Comscore Tracker

Peristiwa Tragis, 5 KDrama Ini Usung Tragedi Ambruknya Sampoong Mall

Kejadian tragis yang memilukan #WaktunyaKorea

Tragedi runtuhnya bangunan Sampoong Mall atau Sampoong Department Store pada 29 Juni 1995 menjadi peristiwa tragis yang meninggalkan luka mendalam bagi warga Korea Selatan. Kendati sudah hampir seperempat abad berlalu, peristiwa nahas ini tentu sulit dilupakan.

Sampoong Mall sendiri merupakan salah satu mall di Seoul yang pertama kali dibuka pada tahun 1990. Mall ini menjadi salah satu mall mewah pada masanya yang menjual berbagai macam barang branded atau bermerk.

Sayangnya, bangunan mewah pada masanya itu justru ambruk setelah lima tahun berdiri. Akibat peristiwa ini, ribuan orang menjadi korban. Ratusan di antaranya meninggal saat kejadian, dan ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Kisah pilu runtuhnya bangunan Sampoong Mall juga sempat dibahas oleh YouTuber Jang Hansol. Selain itu, peristiwa ini juga beberapa kali diangkat ke dalam cerita KDrama, salah satunya Move to Heaven.

Berikut ini lima KDrama yang mengusung cerita ambruknya bangunan Sampoong Mall.

1. Move to Heaven (2021)

Peristiwa Tragis, 5 KDrama Ini Usung Tragedi Ambruknya Sampoong MallMove to Heaven (instagram.com/netflixkr)

Move to Heaven merupakan serial asli Netflix yang dibintangi oleh Lee Je Hoon, Tang Joon Sang, dan Hong Seung Hee. Drama berjumlah sepuluh episode ini bercerita tentang bisnis yang membantu mengemasi barang peninggalan orang yang sudah meninggal.

Tragedi runtuhnya Sampoong Mall diceritakan secara tersirat, dimana Han Jung Woo, ayah Han Geu Ru, pergi ke mall mewah tersebut untuk membeli sepatu bermerk. Sepatu itu merupakan permintaan adiknya, Cho Sang Gu (Lee Je Hoon), sebagai hadiah ulang tahun.

Mereka berjanji untuk bertemu di sebuah stasiun. Namun, Han Jung Woo tak mampu menepati janjinya karena menjadi salah satu korban runtuhnya bangunan tersebut. Dalam ceritanya, ia baru dievakuasi beberapa hari kemudian.

2. When My Love Blooms (2020)

Peristiwa Tragis, 5 KDrama Ini Usung Tragedi Ambruknya Sampoong MallWhen My Love Blooms (instagram.com/tvndrama.official)

When My Love Blooms merupakan drama tvN yang dibintangi oleh Yoo Ji Tae, Lee Bo Young, Park Jinyoung, dan Jeon So Nee. Drama ini mengisahkan tentang Han Jae Hyun (Yoo Ji Tae) dan Yoon Ji Soo (Lee Bo Young) yang saling jatuh cinta saat masih kuliah. Dua puluh tahun kemudian keduanya kembali bertemu dengan cerita mereka masing-masing.

Di balik ketegaran Yoon Ji Soo, ia memiliki trauma akan kejadian di masa lalu. Saat hari ulang tahunnya, ibu dan adiknya menjadi korban runtuhnya bangunan mall. Kenangan pahit itu masih menyisakan luka bagi Yoon Ji Soo.

Baca Juga: 8 Cameo Drama Korea yang Paling Mencuri Perhatian Awal Tahun 2021

3. Chocolate (2020)

Peristiwa Tragis, 5 KDrama Ini Usung Tragedi Ambruknya Sampoong MallChocolate (tv.jtbc.joins.com/chocolate)

Drama Chocolate mengudara di saluran JTBC dan dibintangi oleh Yoon Kye Sang, Ha Ji Won, Jang Seung Ho, Teo Yoo, dan Min Jin Woong. Drama ini bercerita tentang seorang ahli bedah saraf yang ingin menjadi koki dan seorang wanita yang menjadi koki karena pria tersebut.

Saat kecil, Moon Cha Young (Ha Ji Won) memiliki janji akan bertemu ibunya di sebuah mall untuk merayakan ulang tahunnya. Ia pun masuk dalam bangunan tersebut. Tak disangka bagunan tersebut runtuh dan menimpanya.

Sambil menunggu tim penyelamat datang, Moon Cha Young diberi cokelat oleh Ibu Lee Kang (Yoon Kye Sang). Akibat insiden ini, Moon Cha Young memiliki trauma.

4. Rain or Shine (2017)

Peristiwa Tragis, 5 KDrama Ini Usung Tragedi Ambruknya Sampoong MallRain or Shine (tv.jtbc.joins.com/rainshine)

Rain or Shine atau dikenal juga dengan judul Just Between Lovers merupakan melodrama yang dibintangi Lee Jun Ho, Won Jin Ah, Lee Ki Woo, dan Kang Ha Na. Drama ini mengisahkan tentang dua individu yang sama-sama kehilangan karena sebuah tragedi. Seiring berjalannya waktu keduanya mulai jatuh cinta.

Berbeda dengan drama-drama sebelumnya yang mana insiden runtuhnya bangunan pusat perbelanjaan berlatar waktu di tahun 1995, insiden nahas serupa tercermin dalam drama Rain or Shine dengan latar waktu tahun 2005. Perbedaan latar waktu tersebut membuat pusat perbelajaan atau mall di drama ini lebih modern.

Cerita bermula saat Ha Moon Soo (Won Jin Ah) remaja harus mengantar adiknya, seorang aktirs cilik populer, untuk pemotretan di sebuah pusat perbelanjaan. Tanpa diduga bagungan kokoh tersebut runtuh dalam hitungan detik.

Selain runtuhnya bangunan Sampoong Mall, drama ini juga menampilkan cerita tragedi Kapal Sewol dan Jembatan Seongsu, yang tak kalah memilukan.

5. Reply 1994 (2013)

Peristiwa Tragis, 5 KDrama Ini Usung Tragedi Ambruknya Sampoong MallReply 1994 (program.tving.com/tvn/reply1994)

Reply 1994 adalah salah satu serial drama hits tvN yang dibintangi oleh deretan artis populer seperti Go Ara, Jung Woo, Yoo Yeon Seok, hingga Lee Il Hwa. Seperti serial Reply sebelumya, drama ini berlatar di tahun 1994 dengan menampilkan berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar tahun tersebut.

Sung Na Jung (Go Ara) ada janji bertemu dengan Chil Bong (Yoo Yeon Seok) untuk makan mi dingin di Sampoong Mall. Dalam perjalananya menemui Chil Bong, Sung Na Jung sempat terjebak kemacetan.

Ia pun melihat berita tentang ambruknya Sampoong Mall, lokasi pertemuannya dengan Chil Bong. Beruntungnya, restoran yang dituju Chil Bong sedang ditutup karena renovasi.

Selain lima drama di atas, peristiwa runtuhnya bangunan Sampoong Mall juga sempat diceritakan dalam drama Traces of Love, Black, dan Giant. Dengan diangkat dalam cerita drama, penonton dapat mengenang peristiwa memilukan yang pernah mengguncang Korea Selatan. Semoga kejadian serupa tidak pernah terjadi lagi.

Baca Juga: 9 Drama Korea Genre Dark Comedy, Sudah Pernah Nonton?

Astri Supriyati Photo Verified Writer Astri Supriyati

An illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya