun depan, BTS berpeluang untuk tampil di atas panggung Grammy sebagai salah satu nominator dengan membawakan lagu mereka sendiri. Wah, semoga saja kita bisa melihat BTS kembali di atas Grammy stage ya.

Bangga sekali ya, ada musisi Asia yang berhasil memiliki prestasi sebaik ini. Voting round yang hanya bisa dilakukan oleh anggota Recording Academy akan berlangsung dari tanggal 7 Desember 2020--4 Januari 2021. Kita tunggu saja ya pengumuman pemenangnya di acara Grammy Awards yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Januari mendatang!

Baca Juga: Tuai Pro Kontra, Reaksi BTS dan 9 Musisi yang Masuk Nominasi Grammy 

Asti Novanda Photo Writer Asti Novanda

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya